Puji Astuti

Official Writer
728


Kisah Paskah bagaimana Yesus menjalani penderitaan hingga mati di kayu salib lalu  bangkit pada hari ke tiga pasti sudah sering kita dengar. Namun nama Yusuf Arimatea dan Nikodemus yang menguburkan Yesus, kamu mungkin tidak terlalu mengenalnya. Nah, kali ini JC Channel akan membahas dua sosok orang farisi ini. 

Yang pertama, yuk kita bahas dulu sosok Yusuf Arimatea, dia adalah orang yang dengan berani datang langsung kepada Pontius Pilatus  untuk meminta menurunkan mayat Yesus dan menguburkannya. Siapakah Yusuf ini?

Orang kaya dari daerah Arimatea, Yudea

Berdasarkan apa yang ditulis di dalam Matius 27:57, Yusuf ini adalah seorang kaya dari daerah bernama Arimatea. Kota Arimatea diperkirakan oleh para ahli adalah nama lain dalam Bahasa Yunani untuk kota Yudea, atau dalam Bahasa Ibrani adalah Yehuda, dimana dulu Kerajaan Yehuda berdiri . Saat ini,wilayah tersebut berada di bagian selatan Palestina. 

Anggota dewan Sanhedrin yang diam-diam menjadi pengikut Yesus

Yusuf Arimatea adalah anggota dewan Sanhedrin, dan merupakan bagian dari orang Farisi. Lukas melukiskannya sebagai, "anggota Majelis Besar." Jadi ia bukan hanya kaya, namun pada masa itu ia memiliki pengaruh dan berkuasa. 

Sosok Yusuf ini dikenal sebagai seorang benar dan baik, serta orang yang beriman dan menantikan datangnya Kerajaan Allah atau Sang Mesias.  Walau Alkitab tidak menuliskan dengan jelas tentang imannya kepada Yesus, tindakannya menunjukkan bahwa kemungkinan besar ia melihat sosok Mesias itu pada diri Yesus. 

Jadi ia diam-diam menjadi pengikut Yesus hal itu membuatnya memutuskan untuk tidak mengambil bagian saat dewan Sanhedrin menangkap dan menghakimi Yesus (Lukas 23:51).

Diduga adalah paman dari Maria, Ibu Yesus

Lukas 23:52 menuliskan bahwa,  "Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus." Berdasarkan laman BBC.co.uk, pandangan bahwa Yusuf Arimatea adalah paman dari Maria, Ibu Yesus adalah adanya tradisi masa itu bahwa pria tertua dalam keluarga yang bertanggung jawab untuk mengambil jasad seorang terhukum. 

Jadi karena  ia berinisiatif  untuk menguburkan Yesus, diperkirakan ia memiliki hubungan keluarga dengan Yesus, mengingat saat itu Yusuf suami Maria dipercaya telah meninggal dunia. Namun beberapa ahli berpendapat hal itu ia lakukan karena Yusuf adalah pengikut Yesus yang saat itu paling memiliki pengaruh politik sehingga bisa datang kepada Pilatus secara langsung. 

Baca juga :

#FaktaAlkitab - Mahkota Duri Tuhan Yesus Ditemukan?

#FaktaAlkitab - Kisah Tentang Murid-murid Tuhan Yesus - Yudas Tadeus

Bersama Nikodemus menurunkan mayat Yesus dari kayu salib

Setelah mendapatkan ijin dari Pilatus, Yusuf Arimatea datang ke Golgota dimana Yesus di salibkan dan menurunkannya dari salib. Yang mengejutkan adalah saat itu salah seorang rekannya dari dewan Sanhedrin, yaitu Nikodemus datang ke sana juga. Sepertinya mereka sudah berkomunikasi sebelumnya dan memang sudah mempersiapkan diri untuk menguburkan Yesus (Yohanes 19:38-39).

Menyediakan kain lenan untuk mengapani Yesus

Jika kain kafan dari Turin yang disebut-sebut sebagai artefak kain kafan Yesus adalah benar, maka ini adalah kain kafan yang dibeli oleh Yusuf Arimatea. Saat dia menurunkan tubuh Yesus, dia datang sudah membawa kain kafan yang khusus dibelinya untuk menguburkan Yesus (Markus 15:46).

Memberikan kuburan keluarganya untuk Yesus

Saat Yesus diturunkan dari Salib, hari itu sudah menjelang hari sabat sehingga ia tidak bisa dibawa masuk ke dalam kota Yerusalem. 

Yesus dikuburkan di kuburan keluarga Yusuf Arimatea yang memang telah dipersiapkan. Berdasarkan Yohanes 19:41, lokasi kuburan ini ada diluar kota Yerusalem di dekat Bukit Golgota, "ada suatu taman dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah dimakamkan seseorang."

Saat ini, makam Yesus ini dipercaya ada di bawah bangunan Gereja Makam Kudus atau  Church of the Holy Sepulchre  yang berada di kota tua Yerusalem. 

Ia ditangkap setelah menguburkan Yesus

Berdasarkan literatur sejarah dari abad ke 4 atau 5 yang berjudul Gospel of Nicodemus atau Acts of Pilate, orang-orang Yahudi memenjarakan Yusuf Arimatea setelah melakukan penguburan Yesus, namun ia dilepaskan kembali ketika Yesus bangkit, dan dipercaya menjadi salah satu saksi awal kebangkitan Yesus. 

Legenda menyatakan ia pergi ke Inggris dan mati di sana

Para ahli yang menyelidiki hal ini tidak menemukan bukti otentik kecuali tulisan yang tertanggal pada tahun 1300an, dimana Yusuf Arimatea dipercaya mengunjungi wilayah barat Inggris dimana ia memberitakan Injil dan membangun kekristenan awal di Inggris. 

Wah, menarik ya fakta-fakta dari Yusuf Arimatea tadi.. Bagaimana dengan fakta Alkitab tentang Nikodemus, rekannya? Nantikan di seri Fakta Alkitab berikutnya ya.

Itulah Fakta Alkitab kali ini, kalau kamu mau menonton video-video inspiratif dan membangun lainnya, yuk kunjungi dan Subscribe JC Channel di link YouTube ini. God bless you!

#LOVEINACTION : Yuk bantu sesama yang terdampak COVID-19 dengan pemberian sembako, donasi KLIK DISINI

Sumber : JC CHANNEL


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7247

Banner Mitra Juli 1-2