Puji Astuti

Official Writer
482


Seorang warga Jambi yang menjadi pemenang lelang motor listrik bertanda tangan Presiden  Jokowi berakhir minta perlindungan polisi karena takut ditagih dengan harga motor lelang yang mencapai Rp.2,55 miliar. Pria yang diberitakan bernama M Nuh tersebut mengaku tidak tahu kalau itu adalah lelang, ia pikir bahwa dirinya memenangkan hadiah. 

Nah, biar ngga ngalamin seperti M Nuh, kita perlu tahu apa itu sebenarnya lelang. 

Pengertian lelang yang ditulis dalam Wikipedia adalah proses membeli dan menjual barang atau jasa dengan menawarkan kepada penawar yang akhirnya nanti terjual pada penawar harga tertinggi. Proses lelang pun memiliki aturan tersendiri, seperti batas waktu, minimum atau maksimum harga penawaran. 

Menurut situs djkn.kemenkeu.go.id, ada beberapa syarat seseorang untuk bisa mengikuti sebuah lelang resmi di badan lelang milik pemerintah, yaitu : calon peserta harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) yang masih berlaku, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, rekening  tabungan dan juga calon peserta harus menyetorkan uang jaminan sesuai ketentuan. 

Lelang bertujuan untuk mendapatkan harga terbaik dari suatu benda atau jasa, untuk itu jika ada yang menawarkan bahwa harga lelang itu lebih murah maka patut berhati-hati, karena hal tersebut bisa jadi penipuan. 

"Itu sangat bertentangan dengan karakter nilai lelang sendiri. Lelang dilakukan untuk mendapat nilai terbaik. Jadi kalau ada lelang dengan harga murah, pasti bohong itu," demikian penjelasan dari Direktur DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) Isa Rachmatarwata yang dikutip Kompas.com.

Baca juga : 

Wow, Lukisan Yesus Kristus Karya da Vinci Ini Baru Saja Pecahkan Rekor Lelang

Galang Dana untuk Pengungsi Suriah, Paus Lelang Tiga Mobilnya

Isa juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan berbagai tawaran lelang murah, karena saat ini marak penipuan dengan modus ini dan juga kemungkinan adanya lelang illegal. 

Untuk menghindari penipuan, ada beberapa hal yang perlu dicermati ketika kamu mau ikut sebuah lelang:

1. Kenali sumber informasi lelang tersebut

Sebelum memutuskan untuk mengikuti sebuah lelang, pastikan kamu mengetahui informasi lengkapnya, seperti siapa yang melakukan lelang, baik itu pribadi, badan usaha atau bahkan instansi pemerintah. 

Periksa kembali keabsahan atau legalitas lelang tersebut, ataupun badan usaha yang melakukan lelang. Lakukan cross cek informasi dengan menghubungi lembaga penyelenggara.

2. Teliti barang yang ditawarkan untuk dilelang

Teliti barang-barang atau jasa yang ditawarkan untuk dilelang. Biasanya barang yang dilelang bisa berupa barang bekas, barang antik, barang dalam keadaan rusak atau bahkan barang baru. Kesemua barang tersebut tentunya memiliki nilai ekonomis. 

Tentu saja barang yang dilelang merupakan tanggung jawab penjual atau badan yang melakukan lelang, dan setiap calon pembeli mempunyai hak untuk melihat barang yang akan dilelang, biasanya waktu dan tempatnya akan  diinformasikan kepada calon pembeli. Perhatikan juga factor legalitas barang yang ditawarkan sehingga menghindari terjadinya sengketa ataupun konflik setelah kamu membelinya. 

3. Teliti rekening  tujuan sebelum mentransfer uang

Salah satu cara indentifikkasi awal modus penipuan dengan cara lelang adalah menggunakan rekening perseorangan/pribadi. Menurut Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) diwajibkan menggunakan rekening atas nama instansi. 

Perlu diketahui bahwa dalam lelang tidak dikenal istilah uang tanda jadi/ down payment. Istilah yang digunakan adalah uang jaminan yang disetorkan ke rekening instansi pelelangan. Uang jaminan tersebut nantinya akan dikembalikan ke peserta lelang 100% jika nantinya dia tidak memenangkan pelelangan. 

4. Pahami prosedur pelelangan dengan baik

Jika yang melakukan pelelangan adalah instansi pemerintah tentunya prosedurnya bisa diketahui oleh umum melalui laman website resminya ataupun dengan menghubungi nomor telephone instansi tersebut. 

Namun jika lelang dilakukan oleh pihak swasta, pastikan kamu mendapatkan informasi lengkap tentang prosedur lelang yang dilakukan. Jangan cepat memutuskan sesuatu sebelum mengetahui dan mengerti secara jelas prosedur yang harus dilakukan. Pertimbangkan baik-baik semua aspeknya.

Nah, itulah informasi seputar lelang ya. Yuk kita jadi masyarakat yang cerdas, dan juga selalu waspada dengan berbagai penipuan dengan modus lelang yang banyak muncul. Jangan tergiur harga murah, pastikan teliti lebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Banner Mitra April Week 2