Claudia Jessica

Official Writer
463


Siapa yang menginginkan sakit? Tentu saja tidak ada bukan? Kita semua sehat. Namun tidak semua dari kita bisa menjaga kesehatan dengan baik dan benar.

Kebanyakan dari kita merasa tidak nyaman saat sakit kan? Selain itu, ditengah perubahan cuaca belakangan ini dan juga maraknya virus corona, cukup membuat orang-orang resah. Namun, adalah cara untuk menghentikan penyebaran virus?

Salah satu pertahanan dan tindakan terbaik untuk melindungi diri sendiri dan orang lain adalah menghentikan penyebaran virus.

Baca juga: Indonesia Positif Virus Corona, Ngga Perlu Panik. Cukup Lakukan Hal Ini!

Sabun, Air, Ulangi

Penyebaran segala jenis virus dimulai dan diakhiri dengan mencuci tangan. Bukan rahasia lagi bahwa mencuci tangan itu penting. Mungkin kamu akan terkejut, sebuah studi menemukan bahwa hanya 5% orang yang mencuci tangan dengan benar!

"Cara virus berpindah dari satu orang ke orang lain dan dari satu tempat ke tempat lain biasanya bukan karena batuk oleh seseorang yang sakit," jelas pakar penyakit menular anak Frank Esper, MD.

“Sebaliknya, seseorang biasanya batuk di tangan mereka dan terus menyentuh sesuatu. Kemudian orang lain menyentuh benda itu dengan tangan mereka dan tangan mereka berakhir di mulut mereka - bersama dengan virusnya.”

Bisa disimpulkan bahwa virus dapat berpindah melalui sentuhan. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu yang terbaik yang dapat kamu lakukan untuk melindungi dirimu adalah memutus siklus transmisi dengan mencuci tangan secara rutin.

Baca juga: Wabah Virus Corona Terus Meningkat di Korea Selatan, Begini Masa Penularan Virus Kata Ahli

Ingat bahwa virus apapun berpotensi untuk menyebar ke orang lain dengan cara yang sama. Jadi, cucilah tanganmu setiap kali batuk, bersin atau setiap kali berinteraksi dengan seseorang. Bahkan akan lebih baik jika kamu malakukannya juga sebelum berinteraksi dengan orang lain.

Ini adalah salah satu alasan mengapa dokter selalu mencuci tangan sebelum mereka melihat pasien dan lagi setelah itu, kata Dr. Esper.

Apakah aturan cuci tangan berlaku untuk RSV dan anak-anak juga?

Kebersihan tangan yang baik sangat penting dalam hal bayi dan anak kecil juga, terutama dalam hal membantu mencegah penyebaran RSV (Respiratory syncytial virus, menyebabkan infeksi paru-paru dan saluran pernapasan. Umumnya terjadi pada anak usia 2 tahun, namun juga dapat menginfeksi orang dewasa.)

Tetapi sering kali rata-rata anak berusia dua tahun tidak bisa mencuci tangan dengan baik, apalagi cukup mengerti tentang hal ini. Karenanya muncullah alkohon berbasis gosok (seperti hansanitizer), terutama untuk kelompok usia muda, bekerja dengan baik. Namun perlu diperhatikan juga pemakaian yang aman bagi anak-anak.

Baca juga: Cara Mencegah Penularan Virus MERS

Selain itu, penting juga untuk memahami dampak mencuci tangan bagi mereka yang berada di sekitar anak kecil. Juga merupakan ide yang baik untuk berbicara dengan anak-anak untuk tidak menyentuh hidung mereka atau menggosok mata mereka.

Bagaimana menghindari sakit?

·         Rajin mencuci tangan sepanjang hari

·         Jangan menyentuh wajahmu! Jauhkan tanganmudari mata, telinga, hidung, dan mulut

·  Selalu bawa pembersih tangan. (Tempatkan di sekitar rumah atau kantor untuk kenyamanan.)

·         Fokus pada nutrisi yang baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuhmu.

·         Berolahraga secara teratur.

·         Tidur yang cukup.

·         Minum banyak air.

·         Cobalah pelembab udara.

·         Tetap di rumah ketika sedang sakit atau menjaga anak - anak di rumah jika mereka sakit.

·         Berlatih manajemen stres.

·         Tahu kapan harus ke dokter.

Bagaimana JCers? Apakah infomasi di atas cukup membantumu? Tetap sehat dan tidak perlu akan issue virus corona ya! Terapkan pola hidup sehat tidak ada salahnya. Selain itu juga jangan lupa untuk terus berdoa bagi kesehatanmu, keluargamu, orang-orang yang kamu kasihi serta orang yang mengasihimu. Juga untuk negeri Indonesia kita ini agar tetap berada dalam lindungan Tuhan.

Sumber : health.clevelandclinic.org


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3