Sekolah Diliburkan Karena Corona, Ini yang Bisa Anak-anak Lakukan Selama Di Rumah
Sumber: Pexels.com

Parenting / 16 March 2020

Kalangan Sendiri

Sekolah Diliburkan Karena Corona, Ini yang Bisa Anak-anak Lakukan Selama Di Rumah

Claudia Jessica Official Writer
2436

Seperti yang kita tahu bahwa mewabahnya virus corona di Indonesia, membuat Presiden Jokowi mengusulkan untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah.

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat Minggu (15/3/2020)

Namun meski diliburkan, kita tidak dapat pergi kemana-mana dan dianjurkan untuk menjauhi kerumuman untuk meminimalisir tertularnya virus corona ini.

Lantas apakah kamu kehabisan ide untuk mengisi aktivitas di rumah? Mungkin banyak dari kita yang memanfaatkan momen ini untuk istirahat dengan tidur atau mungkin juga mengisi waktu dengan menonton.

Namun apakah ini cara yang baik untuk menghabiskan waktu? Masih ada banyak aktivitas lain yang lebih berguna dan menyenangkan dari sekedar tidur dan menonton TV saja lho JCers.

1. Olahraga

Mungkin selama ini anakmu kurang berolahraga? Atau mungkin kamu sendiri yang kurang olahraga? Dengan waktu luang ini, kamu bisa mengajak anakmu berolahraga bersama, pasti akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama bukan?

2. Ajak Membaca

Selain olahraga, membaca buku juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk mengisi waktu bersama anak. Selain menambah wawasan, juga pengalaman sesuai dengan buka yang dibaca.

3. Membuat Prakarya

Kegiatan lain yang bisa dilakukan anak saat mengisi waktu liburan yaitu membuat prakarya. Tak perlu sulit, cukup yang sederhana seperti melukis dengan cat air atau hanya dengan krayon.

4. Berlatih Hal-hal baru

Jika kamu menyukai bernyanyi, menari, berpidato atau bahkan mungkin juga puisi, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk melatih bakat yang telah kamu miliki namun sulit tersalurkan karena kamu tidak memiliki cukup waktu.

5. Belajar Masak

Bukan hanya kamu yang perlu melakukan ini, namu juga anakmu. Jika kamu memiliki anak perempuan, belajar memasak bersama bisa menjadi salah satu hal yang menarik. Atau mungkin juga kalian sudah hobi memasak dan ingin mencoba bereksperimen membuat makanan bersama?

6. Bermain Bersama Keluarga

Jika biasanya pulang kerja sudah malam dan lelah, anak-anak juga harus mengerjakan tugas rumahnya pasti kalian tidak cukup menghabiskan waktu bersama kan? Di momen ini bisa kalian manfaatkan untuk bermain bersama dan menjadi lebih dekat satu dengan yang lainnya. Terutama jika kalian memiliki lebih dari satu anak. Permainan bisa dijadikan ajang untuk mereka lebih dekat lagi.

7. Belajar Online

Jika selama ini anak cenderung berlajar bersama guru dan teman-temannya di sekolah maupun di tempat les, kali ini kamu bisa mencoba untuk membiarkan anak belajar online. Ada banyak aplikasi belajar online yang menawarkan jasanya lho. Gak sedikit juga yang menawarkannya secara gratis.

Jangan takut perangi corona, karena Tuhan menyertai kita semua. Tetap jaga kesehatan, dan kebersihan ya JCers!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami