Apakah Memakai Sarung Tangan Efektif Mencegah Virus?

Apakah Memakai Sarung Tangan Efektif Mencegah Virus?

Claudia Jessica Official Writer
618

Berbagai upaya pencegahan virus corona (COVID-19) terus dilakukan. Termasuk pemakaian masker dan sarung tangan yang dianggap dapat melindungi diri.

Bahkan WHO (World Kealth Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia) sendiri merekomendasikan untuk menggunakan masker. Namun bagaimana dengan sarung tangan? Apakah mengenakan sarung tangan adalah tindakan pencegahan yang logis?

Banyak orang menggunakan sarung tangan di depan umum. Tapi, sayangnya kebanyaan orang tidak menggunakan atau membuang sarung tangan mereka dengan benar dan tidak sesuai dengan tujuannya sendiri.

Beberapa alasan mengapa sarung tangan tidak efektif sebagai perlindungan dari virus. Seperti adanya kemungkinan bahwa sarung tangan bisa saja sobek, kamu tidak menggunakan atau melepaskannya dengan benar dan bahka sarung tangan dapat memberimu rasa aman yang ‘salah’.

Kamu akan berpikir bahwa kamu bisa menyentuh apapun yang kamu inginkan termasuk wajahmu yang bisa saja menyebaban kontaminasi atau bahkan membawa virus dari tanganmu.

Sarung tangan adalah perlindungan diri yang baik jika orang memakainya dengan langkah-langkah yang baik. Ada beberapa larangan yang harus dipatuhi ketika kamu menggunakan sarung tangan:

• Jangan menyentuh wajah.

• Jangan menyentuh ponsel.

• Berlatih menjaga jarak sosial saat berada di toko, setidaknya satu meter dari orang lain setiap saat.

• Batasi item atau permukaan yang perlu kamu sentuh.

• Pakai masker wajah, dan jangan menyentuh masker begitu masker itu ada di wajahmu.

• Bersihkan tanganmu saat kamu beralih mengerjakan satu hal ke hal lainnya.(Misalnya saat kamu beralih dari mobil dan segera cuci tangan saat pulang setelah menurunkan barang).

Menjaga jarak, tidak menyentuh wajah dan membersihkan tangan setelah selesai berbelanja adalah hal yang masuk akal untuk menghindari virus di toko.

Baca juga: Rumor Herd Immunity Untuk Hadapi Corona, Ini Faktanya

Sarung tangan tidak memberi kekebalan atau izin untuk menyentuh segala sesuatu yang berada dalam jangkauan kita. Semua kuman yang mungkin ada di sarung tangan dapat ditransfer ke semua permukaan dan benda lain yang kita sentuh.

COVID-19 dapat memasuki tubuhmu melalui selaput lender seperti hidung dan mulut. Dia tidak masuk melalui tanganmu, tetapi tangan dapat mengangut partikel virus ke selaput lender.

Bahkan ada kemungkinan virus menempel pada sarung tangan lebih baik daripada langsung menempel pada kulit.

Selain itu, ada juga instruksi bagaimana melepas sarung tangan yang benar karena jika tidak, kamu bisa saja terkontaminasi atas virus yang ada di sarung tanganmu.

• Pegang bagian luar satu sarung tangan di pergelangan tangan, hati-hati jangan sampai menyentuh kulit.

• Lepas sarung tangan dari tubuhmu, tarik keluar.

• Pegang sarung tangan yang baru saja dilepas di tanganmu yang masih menggunakan sarung tangan lainnya.

• Lepaskan sarung tangan kedua dari atas pergelangan tangan.

• Balikkan sarung tangan kedua sambil menariknya dari tanganmu, biarkan sarung tangan pertama di dalam sarung kedua.

• Buang sarung tangan ke tempat sampah segera. (Jangan tinggalkan mereka di tempat parkir toko di luar kendaraanmu atau mencoba menggunakannya kembali nanti.)

• Cuci tangan atau gunakan sanitizer langsung setelah kamu melepas sarung tangan.

Sumber : health.clevelandclinic.org

Ikuti Kami