Puji Astuti

Official Writer
2599


Sebagai orang Indonesia, pasti kita sudah akrab dengan kalimat "kebersihan adalah sebagian dari iman." Tapi, berapa banyak sih yang menerapkan hidup bersih dan sehat, dan tidak hanya mengucapkan slogan tersebut saja?

Sebab pola hidup bersih dan sehat ternyata adalah salah satu pencegahan yang efektif terhadap virus corona atau COVID-19 yang saat ini sudah menjadi pandemic itu loh. Jadi jangan dianggap enteng, atau meremehkannya.

Tahukah kamu bahwa Kementerian Kesehatan Indonesia sudah mengeluarkan panduan dan pembinaan  perilaku hidup bersih dan sehat sejak tahun 2011? Ya, pemerintah telah membuat panduan pola hidup bersih dan sehat untuk tempat pelayanan kesehatan, institusi Pendidikan, tempat kerja, rumah tangga dan tempat umum.

Yuk kita mulai pola hidup bersih dan sehat dari lingkungan terkecil dahulu, yaitu keluarga. Apa saja yang perlu dilakukan untuk memiliki pola hidup bersih dan sehat dalam keluarga, terutama dalam pencegahan penyebaran virus corona?

1.      Cuci tangan dengan sabun

Kayanya sepele banget ya, cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik. Namun hal ini bisa menghindarkan kamu dari berbagai penyakit, salah satunya adalah corona. Sebab dengan cuci tangan yang dilakukan dengan baik dan benar, maka bisa mengurangi penyebaran kuman.

2.       Menggunakan air bersih untuk kebutuhan dasar

Tidak sedikit masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih untuk kebutuhan dasar mereka, yaitu untuk makan dan minum, serta mandi, cuci, kakus. Padahal untuk pola hidup bersih dan sehat, kita membutuhkan akses air bersih ini.

Nah, kalau kamu memiliki akses untuk air bersih, bersyukurlah dan gunakan dengan baik ya. Pastikan juga kalian mandi minimal dua kali sehari  ya.

3.       Menggunakan jamban yang sehat

Jamban sehat adalah hal mendasar yang perlu ada dalam rumah kita. Jadi, pastikan keluargamu memiliki jamban sehat dengan sanitasi yang baik ya, terutama unit pembuangan kotoran dan air untuk pembersihan.

4.       Konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur

Agar tubuh tetap sehat, pastikan banyak konsumsi buah dan sayuran agar memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh kita.

Jika kita tidak menjaga asupan makanan dan buah, hal tersebut akan membuat imun tubuh kita rentan dan kita mudah terserang penyakit.

5.      Minum air putih yang cukup

Sehat tidak perlu mahal, minumlah air putih secukupnya, sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi. Air putih disini tidak perlu air mineral kemasan ya, yang terpenting adalah air tersebut sehat dan tidak terkontaminasi bakteri, untuk itu lebih baik jika air matang.

6.      Tetap berolahraga dan aktifitas fisik

Olahraga secara teratur dan tetap melakukan aktifitas pekerjaan sangat penting agar tubuh tetap fit. Sebab jika kamu hanya duduk atau tiduran saja, hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

7.       Tidak merokok

Kita sudah tahu bahwa rokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif atau penggunanya, namun juga bagi perokok pasif, atau orang-orang yang disekitarnya yang menghirup asap rokok tersebut.

Tanpa virus corona saja, rokok sudah membahayakan. Apa lagi dengan adanya virus corona yang menyerang saluran pernafasan. Jadi, pastikan kamu dan orang-orang sekitarmu berhenti merokok ya.

1.  8.     Lakukan social distancing measure dan tinggal di rumah selama pandemic

Ini sangat penting, karena dengan melakukan social distancing measure saat di luar rumah atau prilaku menjaga jarak hal tersebut dapat membantu menghindarkan penyebaran virus corona.

Selain itu, hindari untuk keluar rumah jika tidak diperlukan.Seperti yang disarankan oleh pemerintah, yuk kita belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah.

Semua itu dilakukan untuk kepentingan kita bersama, jadi lakukanlah dengan sukacita dan tetap berpikir positif.

Nah, itulah 8 tips sederhana pola hidup bersih dan sehat dalam menghadapi virus corona tersebut. Ngga usah panik dan takut ya, tetap berdoa dan bangun imanmu dengan Firman Tuhan, lalu jalani pola hidup bersih dan sehat. Perlindungan Tuhan ada dalam hidup setiap kita, Immanuel!

Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling.

http://bit.ly/inginKonseling


Baca juga : 

Perkatakan 13 Ayat Alkitab Ini Untuk Lawan Rasa Takut di Tengah Penyakit Virus Corona

Sekolah Diliburkan Karena Corona, Ini yang Bisa Anak-anak Lakukan Selama Di Rumah

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sastrapin 8 September 2020 - 04:21:18

menyembah

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Valentino Rumaseb 18 September 2020 - 21:07:46
Shalom, Salam sejahtera, salam kenal, saya Valent ... more..

Dosma Panjaitan 17 September 2020 - 16:23:12
Shalom bapak/ibu. Saya minta dukungan doa dari bap... more..

Rico Andhika 1 September 2020 - 22:45:30
Saya mohon bantuan doanya untuk diberikan jawaban ... more..

Edward Budi Setiawan 1 September 2020 - 12:24:55
Supaya Yesus, memberkati, mengurapi & menyertai se... more..

advertise with us


7182

advertise with us