Bedanya Cowboy Dan Gembala Domba

Bedanya Cowboy Dan Gembala Domba

Puji Astuti Official Writer
      1416

Yohanes 10:14-15

Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 141; Yohanes 1; 2 Samuel 9-10

Apakah kamu pernah menonton film cowboy? Ya, mereka memiliki gaya khas dengan topi cowboy, celana jeans dan juga kemejanya.

Cowboy pada dasarnya adalah panggilan untuk penggembala ternak di Amerika, ternak peliharaan mereka biasanya adalah lembu atau sapi dan sering tinggal di padang belantara tempat mereka menggembala. Mereka menggembalakan ternaknya dengan menggunakan kuda, dan seringkali mempersenjatai diri dengan pistol untuk menghalau hewan liar ataupun penjahat yang ingin mencuri ternak mereka.

Tahukah kamu di Alkitab juga mencatat tentang sosok penggembala? Ya, namun gembala domba. Sekalipun pekerjaannya mirip, ada perbedaan kontras antara gembala sapi dan gembala domba.

Jika sekilas pekerjaan gembala domba mirip dengan cowboy, mereka sering tinggal di padang dengan hewan peliharaannya. Mereka juga menghadapi bahaya seperti kawanan srigala atau hewan buas lain yang ingin memangsa domba-domba mereka, sehingga harus selalu waspada.

Namun ada perbedaan besar diantara mereka, apa itu?

Gembala domba yang ditulis dalam Alkitab mencintai domba-dombanya, dia mengenal mereka dan domba-dombanya mengenali gembalanya. Sebaliknya, seorang cowboy tidak memiliki hubungan erat dengan peliharaannya. Pernahkah kamu melihat film cowboy dimana mereka memeluk dan memanggil sapinya dengan nama yang unik?

Mengapa? Cowboy menggembalakan ternak untuk disembelih. Sedangkan gembala domba merawat domba-dombanya untuk diambil bulunya. Hubungan mereka akan berlangsung cukup panjang.

Seorang cowboy menggiring ternaknya, tetapi seorang gembala memimpin domba-dombanya.

Selain itu dalam sekawanan ternak sapi, bisa ada beberapa cowboy yang menggembalakan dan menjaganya. Sedangkan kawanan domba hanya memiliki satu gembala.

Seorang cowboy mengenal dan tahu nama jalur yang akan dilaluinya, tapi gembala mengenal nama domba-dombanya satu per satu.

Bukankah kita bersyukur kalau Tuhan Yesus Kristus bergelar Gembala Agung, bukan seorang cowboy?

Ya, Dia adalah gembala yang baik, yang mengasihi kita dan menuntun kita rumput yang hijau dan air yang tenang. Dia mengenal nama kita satu per satu. Dia melindungi dan menjaga kita dengan gada dan tongkatnya.

Kita adalah domba gembalaan-Nya. Seekor domba adalah binatang yang bodoh, mereka sering kali berkeliaran dan kadang membuatnya tersesat, bulunya tersangkut di semak atau bahkan terjatuh di tebing. Bukankah kita juga sering mengalami hal ini?

Bersyukur bahwa Gembala Agung kita rela meninggalkan kawanannya untuk mencari yang tersesat. Dia mengangkat dan membalut domba yang terluka.

Apakah kamu salah satu dari domba yang tersesat tadi? Yuk dengarkan suara Gembala Agung kita yang lembut memanggil. Dia mencarimu, jawablah panggilan-Nya dan ijinkan tangan-Nya yang penuh kasih menjangkaumu kembali. 

Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling.

http://bit.ly/inginKonseling

Ikuti Kami