Puji Astuti

Official Writer
1038


Apakah kamu tahu  siapakah Roh Kudus,  atau apa itu Roh Kudus?  

Mungkin ada orang yang berpikir bahwa Roh Kudus adalah sebuah kekuatan atau kuasa yang Tuhan berikan kepada orang Kristen ketika Tuhan Yesus naik ke surga.  Tapi itu adalah sudut pandangan yang salah.

Roh Kudus adalah Tuhan

Kita percaya bahwa Allah Bapa,  Allah Anak dan Allah Roh Kudus adalah satu  pribadi,  satu kesatuan yang sering kita sebut sebagai Trinitas. 

Roh Kudus adalah pribadi Ilahi dan Dia memiliki  perasaan,  pikiran serta keinginan.  Sebab itu Alkitab mengajarkan untuk kita jangan mendukakan Roh Kudus,  karena   tindakan kita bisa melukai perasaan Allah Roh Kudus (Efesus 4:30-32). 

Kehadiran Roh Kudus dalam Alkitab bukan hanya di Perjanjian Baru,  atau setelah pencurahan Roh Kudus di hari Pantekosta.   Pribadi Roh Kudus atau Allah sendiri sudah ada sejak sebelum penciptaan, hal ini dituliskan dalam Kejadian  1:1-2. Roh Kudus-lah  yang Membuat penciptaan alam semesta  terjadi. 

Roh Kudus dalam tradisi bangsa Yahudi

Tradisi Yahudi sendiri mempercayai pribadi Allah Roh Kudus ini.  Mereka menyebutnya sebagai   רוח הקודש, ruach ha-kodesh atau ruach kodshecha yang bisa diartikan Roh-Mu Yang Kudus. Beberapa nama lain Allah Roh Kudus dalam tradisi Yahudi adalah, Ruach Elohim (Roh Tuhan), Ruach YHWH (Roh Yahweh), dan  Ruach Hakmah (Roh Hikmat). Dalam Perjanjian Lama kehadiran Roh Kudus seringkali ditandai dengan adanya nubuatan. Untuk itu mereka percaya ya bawa kehadiran Allah Roh Kudus adalah cara Tuhan untuk berkomunikasi dengan manusia.

Roh Kudus dalam Perjanjian Baru

Kata Roh Kudus dalam Alkitab Perjanjian Baru  ditulis sebanyak 90 kali dan salah satu peristiwa penting tentang bagaimana karya Roh Kudus adalah saat Maria mengandung Yesus, Lukas 1:35 menuliskan : 

Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah." 

Selama pelayanan Yesus di bumi, Ia juga berinteraksi dengan  Roh Kudus. Sebagai contoh ketika Yesus dibaptis oleh Yohanes pembaptis Roh Kudus dalam bentuk merpati turun ke atas-Nya (Matius 3:16-17), atau ketika Yesus dipimpin oleh Roh Kudus ke padang gurun untuk mengalami pencobaan ( Matius 4:1).

Baca juga : 

17 Peran Penting Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya

5 Tanda Seseorang Dipenuhi Roh Kudus

Dalam Perjanjian Baru, Roh Kudus juga disebut sebagai Roh Penghibur (Yohanes 14:26), Roh Kebenaran (Yohanes 16:13) dan Roh Kristus (1 Petrus 1:11).

Karya Roh Kudus dalam hidup pengikut Kristus

Pertama kali pengikut Kristus mengalami perjumpaan dengan Roh Kudus adalah saat kita bertobat. Karena Roh Kuduslah yang menginsafkan kita akan dosa dan membuat kita sadar bahwa kita tidak bisa hidup tanpa penebusan Yesus Kristus (Yohanes 16:8-11). Setelah kita bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, maka saat itu juga kita menerima Roh Kudus dalam hidup kita (Kisah Para Rasul 2:38).

Roh Kudus memberikan setiap orang percaya karunia-karunia yang berguna untuk melayani dalam Tubuh Kristus dan sesama (1 Korintus 12:4-11). Setiap orang menerima karunia yang berbeda,  dan karunia-karunia itu akan melengkapi orang percaya untuk menggenapi fisik yang  Tuhan berikan kepadanya.

Roh Kudus akan menuntun kita sebagai orang percaya dan mengajar kita melalui kebenaran firman Tuhan.  Dia akan mengingatkan kita akan Firman Kristus, Dan tidak hanya sampai disitu,  Roh Kudus akan membuat kita mengerti dan memahami kebenaran itu (Yohanes 14:25-26).  Dia adalah guru dan pengajar kita.  Oleh karena itu sangat penting ketika kita merenungkan firman Tuhan kita mengundang Roh Kudus untuk mengajar dan memberi pengertian kepada kita.

Roh Kudus akan membantu kita dalam kelemahan kita dan dalam berdoa (Roma 8:26-27). Sebagai manusia kita ini sangat lemah,  bahkan untuk berdoa murid-murid Yesus minta untuk diajarkan.  Tuhan tahu kondisi  kita ini,  sehingga Roh Kudus yang hadir dalam hidup kita akan membantu kita untuk berdoa. Bahkan dituliskan, kalau "tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan."

Jadi bersyukurlah untuk kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita,  karena kita bukan saja memiliki seorang Penghibur, Penolong dan Pengajar dalam hidup kita, namun juga seorang Pendoa Syafaat yang akan membantu kita ketika kita bergumul dalam doa. 

Roh Kudus memperlengkapi orang Kristen untuk menjadi saksi Kristus (Kisah Para Rasul 1:8). Kita tahu bahwa setiap orang percaya dipanggil untuk menjadi saksi Kristus, namun kita tidak bisa menjalani panggilan ini  tanpa Roh Kudus.  ya itu sendiri berkata Setelah Roh Kudus turun atas kita dan dipenuhi dengan kuasa-Nya  baru kemudian kita bisa menjadi saksi-saksi bagi Kristus. 

Jadi setelah kamu mengetahui semua kebenaran di atas,  bangunlah hubungan dengan Roh Kudus,  mintalah tuntunan dan pimpinanNya dan mulailah berjalan dalam kuasaNya. Dan semua itu untuk memperlengkapi kita dalam panggilan kita,  untuk memberitakan Injil Yesus Kristus.  Tentang penebusan dan hidup kekal bagi setiap orang yang percaya  kepada-Nya. Selamat melayani. 

#LOVEINACTION : Yuk bantu sesama yang terdampak COVID-19 dengan pemberian sembako, donasi KLIK DISINI

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Mitra Banner Maret Week 3