Social Distancing Karena Corona Bukanlah Isolasi, Yuk Tetap Terkoneksi Lewat 5 Cara Ini

Social Distancing Karena Corona Bukanlah Isolasi, Yuk Tetap Terkoneksi Lewat 5 Cara Ini

Claudia Jessica Official Writer
1759

Di tengah wabah corona atau yang diberi nama COVID-19 yang kini banyak bermunculan di Indonesia, Presiden Joko Widodo yang akrab disapa dengan panggilan Jokowi menghimbau seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan Social Distancing guna menekan penyebaran virus corona itu sendiri.

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat Minggu (15/3/2020)

Apa Itu Social Distancing?

Social distance atau social distancing adalah keadaan dimana kita menghindari pertemuan besar atau berkumpul di tengah kerumunan.

"Kerumunan orang merupakan subjek yang bergerak. Meskipun angka 25 sering dikutip [sebagai penjelasan untuk kerumunan orang], tetapi saat ini tidak ada definisi resmi - dan itu dapat berubah," kata Gordon, Spesialis penyakit menular Steven Gordon, MD dari Cleveland Clinic.

Menarik diri dari acara yang cenderung dikerumi oran banyak adalah contoh social distancing. Misalnya, pergi ke mall, menonton di bioskop yang banyak orang, dan lain sebagainya.

Contoh lain dari social distance yang memungkinkan kita menghindari kerumunan atau ruang yang ramai seperti:

1. Bekerja dari rumah

2. Menutup sekolah dan beralih menggunakan teknologi online

3. Melakukan pertemuan secara virtual

4. Membatalakn atau menunda yang mempertemukan orang banyak seperti konferensi, acara pernikahan dan lain sebagainya.

Namun, social distancing bukan berarti kamu lagi diisolasi. Ini lho 5 cara terkoneksi sosial meski harus dari rumah.

1. Jalin kembali hubungan dengan diri kamu sendiri

Sebelum kita cari tahu gimana cara bisa terkoneksi sama orang lain, coba deh jadi sedikit kreatif sama apa yang bisa kita lakukan pada diri sendiri dulu. Ini adalah saat yang tepat buat terhubung kembali dengan hal-hal yang sering terabaikan karena waktu yang padat.

2. Gunakan untuk memperdalam hubungan dengan orang terdekat

Kita dibatasi agar mengurangi kegiatan di luar rumah. Ini artinya, kita akan lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang rumah kayak ibu, bapak, adik, atau pasangan. Kapan lagi bisa punya waktu yang cukup banyak buat ngobrol sama mereka?

3. Sebarkan kasih, bukan ketakutan

Dunia butuh kamu yang mau menyebarkan kasih di tengah kepanikan. Gunakan apa yang kita ketahui soal pandemik ini untuk memberikan senyum buat mereka. Harusnya sih, kalau kita peduli pada diri sendiri, kita akan membantu orang lain juga.

4. Perbaiki pola hidup sehat kita

Tidur yang cukup, minum air yang banyak, gunakan waktu untuk masak makanan sendiri di rumah, juga olahraga dalam ruangan bisa dilakukan ketika kita memilih untuk di rumah. Mengurangi konsumsi media sosial juga bisa menjadi salah satu pilihan.

5. Kerja, kerja, kerja

Sebagian kantor memilih untuk membiarkan karyawannya untuk bekerja dari rumah dalam menanggapi wabah corona ini. Kita memang di rumah, tapi ini nggak berarti kita lepas tanggung jawab dengan kerjaan dari kantor.

Pokoknya, apa pun yang JCers lakuin, ingatkan pada diri kalau Tuhan turut beserta bersama dengan kita. Jadi, nggak usah panik. Jaga kesehatan, serahkan sama Tuhan dan lakuin apa yang kita bisa agar tetap sehat.
Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami