Suami-suami, Dengarkanlah Istrimu Dengan Rendah Hati

Suami-suami, Dengarkanlah Istrimu Dengan Rendah Hati

Lori Official Writer
1062

Alkitab mengingatkan para suami untuk memberikan perhatian kepada istri. Apa artinya? Bacalah dan pahamilah lebih dulu ayat bagian 1 Petrus 3: 7 ini, "Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang."

Ayat ini menekankan kepada para suami bahwa seorang istri perlu diperlakukan dengan hormat dan hidup dengan bijaksana. Dalam hal ini, seorang suami bertanggung jawab untuk membahagiakan istrinya. Begitu juga saat dia sedang sedih, temukanlah penyebab kesedihannya dan berubahlah jika kesedihan itu berasal dari suami. Undanglah Tuhan untuk mengajarkanmu tentang bagaimana cara hidup dengan bijaksana bersama istrimu.

Jangan biarkan orang lain justru lebih bisa memahami istrimu sendiri dibandingkan denganmu. Tuhan memberi para suami tugas untuk menjadi teman terbaik seorang istri. Itulah panggilanu seumur hidup bersamanya. Karena itu pahamilah apa tujuan Tuhan menempatkan seorang wanita yang kamu nikahi dalam hidupmu.

Petrus menyampaikan ayat di atas karena dia ingin menekankan tentang peran seorang suami bagi istrinya. Hal ini juga berarti bahwa sebenarnya seorang suami memiliki posisi yang paling tinggi di dalam rumah tangga. Karena itu jalankanlah peran itu dengan baik seperti yang Tuhan rancangkan.


Baca Juga:

Jadi Istri yang Taat Pada Tuhan Seperti Ibu Samson Dalam Alkitab

Biar Pernikahan Jauh Dari KDRT, Yuk Bangun Hubungan di Rumah Dengan 4 Kebiasaan Iniā€¦


Bagaimana cara menjalani peran ini selain menghormati istri? Suami juga harus menjaga kepercayaan, waktu dan uang yang kamu punya. Pakailah posisimu untuk mendukung dan membahagiakannya. Bicaralah padanya dengan tutur kata yang penuh penghormatan. Sehingga dia merasa menjadi seorang wanita yang berharga. Pujilah dia di depan orang-orang, sehingga dia pun merasa terhormat.

Semua tindakan ini harus dilakukan oleh para suami supaya doa-doa mereka tidak terhalang. Seorang pria akan sukses dan berhasil dalam perjalanannya saat kehidupan pernikahan dan rumah tangganya menjadi teladan. Sebaliknya, seorang suami yang hanya terlihat baik di luar sementara tidak berlaku sopan kepada istri hanya akan mendatangkan kegagalan dan kekacauan. Karena itulah Tuhan memanggil semua suami untuk membenahi dirinya lebih dulu dari rumah. Mereka dipanggil untuk mengasihi orang-orang terdekatnya lebih dulu sebelum pergi dan membagikan kasih kepada orang lain.

Pesan ini sangat penting di masa-masa ini karena ada banyak suami yang memilih untuk mengabaikan pasangannya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang mulai melakukan tindakan yang tidak terhormat, seperti melakukan tindakan kekerasan secara verbal dan psikis.

Jadi, pesan ini diharapkan bisa jadi bahan renungan bagi setiap suami Kristen. Sehingga Tuhan berkenan atas setiap doa dan juga tindakanmu. 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami