Galang Dana untuk Pengungsi Suriah, Paus Lelang Tiga Mobilnya

Galang Dana untuk Pengungsi Suriah, Paus Lelang Tiga Mobilnya

daniel.tanamal Official Writer
1928

Demi penggalangan dana bagi para pengungsi perang Suriah, pemimpin tertinggi Katolik dunia, Paus Fransiskus akan melelang tiga mobil yang pernah digunakannya. Pelelangan itu sendiri akan dilakukan oleh badan amal Katolik Caritas cabang Polandia secara online dan akan berlangsung hingga 9 Oktober mendatang.

Pelelangan itu diselengarakan saat festival hari Pemuda Dunia Gereja Katolik pada hari Senin (26/9). “Sesuai dengan keinginan Paus Fransiskus, keuntungan (dari pelelangan) akan digunakan untuk membeli mobil ambulans guna merawat para pengungsi Suriah di Lebanon,” ujar Agnieszka Homan dari Caritas Polandia.

Tiga mobil yang akan dilelang yaitu mobil VW Golf dengan pelat nomor "KI POPE", "K2 POPE" dan "K3 POPE" dilengkapi dengan sertifikat berisikan rute yang dilalui Paus di masing-masing kendaraan. Mobil yang paling diincar dengan penawaran tertinggi sebesar 9.300 euro atau Rp 135,34 juta adalah mobil yang digunakan Paus untuk melakukan perjalanan dari Kota Krakow, Polandia selatan ke biara Jasna Gora.

Jasna Gora berlokasi di Czestochowa dan merupakan tempat keberadaan Madonna Hitam, relik Bunda Maria yang diyakini melakukan mukjizat. Paus menggunakan dua mobil lain untuk berkeliling Krakow dan mengunjungi kamp eksekusi Nazi Jerman Auschwitz.

Secara resmi, pemerintah sayap kanan Polandia menentang keras menerima pengungsi dengan alasan keamanan, dan pandangan tersebut didukung oleh sebagian warga Polandia, negara homogen berpenduduk 38 juta jiwa.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami