Biar Ketemu Calon Pasangan yang Pas, Doa yang Kenceng Buat 7 Hal Spesifik Ini Dong!

Biar Ketemu Calon Pasangan yang Pas, Doa yang Kenceng Buat 7 Hal Spesifik Ini Dong!

Lori Official Writer
1220

Kita tahu kalau doa adalah senjata satu-satunya untuk mengatasi semua masalah yang kita hadapi. Doa kita gak terbatas hanya buat kesehatan atau keluarga. Tapi kita wajib berdoa untuk semua hal, termasuk berdoa buat calon pasangan hidup kita nanti.

Banyak single Kristen yang mungkin disuguhi tips-tips kreatif dan unik supaya bisa ketemu pasangan. Mulai dari memperbaiki karakter dan banyak bergaul. Tapi kita sering lupa sama doa.

Tapi kita harus tahu kalau mendoakan calon pasangan kita berarti memberikan Tuhan kendali penuh atas semua aspek hidup kita. Karena itulah kita perlu berdoa kenceng untuk 7 hal spesifik yang kita mau dari calon pasangan kita, supaya Tuhan juga tahu apa yang kita mau.

Yuk ketahui doa-doa spesifik apa sajakah itu?

1. Doa keselamatan

"Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan." - Roma 10: 9-10

Banyak single Kristen yang berpikir kalau mereka memang hanya harus mencari pasangan dari komunitas Kristen juga. Tapi tahukah kamu kalau gak semua anak muda Kristen yang masuk pelayanan atau aktif dalam komunitas benar-benar mengalami Tuhan dan memperoleh keselamatan loh!

Jadi, berdoalah meminta supaya calon pasanganmu nanti adalah pribadi yang sudah menerima keselamatan di dalam Kristus dan menghidupinya setiap hari.

2. Doakan untuk kesehatan rohaninya

“Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.” – Ibrani 11: 6

Doa kedua ini juga sangat penting ada dalam diri calon pasangan. Waktu kamu berdoa kesehatan rohaninya, mintalah kepada Tuhan supaya calon pasanganmu adalah pribadi yang selalu berjalan dalam iman yang teguh di dalam Tuhan.

Karena seseorang yang kuat di dalam Tuhan adalah orang yang akan selalu mencari Tuhan dan bergantung sepenuhnya dan mengutamakan Tuhan.

3. Doakan kondisi emosionalnya

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”  – Filipi 4: 6-7

Kedewasaan seseorang secara emosional merefleksikan imannya kepada Tuhan. Jadi, kalau kamu mau calon pasangan yang berpikiran positif dan selalu mengandalkan Tuhan atas segala masalahnya, maka berdoalah secara spesifik bahwa dia adalah sosok yang dewasa secara emosional.


Baca Juga:

Salah Gak Sih Ikut Online Dating? Ini 7 Kebenarannya Menurut Alkitab

Tuhan Bisa Mengirim Siapapun Untuk Mempersiapkanmu Sebelum Menikah


4. Doa untuk kekudusan hidupnya

“Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.” – 1 Korintus 6: 18

Kita semua pastinya menginginkan seseorang yang secara seksual murni. Kita berharap calon pasangan yang menjaga kekudusannya selama masa single. Berdoalah supaya dia adalah pribadi yang bisa menahan diri dari segala godaan seksual yang muncul baik secara pikiran maupun tubuh. Dan mintalah bahwa dia dipersiapkan untuk pernikahan yang kudus bersamamu.

5. Berdoa untuk finansialnya

“Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapa pun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum taurat.” – Roma 13: 8

Kondisi ekonomi atau keuangan seringnya jadi sumber persoalan dalam kehidupan pernikahan. Karena itu penting sekali berdoa untuk kondisi keuangan atau finansial calon pasangan. Pastikan kalau dia adalah pribadi yang bisa mengelola keuangannya dengan bijaksana dan tidak terlibat hutang piutang dengan orang lain.

Percayalah bahwa seseorang yang bisa mengatur keuangannya dengan baik pasti bisa dipercaya untuk menjadi pengelola yang baik untuk sesuatu yang lebih besar. Jadi, berdoalah supaya calon pasanganmu nanti adalah pribadi yang hidup bebas hutang dan sosok yang belajar hidup pengelolaan keuangan yang benar.

6. Doakan kesehatan fisiknya

“Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya.” – Lukas 6: 19

Apakah kamu rindu membangun sebuah keluarga yang bukan hanya sehat rohani tapi juga sehat jasmani. Buatlah standarmu. Mintalah kepada Tuhan sosok yang sehat dari dua halnya. Seseorang yang sangat memperdulikan makanan yang dia makan dan bagaimana tubuhnya harus dilatih dengan rutin.

Doakanlah supaya calon pasanganmu adalah pribadi yang tahu betul nilai dirinya di dalam Tuhan dan menyadari bahwa menjaga tubuh tetap sehat adalah perintah Tuhan yang harus ditaati.

7. Doakan karakternya

“Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri.” – Filipi 2: 3

Emosional dan karakter bisa dibilang adalah dua hal yang hampir mirip. Tapi keduanya tetap berbeda. Waktu kamu memintanya bertumbuh secara rohani, berarti dia juga harus punya karakter sebagai seorang murid Kristus yaitu rendah hati, murah hati, penyayang, pengampun, mampu menguasai diri dan tidak egois.

Bukan hanya menghidupi buah roh dalam dirinya, tapi minta juga supaya dia adalah pribadi yang banyak dicintai dan memberkati orang lain karena dia bukan pribadi yang egois. Melainkan pribadi yang selalu mengutamakan orang lain daripada dirinya sendiri.

Setiap single Kristen pasti berharap bisa menemukan calon pasangan yang pas dari berbagai aspek. Karena itu berdoalah lebih spesifik untuk apa yang kamu inginkan dari pribadinya. Supaya Tuhan tahu apa yang kamu butuhkan. 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami