Wow, Lukisan Yesus Kristus Karya da Vinci Ini Baru Saja Pecahkan Rekor Lelang
Sumber: Zimbio.com

Internasional / 16 November 2017

Kalangan Sendiri

Wow, Lukisan Yesus Kristus Karya da Vinci Ini Baru Saja Pecahkan Rekor Lelang

Budhi Marpaung Official Writer
4300

Dalam sebuah acara pelelangan yang berlangsung di Balai Lelang Christie’s di New York, New Amerika Serikat, Rabu (15/11) waktu setempat, sebuah lukisan Yesus Kristus karya Leonardo da Vinci terjual dengan harga fantastis. Dilansir dari metrotvnews.com, lukisan berjudul ‘Salvator Mundi’ atau di dalam bahasa Indonesia ‘Juru Selamat Dunia’ ini dilepas dengan harga USD450 juta (sekitar Rp 6,094 triliun).

Harga tersebut telah memecahkan rekor sebelumnya untuk karya seni yang dijual di pelelangan atau secara pribadi. Lukisan perempuan Aljazair karya Pablo Piccaso merupakan karya seni yang harga penjualannya dipecahkan oleh lukisan Salvator Mundi. Diketahui, lukisan Piccaso tersebut terjual seharga $160 juta (2,16 triliun).


(Tulisan balai lelang Christie's / sumber: newsoftheartworld.com)

Meski begitu, sampai kini mengenai pelukis Salvator Mundi masih pro dan kontra. Ada yang meyakini, itu adalah memang karya da Vinci, tetapi ada juga yang memercayai bahwa lukisan yang menampilkan Yesus Kristus sedang menunjukkan tangan kanannya tersebut dibuat oleh murid dari da Vinci.

Selain itu, Salvator Mundi mendapat kritikan dari kritikus terkait keotentikan tahun pembuatannya. Seorang kritikus bernama Jenny Saltz menulis di situs Vulture.com sebagai berikut: "Siapa pun kolektor pribadi yang terkecoh membeli lukisan ini dan memasangnya di apartemen atau tempat penyimpanan koleksi mereka, itu risiko mereka sendiri."

Namun begitu, Christie's tetap berpegang kepada pendirian mereka bahwa lukisan itu otentik karya da Vinci dan menyebutnya sebagai "penemuan kembali karya artistik terbesar abad di ke-20".

Baca juga: Wow, Lukisan Yesus Ini Jadi Karya Sastra Paling Mahal di Dunia Loh

Pelelangan lukisan Salvator Mundi berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui siapakah orang yang membeli dengan harga fantastis tersebut.

Sumber : metrotvnews.com; tempo.co
Halaman :
1

Ikuti Kami