Claudia Jessica

Official Writer
524


Ada begitu banyak perusahaan gulung tikar di tengah pandemi corona. Sehingga mengakibatkan begitu banyak orang kehilangan pekerjaan. Mencari pekerjaan bukan lah hal yang mudah disaat seperti ini.

Ditambahkan lagi dengan jumlah lowongan pekerjaan yang menurun membuat kita lebih sulit untuk mencari pekerjaan. Namun, hal ini tidak berarti kita hanya bisa duduk diam dan menunggu panggilan.

Inilah 5 hal yang dapat kamu lakukan.

1. Mengembangkan Diri

Sembari menunggu panggilan pekerjaan, cobalah untuk menambah atau mengupgrade keahlian yang kamu punya. Ada begitu banyak kompetisi dalam pekerjaan jadi, sangat penting untuk menigkatkan kemampuanmu saat ini.

Baca juga: Banyak Korban PHK, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencari Pekerjaan

Kemudian, sambil meningkatkan keterampilan, kamu juga berlatih wawancara via telepon dan video. Begitu banyak orang bekerja jarak jauh, sehingga memanfaatkan teknologi untuk melakukan wawancara melalui telepon dan video.

2. Cari Pekerjaan Freelance

Sembari menunggu panggilan kerja, kamu bisa mencari pekerjaan yang tidak mengikat waktu kerja dan kontrak. Selain untuk menambah pemasukan, disini kamu juga bisa meningkatkan dan mengasah keterampilan yang kamu miliki.

Ada begitu banyak jasa yang dibutuhkan secara online seperti membuat website, admin sosial media, membuat dan lain sebagainya.

Baca juga: Pusing Karena Suami Kena PHK? Dukung Dia Agar Tidak Terpuruk Terus Menerus

3. Maksimalkan Jaringan

Tunjukan pada teman, keluarga dan kerabatmu bahwa kamu membuthkan pekerjaan dan beri tahu mereka tentang jenis pekerjaan yang kamu cari serta target perusahaan seperti apa. Mungkin saja mereka memiliki informasi yang kamu inginkan.

Jangan ragu untuk menghubungi mantan kolega dan bos jika kamu melihat lowongan di perusahaan mereka. Orang akan cenderung mempekerjakan orang yang telah mereka ketahui keterampilan dan etos kerjanya.

Bahkan sekalipun mereka tidak merekrut, mereka bisa menjadi referensi untukmu mencari pekerjaan yang lain karena mereka berada di industri, ada kemungkinan bahwa mereka mungkin mendengar pekerjaan lain melalui jaringan mereka dan bisa merekomendasikanmu.

4. Bersabar

Karena beberapa perusahaan menerapkan system bekerja dari rumah, mungkin proses perekrutan juga menjadi sedikit lebih lama dari biasanya. Jangan khawatir apa lagi putus asa dan kehilangan harapan. Tetaplah bersabar dan coba kirim e-mail kembali untuk menanyakan proses rekrutmen.

Baca juga: Life Hack Setelah di PHK

5. Realistis

Di tengah lesunya ekonomi saat ini, pandemi membuat sebagian besar perusahaan tidak mampu untuk memenuhi permintaan gaji yang kamu ajukan. Bahkan ada banyak pekerja lain yang harus rela mendapatkan pengurangan gaji dibanding harus berhenti bekerja.

Cobalah untuk mengurangi ego dengan menurunkan permintaan gaji, kemudian buktikan bahwa kamu layak digaji sesuai permintaan yang sebelumnya kamu ajukan ketika keuangan perusahaan sudah mulai membaik.

Ada begitu banyak ketidakpastian di dunia ini sehingga mencari pekerjaan menjadi sangat sulit dan memaksa kita untuk terus berjuang dan menjadi kreatif dengan melihat peluang dari keadaan sekitar.

Namun, ini bukanlah penghalang bagimu untuk menyerah. Berikut Firman Tuhan yang dapat penulis sisipkan untuk mengutakan imanm.

Ulangan 31: 6 “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7242

Banner Mitra Juli 1-2