Kapan Kita Harus Lakukan Test COVID-19?
Sumber: JC Channel

Health / 1 April 2020

Kalangan Sendiri

Kapan Kita Harus Lakukan Test COVID-19?

Claudia Jessica Official Writer
2442

Mengingat penyebarannya yang sangat cepat dan gejalanya yang mirip dengan flu biasa seperti batuk, pilek, demam tinggi (lebih dari 38°C), dan radang tenggorokan, kapankah waktu yang tepat untuk melakukan tes covid-19?

Perlu diingat bahwa yang membedakan covid dan flu biasa adalah adanya indikasi batuk kering yang disertai dengan sesak nafas berat selama 14 hari masa inkubasi virus. Untuk mengindetifikasi apakah itu COVID-19 atau bukan, diperlukan tes COVID-19.

Kami melakukan wawancara bersama Dr. Sovian Anugrah, Yayasan Obor Berkat Indonesia sebagai berikut.

Baca juga: Ini Cara Ampuh Menangani Corona di Taiwan, Negara Dengan Kasus Paling Rendah

Kapan Kita Harus Tes COVID-19?

Pemeriksaan lanjutan corona, dapat dilanjutkan apabila terdapat indikasi sebagai berikut:

Bila dalam 14 hari, kita ada bepergian ke luar rumah atau berkontak erat dengan pasien positif COVID-19, disertai dengan gejala pneumonia (radang paru-paru akibat adanya cairan) ringan, sedang, maupun berat.

Orang dengan gejala tersebut, wajib dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk melakukan tes COVID-19 lebih lanjut.

Namun, tidak sedikit dari kita yang ingin melakuan tes COVID-19 untuk sekerdar mengetahui apakah kita terpapar COVID-19 atau tidak.

Mengapa Corona Tidak Bisa Dideteksi Dengan Medical Check Up Biasa?

Medical check up cenderung general dan kurang spesifik untuk mendeteksi COVID-19. Perlu diketahui bahwa virus corona menyerang saluran pernafasan bagian atas. Jika menyerang saluran pernafasan bagian atas, secara otomatis menghasilkan droplet (tetesan kecil yang keluar ketika batuk atau bersin) setiap batuk atau bersin.

Baca juga: Tidak Hanya Tim Medis, Pasien Corona Juga Butuh Dukungan Kita

“Di dalam droplet inilah terdapat virus corona. Sehingga, dibutuhkan virus tersebut untuk dimasukan ke dalam alat yang bernama RT PCR untuk melakukan tes corona, apakah sesuai dengan genetic, kode genetik daripada virus tersebut. Sehingga dibutuhkan pemeriksaan khusus yang dilakukan di rumah sakit rujukan,” Dr. Sovian menjelaskan.

Bagaimana Untuk Mendapatkan Penanganannya?

Jika memang keadaan sudah memburuk dan tidak memungkinkan untuk pergi ke rumah sakit terdekat, kamu dapat menghubungi via telpon ke 119 ext 9 untuk menangani masalah COVID-19.

Kemudian ambulans akan menjemputmu dan mengantar ke rumah sakit rujukan terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Apakah Tes Corona Bisa Dilakukan Dengan Menahan Nafas Selama 10-15 Detik?

Apakah tes corona bisa dilakukan dengan menahan nafas selama 10-15 detik? Jika mengalami sesak nafas, apakah ada kemungkinan kita terinfeksi virus corona?

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bayang-bayang Corona Menjelang Paksah

Dr. Sovian menjawab “Gangguan pernafasan tidak bisa diukur hanya dengan 10 detik ataupun 15 detik. Gangguan pernafasan harus diperiksa lebih menyeluruh bukan hanya pemeriksaan oleh dokter semata bahkan kita perlu lakukan pemeriksaan menunjang seperti rontgen, maupun CT Scan dalam paru-paru kita atau saluran pernafasan lainnya.”

Jadi tetap berhati-hati pada berita hoax yang menyebar ya JCers. Jangan sampai kita juga ikut menyebarkan berita yang tidak memiliki pertanggungjawaban.

Keluaran 23:1 “Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar.”

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Gosip yang Perlu Anda Ketahui!

Sumber : JC Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami