Apa Kata Alkitab Tentang Rasisme

Apa Kata Alkitab Tentang Rasisme

Puji Astuti Official Writer
1118

Tewasnya George Floyd membuat dunia kembali mengingat bahaya rasisme. Dunia mengutuk tindakan rasis, karena hal itu membutakan mata hati sekelompok orang akan nilai kemanusiaan dan kasih, hingga terjadi  ketidakadilan.

Rasisme tidak pernah menghasilkan sesuatu yang baik, di Amerika hal tersebut memecah belah antara orang kulit putih, kulit hitam dan kulit berwarna lain. Di berbagai negara hal serupa juga terjadi, hanya dalam bentuk yang berbeda.

Di Indonesia sendiri pernah diguncang dengan teriakan pribumi dan non-pribumi yang hampir memecah belah kesatuan hanya karena kepentingan sesaat beberapa pihak.

Sudut pandang Alkitab tentang rasisme sudah sangat jelas, hal tersebut tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan dan nilai-nilai kasih yang menjadi nafas dari ajaran Kristus.

Setiap manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah

Dalam Kejadian 1:26-27 dituliskan:

Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka."

Berdasarkan kata Alkitab di atas, setiap orang apapun suku, bahasa, warna kulitnya, agamanya, dan status sosialnya diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.  Tidak ada yang lebih mulia posisinya, dan tidak ada yang lebih rendah nilainya di hadapan  Tuhan.

Baca juga :

Para Pendeta Gereja Dunia Bersatu Tolak Kekerasan Atas George Floyd, Berikut Alasannya… 

Artis-artis Kristen Ini Serukan Dukungan ‘Justice For George Floyd’ Atas Kasus Rasis AS

Kristus mati bagi semua orang

Setiap orang mulia dan berharga di mata Tuhan, hal itu Ia buktikan dengan penebusan Kristus di kayu salib bagi setiap manusia ketika kita semua masih berdosa.

"Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. (Roma 5:8)

Dia tidak menebus hanya orang saleh saja, atau keturunan dari suatu bangsa tertentu saja. Yesus Kristus mati dan bangkit untuk menebus manusia dari dosa dan memberikan hidup yang kekal bagi semua orang. Dia menawarkan keselamatan itu kepada siapa saja.

Diskriminasi dan rasisme hanya bisa dihentikan oleh kasih

Diskriminasi dan rasisme tidak bisa dihentikan dengan aksi balas dendam, kebencian dan tindakan anarkis. Hal ini hanya bisa diselesaikan dengan kasih.

Yesus mengajarkan :

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." (Markus 12:30-31)

Kita bisa mengasihi Tuhan, karena Tuhan telah terlebih dahulu mengasihi kita seperti yang ditulis dalam Roma 5:8 tadi. Lalu, kita bisa mengasihi sesama kita seperti diri sendiri, setelah kita mengalami kasih Tuhan.

Karena ketika kita mengalami  kasih Tuhan, hati kita yang terluka dan hancur mengalami pemulihan. Hingga pada akhirnya hati kita siap menjadi saluran untuk kasih Tuhan mengalir bagi sesama kita. Bahkan Tuhan Yesus memerintahkan kepada pengikutnya  melangkah lebih jauh lagi yaitu untuk mengasihi bukan hanya sesamamu, tapi juga musuhmu.

“Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.” (Matius 5:43-45)

Nah sekarang, yuk jadi agen pemulihan dengan menjadikan hidupmu alat bagi Tuhan untuk menyalurkan kasih-Nya  kepada banyak  orang.  


Kamu pernah mengalami diskriminasi dan merasa terluka? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling.

http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami