Claudia Jessica

Official Writer
598


Kamu mungkin telah menonton serial drama yang sedang viral ini. Drama yang terdiri dari 16 episode ini dapat kamu saksikan melalui internet.

The World of the Married atau World of Married Couple Kisah yang menceritakan tentang kehidupan rumah tangga yang hancur karena perselingkuhan sang suami hingga mengakibatkan keduanya bercerai.

Apa saja sih yang bisa kita pelajari dari kisah Ji Sun Woo dan Lee Tae Oh ini?

1. Mengenai Perselingkuhan

Dalam pernikahan Kristen, pernikahan adalah ikatan yang terjalin antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang memiliki komitmen untuk hidup bersama.

Baca juga: The World of The Married, Drakor Perselingkuhan yang Langgar Prinsip Alkitabiah Pernikahan

Dalam Kejadian 2:24 dikatakan bahwa apabila pasangan telah disatukan dalam hubungan pernikahan, itu artinya mereka telah menjadi satu daging dan tidak dapat dipisahkan oleh apapun kecuali maut. Dapat kita simpulkan bahwa tidak ada lagi tempat bagi orang ketiga dalam hubungan pernikahan.

Apa yang menyebabkan terjadinya perceraian? Perselingkuhan terjadi tidak hanya dikarenakan oleh hasrat seksual saja, melainkan juga karena ketidakpuasan secara emosional, dengan kata lain kebutuhan emosional seseorang tidak bisa didapatkan dari pasangannya.

Bisa jadi karena pasangan kurang pengertian atau kurang bisa menghargai usaha orang tersebut. Misalnya, laki-laki memiliki ego yang tinggi dan berharap dapat menjadi pelindung bagi pasangannya.

Namun karena rumah tangga bersifat sangat kompleks, dan masalah baru bisa datang tak terduga, seks dan emosi bukanlah satu-satunya faktor perceraian.

Baca juga: Seberapa Penting Sih Doa Seorang Istri Untuk Suami? Lalu Apa Saja yang Harus Didoakan?

Lalu apa kata Alkitab soal perselingkuhan? Dalam 1 Korintus 7:4 dikatakan bahwa “Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.”

Artinya, setelah menikah, tubuhmu bukanlah milikmu lagi tetapi kamu telah memberikan ha katas tubuhmu kepada pasangan dan begitu pula sebaliknya.

Jadi, ayat ini mengajarkan yang boleh memakai tubuhmu hanyalah pasangannya sendiri, dan berlaku juga sebaliknya.

2. Mengenai Perceraian

Dalam drama ‘World of married couple’ setelah perselingkuhan sang suami, Lee Tae Oh diketahui oleh sang istri, Ji Sun Woo keduanya menghadapi perselihan panjang termasuk mengenai hak asuh anak tunggal mereka Lee Jun Young.

Perceraian menjadi semakin sulit ketika ada anak yang hadir dalam pernikahan. Kendati demikian, Alkitab tidak pernah mengizinkan pasangan untuk bercerai jika tidak memiliki anak.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pasangan menikah tidak boleh dipisahkan oleh apapun juga kecuali oleh maut. Dalam Matius 19:9 mengatakan “Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.”

Artinya, perceraian bukanlah solusi dari masalah rumah tangga. Terdapat hukum perceraian dalam Kristen dimana Allah melarang perceraian.

Baca juga: Perceraian Meningkat Karena COVID-19! Ini Cara Ampuh Hadapi Goncangan Masa Krisis Ini

Dan sebenarnya perceraian tidak akan memisahkan ikatan perkawinan. Kecuali apabila salah satu pasangan melakukan zina terlebih dahulu baru pasangan boleh bercerai.

Lalu bagaimana menghadapi pasangan yang berselingkuh?

Ampuni. Matius 6: 14-15 mengatakan "Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Jelas lebih mudah mengatakannya daripada melakukannya. Tetapi, dengan kasih karunia Allah, pihak yang dikhianati dapat melakukan tindakan yang didasari ketaatan pada firman Allah.

Bukan berarti kamu tidak boleh terluka dan merasa sedih, tapi karunia Tuhn akan menguatkn dengan luar biasa.

Minta ampun. 1 Yohanes 1:9 berkata "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."

Tidak hanya pihak yang berselingkuh, tapi juga pihak yang dikhianati harus meminta kepada Allah agar dapat melihat bagaimana masing-masing berkontribusi atas situasi ini, sehingga mereka bisa dibebaskan dari rasa bersalah di hadapan Allah.

Baca juga: Ketika Suami Ketahuan Berselingkuh, Inilah Respon Baik Dari Seorang Isteri Kristen!
Roh Kudus akan memampukan untuk melakukan apa yang tidak bisa kita lakukan sendiri sebagai manusia. Filipi 4:13 "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku."

Seiring dengan pimpinan Allah, proses pengampunan dan pemulihan akan segera mengikuti.

Sumber : berbagai sumber | jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7236

Kanan Agustus