Tuhan Yesus Juga Berdoa Dari Surga, 3 Hal Ini Loh yang Didoakan Buat Kita

Tuhan Yesus Juga Berdoa Dari Surga, 3 Hal Ini Loh yang Didoakan Buat Kita

Lori Official Writer
1226

Sejak Yesus naik ke surga, Dia menempati posisi duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Di dalam Roma 8: 34, Yesus disebut sebagai pembela bagi umat manusia. Dalam artian, Yesus berperan sebagai perantara antara manusia dan Allah.

"Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?" (Roma 8: 34)

Melalui Yesus, doa-doa kita sampai kepada Bapa. Gak ada pribadi lain yang mampu melakukan hal ini selain Yesus. “…demikian pula Yesus adalah jaminan dari suatu perjanjian yang lebih kuat...karena Ia tetap selama-lamanya, imamat-Nya tidak dapat beralih kepada orang lain. Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka. (Ibrani 7: 22, 24-25)

Meskipun pelayanan-Nya sudah berakhir di bumi. Tapi Yesus tetap melanjutkan pelayanan-Nya di surga. Setelah membayar harga atas dosa manusia, Yesus juga melayani sebagai penasihat umat manusia di hadapan Bapa.

Kenapa manusia butuh penasihat dan pengantara? Seperti disebutkan dalam 1 Petrus 5: 8 bahwa manusia punya musuh yaitu si iblis yang siap menerkam orang-orang percaya. Yesus selalu ada di sana berdoa syafaat bagi umat manusia.

“Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.” (Ibrani 9: 24)

Doa Syafaat Yesus

Doa adalah jembatan komunikasi dengan Allah Bapa. Doa sendiri adalah bagian paling penting salama Yesus hidup di dunia (Lukas 6: 12; Markus 14: 32; Matius 26: 36). Dia menghabiskan banyak waktu untuk bercakap-cakap dengan Bapa.

Sebagian besar doa-doa Yesus bahkan meliputi kebutuhan untuk orang lain. Dia berdoa untuk anak-anak kecil (Matius 19: 13). Dia juga berdoa untuk murid-murid-Nya (Lukas 22: 32). Dia berdoa bagi orang-orang yang percaya (Yohanes 17: 20).

Di surga, Yesus tetap berdoa. Dia berdoa syafaat bagi kita kepada Bapa (1 Yohanes 2: 1). Yesus menjadi advokat atau pengacara kita, yang menggantikan kita memohon kepada Bapa atas nama kita. Peran-Nya sangat penting bagi orang percaya karena melalui Dialah Bapa akan melakukan pembelaan-Nya (Matius 3: 17).

Ada 3 hal yang Yesus doakan bagi kita diantaranya:

1. Doa Berkat

Pada dasarnya, Allah berkata bahwa Dia akan selalu memberkati kita. Dia akan selalu menyediakan apapun yang kita butuhkan. Dan semua itu akan diberikan kalau kita meminta kepada-Nya. Karena Allah sendiri rindu untuk bersekutu dengan kita.

Itu sebabnya Yesus mengajarkan kita doa dalam Matius 6: 11, “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya..”

Waktu kita meminta dalam nama Yesus, maka Yesus akan menyampaikan permohonan berkat kepada Bapa atas nama kita.

2 Doa Perlindungan

Dalam Yohanes 17, Yesus berdoa supaya Allah memelihara hidup kita. Dia juga berdoa supaya kita hidup dalam kesatuan sama seperti Allah dan Yesus adalah satu.

“Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.” (Yohanes 17: 9-11)

3. Doa Pengampunan

Di Lukas 23: 24, Yesus berdoa atas pengampunan bagi orang yang menyebabkan penderitaan-Nya. “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”

Doa yang sama juga akan selalu dipanjatkan Yesus bagi setiap orang dari surga. Dia mau kita diperdamaikan dengan Allah Bapa. Ini membuktikan kasih Yesus atas umat manusia.

Kalau Yesus saja berdoa syafaat untuk kita, kenapa kita tidak? Kita diberikan pernolong yang lain yaitu Roh Kudus yang membantu kita mengucapkan keluhan-keluhan yang tidak tersampaikan kepada Bapa. Jadi, mari mengambil waktu untuk berdoa dan meminta Yesus untuk membukakan akses surga untuk sampai kepada Allah Bapa.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami