Lori

Official Writer
848


Supaya fungsi kerja tubuh dan otak maksimal, setiap orang sangat disarankan untuk tidur secukupnya.

Tapi gimana mungkin bisa tidur cukup dan berkualitas kalau ternyata pikiran dipenuhi dengan rasa cemas setiap malam mengingat kondisi yang terjadi belakangan ini?

Tidur nyenyak di masa-masa sekarang mungkin terbilang cukup sulit. Tapi bagaimanapun kita pasti tahu kalau kekebalan tubuh atau sistem imun berkaitan dengan bagaimana cara tubuh menangkal serangan penyakit dari luar.

"Jika kita tidak tidur, sistem kekebalan tubuh kita akan menurun, menyebabkan risiko peradangan dalam tubuh, yang kita tahu bisa menyebabkan lebih rentan terhadap berbagai virus atau apapun yang ada di lingkungan kita," kata Brittany LeMonda, seorang senior neuropsychologist di Lenox Hill Hospital di New York City.

Dia menegaskan bahwa kualitas tidur sangat berperan besar bagi tubuh bisa melawan serangan bakteri, kuman atau virus apapun.

Brittany juga menyampaikan kebiasaan seperti mencuci tangan, menjaga jarak sosial dan juga mendapatkan kualitas tidur yang baik bisa jadi kunci utama untuk tetap sehat.

Karena itulah bagi siapapun yang belakangan ini merasa tidak mendapatkan tidur yang berkualitas atau cukup karena perasaan terlalu cemas dan stress, bisa mengatasinya dengan 6 cara ini.

1. Terapkan Kebiasaan Baik Setiap Hari

Sebagian dari kita mungkin hanya bisa tinggal di rumah selama masa-masa wabah ini. Ada yang harus bekerja dari rumah. Tapi ada juga yang sama sekali harus menganggur dan gak punya pekerjaan apa-apa. Kondisi ini setidaknya akan menimbulkan kecemasan dan rasa stress.

Tapi bagaimanapun kondisimu saat ini, penting untuk memikir ulang tentang apa hal terbaik yang harus kamu lakukan untuk kesehatanmu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengusir kecemasan dan stress adalah dengan membangun kebiasaan hidup sehat setiap hari dengan rutin.

“Jika kamu bekerja dari rumah, bangunlah di waktu yang sama dan berpakaianlah (seperti biasanya ke kantor). Kamu mungkin hanya pergi ke kamar mandi atau bekerja dari kamar tidur Tapi tetaplah mempertahankan rutinitas dan normalitas yang sama, itulah yang akan membuatmu tidak akan terganggu,” kata Navya Singh, PhD, seorang psikolog dan ilmuwan dari departemen psikiatri Universitas Columbia.

2. Jangan Tidur Berlebihan

Tingga seharian di rumah dan gak melakukan apa-apa bukan berarti kamu bisa tidur seharian penuh.

Untuk mendukung poin nomor 1 di atas, kamu perlu memahami bahwa menjaga kesehatan dan pola tidur yang baik harus dimulai dengan tidak tidur berlebihan. Hindarilah tidur siang berlebihan jika ingin mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

3. Berolahraga Setiap Hari

Faktanya, berolahraga sangat bermanfaat untuk mengobati rasa cemas dan stress. Ada baiknya melakukan olahraga ringan setiap pagi dan nikmati udara segar di luar rumah.

Atau akan sangat baik jika kamu berolahraga di siang hari. Karena hal ini bisa mengusir pikiran negatif dan rasa malas di siang hari.

4. Perhatikan Apa yang Kamu Baca dan Tonton

Satu-satunya cara untuk tetap terhubung dengan dunia luar dan selalu update dengan apa yang sedang terjadi adalah dengan membaca atau menonton berita.

Sayangnya, mengkonsumsi berita yang berisi konten-konten kematian atau wabah yang semakin menggila justru hanya akan meningkatkan kecemasan dan membuat tidur kita terganggu.

Jadi, salah satu cara untuk menghindari kecemasan dan stress adalah dengan membuat jadwal rutin berapa lama kamu harus mengakses berita setiap hari. Perlu diperhatikan juga sangat tidak disarankan untuk membaca atau menonton berita beberapa jam sebelum tidur. Itu hanya akan memperburuk kondisimu.

5. Batasi Paparan Cahaya Biru di Ruang Tidurmu

Kita pasti sudah terbiasa berbaring sembari memainkan layar ponsel di tangan. Karena ponsel tampak jadi satu-satunya alat hiburan yang bisa kita pakai selama masa-masa tinggal di rumah.

Tapi ketahuilah bahwa menatap layar ponsel sepanjang malam tidak akan membantu ita tertidur. Sebaliknya, layar biru yang terpancar dari ponsel hanya akan membuat mata kita aktif sepanjang malam.

Jadi, sebagai gantinya sangat disarankan untuk membaca buku atau mendengarkan musik sembari tidur.

6. Jangan Minum Alkohol Berlebihan

“Kita mungkin merasa kalau kita minum, kita akan merasa lebih baik saat ini dan merasa seperti langsung tertidur. Kita sebenarnya tidak akan mendapatkan tidur nyenyak (dengan meminum alkohol),” kata Brittany LeMonda.

Dia juga menegaskan bahwa alkohol bukanlah cara terbaik untuk mengatasi stress dan kecemasan. Bahkan satu sampai dua gelas alkohol sebelum tidur justru bisa menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Apapun yang sedang terjadi saat ini, jangan biarkan kondisi ini membuatmu stress dan cemas berlebihan. Sebaliknya, lawanlah berbagai serangan penyakit dengan mencoba berbagai kebiasaan sehat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami: http://bit.ly/InginDidoakan. Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling: http://bit.ly/inginKonseling.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7233

Kanan Agustus