Lori Mora

Official Writer
502


Ketika semua orang hanya berpikir untuk memenuhi kebutuhannya sendiri di masa-masa sulit seperti saat ini. Di saat itulah orang Kristen harusnya tampil menjadi orang-orang yang tidak lagi hanya memikirkan diri sendiri. Sebaliknya, menebarkan kasih dan kebaikan kepada sesama.

Inilah pentingnya kita belajar untuk menebarkan kebaikan kepada sesame. Seperti yang disampaikan oleh Rasul Paulus dalam Efesus 4: 32, "Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu."

Paulus mengigatkan supaya tak ada seorangpun yang mengeraskan hati terhadap sesamanya. Melainkan menebarkan kebaikan dan kasih.

Di tengah-tengah masa sulit inilah harusnya orang percaya ambil bagian untuk menunjukkan kepedulian kepada semua orang, bukan hanya berfokus pada diri sendiri Kita bisa lihat ada banyak tunawisma yang tak lagi bisa makan karena gak ada lagi orang yang lalu lalang di jalanan untuk memberikan mereka sebagian dari yang mereka punya. Atau para pedagang kaki lima yang gak lagi punya penghasilan karena mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah. Dan masih banyak lagi orang yang sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya setiap hari.

Karena itulah, orang-orang percaya dibutuhkan untuk menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk mengasihi dan membantu sesama. Lalu bagaimana caranya?

Berikut 5 hal yang bisa kita lakukan bersama.

1. Salurkan bantuanmu

Gak peduli bantuan dalam bentuk apa yang bisa kamu berikan. Yang pastinya, salurkanlah bantuan yang benar-benar dibutuhkan oleh orang lain.

Kalau saat ini, ada banyak pihak yang dengan sukarela membantu pemerintah dan jajaran petugas medis dengan menyediakan APD selama penanganan wabah virus corona.

Mungkin kamu bukan orang yang bisa membuat APD. Tapi kamu bisa mendukung orang-orang yang menyediakan APD dengan menyalurkan sebagian dana dari yang kamu punya.

2. Layani orang-orang yang membutuhkan

Puji Tuhan. Ada banyak gereja dan komunitas Kristen yang dengan sukarela membuat aksi sosial untuk membantu dan melayani masyarakat yang sangat membutuhkan.

Diantaranya ada yang membagikan sembako, membagikan makanan dan juga kebutuhan lainnya.

3. Bantu pasien positif corona dan keluarga

Beberapa waktu lalu, seorang warga di kompleks perumahan kami dinyatakan positif corona. Setelah dilakukan penyecekan, ternyata istrinya pun ikut tertular. Sementara mereka punya dua anak, satu remaja dan satunya masih di bawah usia 10 tahun. Keduanya terpaksa harus dikarantina berdua di rumah sementara kedua orang tuanya harus dibawa ke rumah sakit rujukan dengan jangka waktu yang belum bisa ditentukan.

Karena merasa iba, setiap warga yang ada di kompleks pun bergantian untuk memenuhi kebutuhan jasmani kedua anak. Setiap hari ada saja warga yang mengirimkan mereka makan dan memastikan kondisi keduanya baik-baik saja di rumah.


Baca Juga: 

Pandemi Covid-19 Ingatkan Kita Tentang Perjalanan Iman Nabi Elia

Iniloh Yang Harus Kamu Lakukan Sebagai Orang Kristen Dalam Perang Melawan COVID-19


4. Sumbangkan masker atau sarung tangan bagi yang membutuhkan

Ada banyak orang Kristen yang menunjukkan kebaikan hatinya dengan cara memberikan dengan cuma-cuma masker kepada orang yang membutuhkan. Alih-alih menumpuknya, berpikirlah untuk sepenanggungan dengan orang lain. Karena itulah bukti dari kasih kita kepada orang lain.

Dengan berbagi kepada orang lain, kita dengan rendah hati mau membagikan kasih yang sudah kita dapatkan untuk juga dialami oleh orang lain.

5. Berdoa senantiasa

Gak ada yang lebih berkuasa daripada doa. Setelah kita bertindak dengan menunjukkan kasih kita secara langsung ke orang lain, kita juga harus memposisikan diri di dalam doa.

Ambillah waktu yang teratur setiap hari untuk mendoakan orang-orang yang terdampak wabah virus corona, yang sedang sakit, yang ketakutan, yang cemas, yang kehilangan pekerjaan dan bahkan yang sudah berkontribusi sepanjang hari untuk menangani pasien dan wabah. Jangan pernah jemu-jemu berdoa dan meminta Tuhan untuk mengakhiri kondisi ini dengan segera.

Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukkan bahwa kita sudah selesai dengan urusan diri kita. Kita bukan lagi anak-anak Tuhan yang egois dan hanya berfokus sama diri sendiri, sebaliknya membuktikan bahwa kita peduli dan mau menolong orang lain dengan apa yang kita bisa lakukan.

“Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”  - Matius 22: 39

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7255

Mitra Banner Maret Week 3