Lori

Official Writer
623


Tetap di rumah selama masa wabah virus corona memang jadi jalan satu-satunya untuk menekan penyebaran virus. Tapi di sisi lain, tinggal di rumah ternyata justru mendorong perilaku gak sehat, salah satunya overeating. Hal ini banyak diakui oleh mereka yang harus bekerja dari rumah.

Walaupun makan adalah salah satu hal yang mendukung kita tetap fokus bekerja. Tapi makan berlebihan setiap hari akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh dan meningkatkan stress dan kecemasan.

Karena itulah, supaya kondisi tubuh tetap fit dan sehat sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan yang sehat. Gimana caranya? Yuk ikuti 6 tips ini.

1. Cari tahu alasan kenapa kamu overeating

Stres dan bosan adalah kondisi yang mendorong seseorang bisa overeating.

Kalau kamu ternyata mendapati dirimu makan terlalu sering atau banyak dalam satu waktu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengamil waktu sejenak untuk bertanya: ‘Kenapa aku makan terlalu banyak?’ Bisa jadi itu terjadi karena kamu sedang terserang stres atau terlalu bosan di rumah.

Dengan mengetahui alasan ini, kamu bisa mengelola pikiran dan mentalmu. Entah dengan mengubah kegiatan sehari-hari dan mencari ide untuk melakukan hal-hal baru lainnya. Cukup mengambil waktu untuk mencari tahu alasannya dan mengevaluasi pola makanmu bisa membantumu memahami apa yang memaksamu untuk makan berlebihan dan bisa membantumu untuk menghindari kebiasaan overeating.

2. Hindari godaan dari makanan

Walaupun kamu mungkin sudah membuat banyak stok makanan di rumah, mulai dari snack,kue, manisan dan sebagainya, tapi percayalah itu hanya akan meimbulkan godaan besar untuk terus mengunyah sepanjang hari.

Waktu makanan tersedia atas meja, maka indra penglihatan dan otak akan meresponi untuk mengambil dan mencicipinya. Jadi gak heran kalau kamu makan berlebihan setiap hari.

3. Pertahankan jadwal makan yang sehat

Kamu gak bisa mengubah jadwal makan normalmu hanya karena kamu terjebak di rumah. Kalau kamu terbiasa makan tiga kali sehari, cobalah untuk melanjutkan jadwal itu waktu kamu bekerja di rumah. Hal yang sama berlaku kalau kamu biasanya hanya makan dua kali dan mengemil.

Walaupun mudah untuk gak lagi mengikuti pola makan teratur saat di rumah. Tapi tetaplah mempertahankan pola makan teratur tersebut selama berada di rumah.

Tapi kalau kamu mendapati dirimu benar-benar terperangkap dengan pola evereating, cobalah untuk membuat jadwal yang mencakup setidaknya dua makanan padat per hati dan mengikutinya sampai kamu merasa bahwa kamu sudah menjadi nyaman dengan kebiasaan makanmu.


Baca Juga:

Rasa Cemas Bikin Gak Bisa Tidur dan Berujung Stress? Atasi Dengan 6 Cara Ini...

Dukung Penanganan Wabah Virus Corona, OBI Sumbangkan Alat Medis ke Dinas Kesehatan


4. Masak makanan sendiri

Sebuah penelitian menemukan bahwa memakan masakan sendiri di rumah lebih dari 5 kali per minggu kemungkinan 28% akan mengurangi berat badan dibandingkan dengan mereka yang sering beli makan di luar.

Jadi rencanakanlah menu makananmu untuk beberapa hari ke depan. Karena hal ini bisa membantumu untuk menghindari makanan-makanan kaya lemak dan gula.

5. Perbanyak minum

Terjebak di rumah memberimu lebih banyak waktu untuk fokus pada kebiasaan sehat, termasuk minum lebih banyak air.

Tetap terhidrasi sangat penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan bisa membantumu mencegah makan berlebihan secara aktif.

Minum banyak air bisa mencegah kita merasa lapar. Sehingga membantu untuk menghindari makan berlebihan.

Kamu juga bisa menambahkan irisan lemon, kiwi atau mentimun ke dalam botol airmu sebagai detoksifikasi untuk tubuh.

6. Lebih banyak bergerak

Terjebak di rumah bisa berakibat pada tingkat aktivitasmu yaitu jadi bosan, stress dan jadi lebih sering mengemil.

Nah, untuk menyeimbangan pola makan ini cobalah olahraga ringan di rumah. Entah itu bergerak, senam di tempat atau push up. Lakukanlah olahraga yang memungkinkan untuk kamu lakukan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa aktivitas fisik bisa meningkatan suasana hati dan mengurangi stress. Jadi, kenapa gak mencobanya?

Apa kamu mau tetap bentuk tubuhmu bagus dan lebih penting lagi tetap fit selama berada di rumah? Yuk coba lakuin aja tips di atas ya.


Apakah Anda juga tergerak untuk membantu OBI untuk mendukung para tim medis dalam menangani wabah virus corona saat ini? Untuk informasi lebih lengkap silahkan sms/telepon ke 0813-4006-6551 atau kunjung https://www.jawaban.com/covid19/ .

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7233

Kanan Agustus