Haruskah Orang Kristen Mendapatkan Konseling?

Haruskah Orang Kristen Mendapatkan Konseling?

Claudia Jessica Official Writer
571

Kita tahu bahwa kesehatan mental itu penting. Pikiran kita menjadi lemah kita hidup di dunia yang jatuh ke dalam dosa. Dosa merusak tubuh manusia. Pikiran kita pun tidak terlepas dari dosa itu sendiri.

Ketika kesehatan mental kita tidak baik, kita pun cenderung tidak bisa berpikir rasional dan cenderung melakukan kesahalah. Namun, sebagian orang berpikir bahwa dengan melakukan konseling, mereka akan  dicap bahwa mereka lemah, mereka tidak memiliki cukup pengetahuan, mereka gagal.

Tapi kebenarannya adalah, meminta bantuan ketika kamu tidak lagi mampu melakukan mengatasi masalahmu sendirian adalah persis seperti apa yang Tuhan inginkan.

Baca juga: Mitos Konseling Yang Meracuni Rencana Allah. Jangan Dipercayai!

Terkadang kita menutupi kelemahan kita dengan berpura-pura bahwa keadaan kita baik-baik saja. Bergumul dengan rasa cemas, depresi, ketidakpercayaan atau kesulitan  bukan berarti kita tidak memiliki iman yang cukup.

Sebagai orang Kristen, kita mengandalkan Firman Tuhan dan doa. Namun, ada kalanya kita harus pergi mencari nasihat seseorang yang dapat mengarahkan kita kepada kebenaran seperti konseling. Ada beberapa langkah praktis yang dapat kita lakukan dalam membantu orang lain atau bahkan diri kita sendiri dalam mencari bantuan.

1. Biarkan pemimpin atau mentor tahu apa yang sedang kamu jalani

Cari dan temuilah pendeta atau mentor Kristen yang kamu percaya. Beritahu mereka apa yang sedang terjadi dan mintalah nasihat mereka.

Amsal 11:14 "Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada.”

Baca juga: Ini Alasannya Konseling Pernikahan Itu Jauh Lebih Penting Daripada Cuma Ucapkan Janji Suci

2. Carilah penasihat Kristen yang akan mengarahkanmu pada kebenaran Injil berulang kali

Fondasi kita adalah Fiman Tuhan. Karenanya, kamu harus menemukan konselor yang akan mengarahkanmu kembali pada keberan Firman Tuhan sebagai bagian dari alat penyembuhanmu. Alkitab kata-kata Tuhan untuk penyembuhan, mengajar, refleksi diri, dan juga untuk memperlengkapi kita dalam menjalani kehidupan yang benar.

2 Timotius 3: 16-17 "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

3. Percayalah bahwa Allah memberikan hadiah yang baik kepada anak-anak-Nya untuk kepentingan tubuh Kristus

Allah, pencipta kita yang membuat kita, membentuk kita, menyelamatkan kita, juga merupakan pemberi anugerah yang luar biasa. Hadiah yang meneguhkan dan mendorong tubuh Kristus. Sama seperti para musisi yang memimpin penyembahan adalah sebuah hadiah bagi gereja, demikian pula orang (konselor) yang dipanggil untuk berkonsultasi berdasarkan kebenaran Alkitab.

1 Korintus 12: 4-6 "Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang."

Baca juga: Pertanda Suami-Istri Butuh Konseling Seksual

4. Tuhan tidak ingin kamu tetap berada di lubang di sama

Tuhan tidak mau kamu tetap berada dalam lubang keputusasaan. Tuhan tidak mau sukacita kita dirampas dan membuat hidup kita tidak bahagia. Bahkan Tuhan tidak pernah meninggalkan kita di sepanjangn hidup kita.

Konseling bagi orang percaya adalah sebuah hadiah. Pikiran dan perasaan kita mungkin kadang membuat kita menjauh dari kebenaran. Kita membutuhkan orang yang dapat mengatakan kebenaran pada kita sekaligus orang yang dapat mengingatkan kita Tuhan seperti matahari yang tidak pernah berhenti dan tidak pernah terlambat untuk bersinar.

Sumber : iBelieve

Ikuti Kami