Lori

Official Writer
989


Kalau kita membaca isi Alkitab, kita hampir gak bakal menemukan ayat yang bicara tentang larangan online dating atau kencan online.

Tapi Alkitab menyampaikan begitu banyak hikmat yang bisa menolong kita untuk tidak melangkah di jalan yang salah.

Berikut 7 kebenaran tentang online dating menurut Alkitab:

1. Gak masalah bagaimana kamu bertemu pasangan. Tapi yang terpenting adalah siapa yang kamu kencani

Tuhan gak peduli dengan cara bagaimana sepasang kekasih bertemu dan saling jatuh cinta. Tapi Dia benar-benar menekankan satu hal yang sangat penting yaitu dengan siapa kamu memutuskan untuk menghabiskan seluruh waktumu.

Baik di dunia nyata maupun di online dating, kita sama-sama punya peluang untuk bertemu dengan orang yang tepat. Karena itulah kita membutuhkan hikmat dari Tuhan untuk mempertemukan kita dengan orang-orang yang tepat.

Gak ada salahnya mencoba dating online selama kamu tetap melakukannya dengan mengandalkan firman Tuhan, mendengarkan masukan dari orang-orang terdekatmu dan tetap menghormati Tuhan dengan cara berkencan yang kamu lakukan.

Jadi supaya lebih jelas, Tuhan sangat peduli kepada siapa sosok yang akan kita kencani dan bahkan nikahi nanti.

Selama tujuannya adalah untuk menemukan pasangan yang mencintai Tuhan juga, gak ada yang salah mencoba online dating.

2. Jangan coba-coba ikut online dating tanpa membenahi diri dengan bahayanya dan cara untuk menangkalnya

Bagaimanapun kita gak memungkiri kalau online dating menyebabkan banyak bahaya atau dampak negatif. Kita bisa disalahgunakan lewat gambar profil yang kita pasang atau kata-kata yang kita gunakan.

Karena itulah, penting untuk mengetahui apa bahaya dari online dating dan cara untuk menghindarinya.

Kalau ternyata kamu mudah terpesona dengan ketampanan seorang pria ataupun rayuan manis yang dilontarkannya untuk mendapatkanmu, maka segeralah berhati-hati. Pastikan dirimu untuk tidak mudah terjebak dengan semua perangkap yang dipasang oleh orang asing yang baru saja kamu kenal secara online. Jangan mudah percaya dan pastikan untuk membagikannya dengan teman yang berpengalaman dan sukses bertemu dengan orang yang tepat.

3. Terbukalah dengan seseorang yang kamu percaya saat mencoba online dating

Mencoba online dating adalah langkah yang sangat berani. Waktu kamu berharap terlalu besar untuk mendapatkan pasangan, bisa jadi kamu mulai berkompromi dengan standarmu sendiri.

Jadi, pastikan untuk terbuka tentang orang yang kamu temui di online dating. Mintalah saran dan ikuti apa yang menurutmu baik. Kalau ternyata kalian akan bertemu di suatu tempat, pastikan untuk memberitahu seseorang tentang dimana dan kemana kalian akan pergi. Hal ini akan membantu untuk memastikan pertemuan kalian berjalan dengan baik.


Baca Juga:

Dapatkah Cinta Sejati Ditemukan Di Situs Kencan Online?

Apakah Ada Cara Pendekatan Yang Tepat Untuk Menemukan Si Dia Dalam Kencan Online?


4. Serius itu penting tapi jangan memperlakukan semua orang dengan terlalu serius

Berkencan ibarat perjalanan emosi. Pastinya hal itu gak akan pernah bisa terelakkan saat mulai menjalani hubungan dengan seseorang. Harapan menemukan orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidup memang adalah tujuannya.

Tapi jangan memperlakukan semua orang yang kamu kencani dengan sikap yang terlalu serius. Karena kamu akan lelah sendiri saat kamu menjalaninya dengan sangat serius. Jalanilah dengan tetap santai dan tetap bahagia.

Jalanilah kencanmu dengan tulus dan apa adanya. Tteap realistis dan tidak menyerah walaupun mungkin hubungan itu gak akan berhasil.

5. Jangan mudah menyerah

Jangan mudah terlibat secara emosional dengan seseorang yang kapu tahu tidak menginginkan hubungan serius dan jangka panjang. Batasilah hubungan hanya sekadar berteman. Dan walaupun kamu mungkin gagal dengan orang yang pertama, kedua atau bahkan ketiga, jangan pernah menyerah.

Sebaliknya, teruslah memperbaiki dan mempersiapkan diri menjadi sosok yang lebih baik. Karena dengan semua kegagalan itu, kamu lebih siap dan menemukan pasangan yang sesuai degan standarmu di dalam Tuhan.

6. Jangan lupa tujuan sebenarnya dari ikut online dating

Kita tahu bahwa kebanyakan tujuan orang Kristen ikut online dating adalah menemukan seseorang yang akan dinikahi dan hidup bersama. Ada banyak orang yang pastinya berpikir kalau online dating hanyalah buang-buang waktu.

Karena itulah, penting untuk memutuskan siapa yang perlu kamu kencani. Apakah dia potensial untuk menjalani hubungan jangka panjang atau sekadar bersenang-senang saja. Kuncinya ada di tanganmu.

Kamu harus meminta bimbingan Tuhan untuk memutuskan berapa lama kamu harus berkencan dengan seseorang sebelum menikahinya. Tetaplah mengingat bahwa tujuan sebenarnya dari berkencan adalah memutuskan apakah orang itu akan menikahimu atau tidak.

7. Online dating hanyalah pilihan terakhir kalau ternyata gak ada peluang kencan tradisional atau nyata di sekitarmu

Bagaimana pun bertemu dan jatuh cinta dengan seseorang secara langsung adalah dambaan semua orang. Tapi sayangnya gak semua orang punya peluang yang sama bisa bertemu dengan orang yang tepat di dunia nyata.

Jadi, dalam kondisi ini gak masalah jika online dating jadi pilihan berikutnya. Tapi kalau misalnya kamu masih berusia 19 tahun, dimana peluang untuk bertemu dengan banyak pasangan secara nyata masih sangat besar, maka sangat tidak disarankan untuk mencoba online dating.

Kalau kamu sudah berusia 25 ke atas dan merasa siap untuk menikah tapi belum juga menemukan orang yang tepat lewat lingkungan di sekitarmu, maka online dating sah-sah saja untuk dicoba.

Tapi kalau kamu sedikit lebih tua tapi ternyata masih punya peluang besar untuk bertemu dengan pasangan lewat komunitas gereja atau lingkaran pertemanan, maka kamu harusnya gak memerlukan online dating.

Walaupun gak semua orang yang mencobanya berhasil mendapatkan pasangan. Tapi setidaknya kamu bisa melakukannya sesuai dengan prosedur yang tepat.

Gak ada yang salah dengan online dating. Alkitab bahkan gak menganggapnya sesuai yang najis. Tapi yang Tuhan benar-benar peduli adalah kalau kita bisa bertemu dengan orang yang tepat dan mempercayakan Tuhan untuk membimbing kita lewat hubungan yang kita jalani dengan seseorang.

Karena itu, undang Tuhan lebih dulu dan pekalah pada tuntunan-Nya. Selain itu, kita juga perlu jadi orang yang cerdas dan mampu melindungi diri sendiri dari berbagai bahaya yang mengintai kita lewat online dating.

"Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?" – 2 Korintus 6: 14

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7233

advertise with us