Puji Astuti

Official Writer
817


Indonesia telah menyatakan positif kasus virus corona, hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (3/3/2020) lalu. Dua orang warga Depok dinyatakan positif terjangkit virus COVID-19 tersebut. Karena hal ini, sebagian masyarakat mengalami kepanikan. Apakah kamu salah satunya? 

Semoga tidak ya, jangan panik atau ketakutan karena berita ini. Hadapi dengan tenang dan tetap waspada sehingga bisa melakukan pencegahan yang diperlukan. 

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah tertular virus corona?

Badan kesehatan dunia WHO memberikan beberapa panduan yang bisa kamu ikuti, yaitu :

- Biasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun

- Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau jika tidak ada tutup dengan sikumu. 

- Hindari kontak dengan penderita flu, batuk atau demam. Jika ada yang sakit, pastikan menjaga jarak setidaknya 2 meter darinya. 

- Jika kamu sedang sakit atau  flu, jangan berangkat kerja atau sekolah. Lebih baik berada di rumah dulu. Selain itu segera mencari perawatan medis.

- Hindari konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang. Daging mentah, susu dan organ hewani harus ditangani dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah sesuai praktik keamanan pangan. 

Sederhana kan ya? Para ahli menyatakan bahwa tindakan pencegahan di atas efektif menghindarkan kamu dari terjangkit penyebaran penyakit corona virus. 

Buat kamu yang panik cari masker dan hand sanitizer, cuci tangan aja pakai sabun

Ya, dua barang ini menjadi barang langka sekarang. Tapi kamu ngga perlu ketakutan hanya karena ngga bisa beli dua barang tersebut. Para ahli menyatakan bahwa dengan cuci tangan dengan sabun sama efektifnya dengan hand sanitizer. Sabunnya pun tidak perlu dengan merek tertentu. 

Untuk masker, kalau kamu ngga sakit, ngga perlu memakainya. Selain itu, masker yang beredar itu pun tidak menjamin 100% kamu tidak terinfeksi virus. Yang perlu kamu perhatikan adalah agar kamu tidak sering-sering memegang wajah, karena virus dapat masuk melalui mulut, hidung dan mata. 

Buat kamu yang gaul, sebaiknya tahan diri dan jangan ke tempat keramaian dulu

Saat ini banyak acara keramaian dibatalkan, mulai dari konser, seminar, dan pertandingan olahraga dibatalkan dan ditunda. Jadi, kamu yang suka gaul, kumpul bareng temen dan melakukan berbagai kegiatan di keramaian sebaiknya dibatalkan dulu ya. 

Ketemu sohib dan keluarga tercinta, modifikasi ucapkan salam dulu yuk

Beberapa orang pasti punya kebiasaan saat bertemu teman, sahabat atau keluarga. Mulai dari jabat tangan, pelukan hangan hingga cium tangan. Karena kontak langsung bisa memungkinkan  penyebaran virus, ungkapan salam bisa dimodifikasi dulu ya. 

Jabat tangan dan cium tangan bisa diganti dengan mendekap tangan sambil menyapa. Nah, untuk yang biasa melakukan pelukan dan cium pipi, sebaiknya tidak dilakukan dulu. 

Kalaupun kalian berjabat tangan, pastikan tidak memegang wajah setelah itu, dan jangan lupa untuk kemudian segera cuci tangan ya. 

Makan sehat  untuk jaga kesehatanmu

Ini penting juga nih, menjaga kesehatan agar tetap prima dengan makan makanan sehat. Dapatkan asupan vitamin dengan makan buah dan sayur secukupnya. Jangan lupa untuk minum air putih, sehingga tubuhmu tidak mengalami dehidrasi. 

Yang paling penting,tetap berdoa dan percaya kepada  Tuhan

Ini adalah kuncinya, karena tempat perlindungan kita adalah Tuhan. Jadi jangan lupa berdoa dan merenungkan Firman Tuhan agar imanmu tetap kuat. Percayalah bahwa di dalam Tuhan tidak ada yang mustahil, kuasa darah Yesus sanggup menyembuhkan segala sakit penyakit. 

Jadi, jangan biarkan pikiranmu dikuasai oleh ketakutan. Amsal 17:22 berkata, “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” 

Untuk itu, tetaplah bersukacita dalam segala perkara. Percaya Tuhan yang memegang kendali dalam kehidupan kita, dan tidak ada apapun yang terjadi tanpa seijin-Nya. 

Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. Mazmur 46:2

Baca juga : 

Ini Fakta Tentang Gereja Shincheonji Yang Dianggap Penyebar Virus Corona di Korea Selatan

Buat Para Pekerja, Tetap Waspada Jaga Kesehatan Selama Wabah Corona Pakai 7 Langkah Ini
Kuatir Tertular Virus Corona, Dubes RI Sediakan Pos Keamanan Bagi WNI di Korea Selatan

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sastrapin 8 September 2020 - 04:21:18

menyembah

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Valentino Rumaseb 18 September 2020 - 21:07:46
Shalom, Salam sejahtera, salam kenal, saya Valent ... more..

Dosma Panjaitan 17 September 2020 - 16:23:12
Shalom bapak/ibu. Saya minta dukungan doa dari bap... more..

Rico Andhika 1 September 2020 - 22:45:30
Saya mohon bantuan doanya untuk diberikan jawaban ... more..

Edward Budi Setiawan 1 September 2020 - 12:24:55
Supaya Yesus, memberkati, mengurapi & menyertai se... more..

advertise with us


7182

advertise with us