Claudia Jessica

Official Writer
968


Paskah semakin dekat namun, virus corona atau covid-19 masih belum juga pergi dan membuat banyak gereja harus melakukan ibadah online. Apakah gerejamu termasuk salah satunya?

Meski demikian, hal ini adalah bentuk upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Lalu bagaimana agar makna paskah tetap dapat kita rasakan seperti paskah di tahun-tahun sebelumnya?

Berikut ini 7 cara agar makna paskah tetap tersampaikan meskipun ada di bawah bayangan covid-19.

01 Lanjutkan Masa Prapaskah

Tetap lanjutkanlah masa pra paskah yang telah kamu lakukan selama ini. Meskipun banyak informasi baru yang membuatmu resah dan sulit untuk fokus, ingatlah kembali pengorbanan Yesus Kristus untuk kita semua yang memilih mati untuk menebus banyak orang.

02 Gunakan Waktu dengan Bijak

Jika biasanya kita disibukkan dengan rutinitas sehari-sehari yang berjalan dengan ‘normal’ kini dalam masa WFH kita bisa memiliki waktu lebih banyak.

Pergunakanlah waktu ini untuk lebih intim lagi bersama Tuhan. Kamu bisa melakukannya sendiri, untuk berduaan dengan Tuhan atau kamu juga bisa melakukan mezbah doa.

03 Pelajari Tentang Paskah, Nubuat Perjanjian Lama dan Hal Lainnya Tentang Paskah

Dalam Kejadian 22 kita dapat menemukan kisah Abraham yang diminta oleh Allah untuk mengorbankan anak satu-satunya, Ishak. Meskipun Abraham memiliki putra lain, Ismael tetapi Ishak adalah putra perjanjiannya dengan Allah.

Kemudian ada juga kisah Musa yang memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Keluaran 12 menuliskan dengan rinci akan tulah terakhir tentang Firaun dan orang Mesir, yaitu Malaikat Maut. Putra Sulung setiap keluarga akan mati dan hewan-hewan akan mati tetapi umat Allah terhindar karena mereka mengorbankan seekor domba dan menyeka darahnya di tiang pintu mereka.

Detail kisah Abraham dan Ishak, dan pembebasan orang Israel dari tawanan Mesir, memiliki pararel dalam kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

Di waktu seperti inilah kamu bisa melakukan hal ini. Selain itu, kamu juga bisa memperkuat imanmu dan kamu juga bisa mengajak keluargamu untuk berpartisipasi.

04 Jurnal

Jika biasanya kamu tidak pernah menulis jurnal, kamu bisa memulainya sekarang. Namun jika kamu sudah pernah menulis jurnal, kali ini kamu bisa menuliskan jurnal berjudul “Apa Makna Kebangkitan Bagiku.”

Caranya kamu bisa menuliskan satu poin yang kamu pikirkan setiap hari atau kamu bisa menuliskan ayat-ayat Alkitab yang mengajarkan tentang kebangkitan.

Selain itu, kamu juga bisa mencatat Firman Tuhan di selembaran kertas dan memasang di beberapa tempat rumahmu. Misalnya di pintu kamar, arah ke dapur, di pintu kamar mandi. Kamu bisa menghafalnya sambil mencuci tangan.

05 Dengarkan dan Tonton

Jika ibadah tetap dilakukan secara online, maka dengarkan dan tontonlah. Meskipun kamu tidak bisa beribadah langsung di gedung gereja atau di tempat dimana kamu biasa melakukan ibadah, maka lakukan streaming.

Gunakan teknologi untuk mendukung aktivitas ini dengan opimal.

06 Istirahat

Kesempatan untuk merayakan paskah kali ini memang berbeda, namun jangan sampai kamu kehilangan maknanya. Kuncinya adalah sikap kita. Kita harus mengingat bahwa Yesus memegang kendali, dan memercayai Dia untuk kebutuhan kita sehari-hari.

Stres kita akan hilang, dan kita dapat mengistirahatkan pikiran kita sementara kita percaya kepada Dia yang mengalahkan maut dan bangkit kembali.

Yesus mampu bangkit dari kubur, Dia juga membangkitkan orang dari kubur, maka Dia juga mampu mengatasi penyakit duniawi. Pada perayaan Paskah, kita tidak hnya memusatkan perhatian pada diri kita sendiri. Tapi juga perhartikan sekitar kita.

Kolose 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Jangan biarkan COVID-19 mengalihkan pandangan kita dari penyelamat kita yang luar biasa, Yesus Kristus di momen Paskah ini. Sumber : crosswalk.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7234

advertise with us