Lori

Official Writer
643


Para ibu yang sedang hamil dan akan melahirkan pasti akan merasa sangat cemas. Karena masa lahiran bertepatan dengan pandemi virus corona yang saat ini masih terus berlangsung.

Apa daya, proses bersalin atau melahirkan harus tetap dilakukan ketika waktunya sudah tiba. Nah, ada banyak informasi yang tersebar dan menyampaikan bahwa ibu hamil dan bayi yang baru lahir sangat rentan terjangkit virus COVID-19. Karena itu banyak yang bertanya bagaimana caranya supaya ibu dan bayi yang baru lahir tetap aman dari virus?

Seperti disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Royal College of Obstetricians dan Departemen Kesehatan Pemerintah Australia, ada dua hal yang perlu diketahui oleh ibu yang akan melakukan proses kelahiran di tengah masa pandemi ini.

Penularan masih belum bisa dipastikan

Sebagian besar wanita hamil biasanya dalam kondisi kesehatan yang baik. Meski begitu, bayi yang baru lahir akan mendapatkan kendalanya.

Seperti diketahui, sebuah kasus kelahiran seorang bayi di Inggris baru-baru ini ditemukan terjangkit positif segera setelah lahir. Namun tim medis belum bisa memastikan darimana bayi itu terjangkit dan apakah di dalam rahim atau setelah lahir.

Tapi berita baiknya, bayi tersebut kembali sehat setelah menjalani perawatan. Bayi tersebut diketahui mengalami gejala ringan dan sembuh dalam waktu yang cepat.

China membuktikan pandemi tetap aman bagi ibu yang aan melahirkan

Salah satu studi yang melibatkan Sembilan wanita hamil di tengah pandemi corona di Tiongkok, China menemukan bahwa ibu hamil dan bayi yang baru lahir sama sekali tidak terdampak virus.

Kesembilan wanita ini menjalani operasi caesar dan tidak ada yang tampak sakit. Karena itu studi ini menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi kelahiran bayi dan juga proses pemberian ASI dari ibu.

Lalu bagaimana ibu hamil melindungi diri mereka dari orang lain?

Ibu hamil harus melakukan hal yang sama dengan masyarakat pada umumnya, seperti:

  • Menutup mulut saat batuk atau pakai masker
  • Menghindari orang yang sakit
  • Meminta orang yang tidak sehat untuk tidak berkunjung sementara waktu sebelm dan pasca lahiran
  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air serta hand sanitizer
  • Menghindari perkumpulan yang berisi banyak orang bahkan keluarga sendiri

Namun jika ibu hamil masih tetap merasa cemas dan takut saat menghadapi proses lahiran. Segeralah berkonsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan lain.

Lalu bagaimana dengan proses lahiran di rumah sakit?

Meskipun di tengah pandemi virus corona, kamu ibu hamil harus tetap memeriksakan kandungan ke dokter. Jangan terlalu stress selama ibu masih dalam keadaan sehat.


Baca Juga: Moms, Jangan Coba-coba Lakukan 6 Hal Ini Selama Hamil Ya!


Namun jika pada akhirnya ibu harus melahirkan di rumah sakit, pastikan beberapa tindakan pencegahan ini dilakukan seperti meminimalkan orang yang datang, meminimalkan kontak dengan orang lain serta memastikan pasangan dalam keadaan sehat saat proses pendampingan.

Sementara setelah bayi lahir, WHO merekomendasikan ibu untuk melakukan kontak kulit ke kulit dengan bayi.

Jika ibu masih dalam keadaan sakit, dia harus dibantu untuk memberikan ASI kepada bayi. ASI sangat efektif melawan penyakit menular terhadap bayi. Bahkan saat ibu dan bayi tertular, ASI bisa jadi penangkal yang efektif untuk melawan virus.

Selain itu, ibu juga disarankan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan bayi serta menggunakan masker medis ketika berada di dekart bayi.

Bayi juga bisa segera mendapatkan vaksin setidaknya sebulan setelah lahir.

Namun yang terpenting dari semuanya adalah cobalah untuk tidak kuatir dan tetap tenang. Serahkan semuanya kepada Tuhan karena bagaimanapun Dia tahu kita sudah melakukan yang terbaik untuk menyambut kedatangan anggota keluarga baru kita.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7237

advertise with us