Lori

Official Writer
1738


Gereja adalah salah satu tempat dimana orang Kristen bertumbuh dalam iman. Di gereja orang Kristen bisa berkumpul, menyembah Tuhan dan bahkan membangun komunitas antara orang percaya yang saling terhubung. Di sana kita juga bisa mendapatkan mentor yang bisa membimbing kita secara rohani.

Sampai hari ini, peran gereja untuk pertumbuhan rohani benar-benar sangat penting. Tapi bukan berarti gereja adalah satu-satunya tempat bagi orang Kristen bisa mengalami pertumbuhan. Karena dimanapun kita berada, kita harusnya bisa makin bertumbuh dan lebih dekat dengan Tuhan.

Karena itulah, selain hadir di gereja orang Kristen juga bisa bertumbuh dan semakin dekat dengan Tuhan lewat 4 cara ini.

1. Membangun hubungan yang intens dengan Tuhan

Pertumbuhan rohani butuh intensitas hubungan antara kita dengan Tuhan.

Satu cara hal yang bisa membuat kita bisa bertumbuh di dalam Tuhan adalah seberapa intensnya kita terhubung dengan Dia. Entah itu lewat waktu saat teduh, membaca Alkitab ataupun waktu doa kita.

Dan untuk semakin terkoneksi, perlakukanlah Tuhan seperti teman sendiri. Habiskan waktu bersama, ngobrol, bertanya dan mengundang Dia setiap saat dalam hidupmu.

2. Pujian penyembahan

Memuji dan menyembah Tuhan baik secara pribadi maupun bersama dengan teman satu sel group juga bermanfaat membangun hubungan yang lebih dalam dengan Tuhan.

Ambillah waktu untuk memuji dan menyembah Dia secara khusus, bisa di pagi atau malam hari. Angkatlah syukur dan keagungan atas segala hal yang sudah lakukan dalam hidupmu.

Di dalam Yohanes 4: 23, Tuhan disenangkan saat Dia disembah dalam roh dan kebenaran. Karena itulah kita perlu jadi penyembah-penyembah yang sejati.

"…bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian."


Baca Juga: 7 Hal yang Orang Kristen Perlu Lakukan Supaya Jadi Terang di Luar Gereja


3. Renungkan Firman Tuhan

Menghabiskan waktu lebih lama untuk merenungkan firman Tuhan akan membawa kita masuk pada pengenalan yang mendalam dalam Tuhan.

Setiap firman yang disampaikan akan selalu memberikan pesan yang kuat. Dan semakin kita banyak tahu soal firman Tuhan, semakin kita lebih mudah memahami tujuan dan kehendak Tuhan atas hidup kita.

Dampak nyata yang bisa kita dapatkan dari rajin membaca firman Tuhan dan menerapkannya dalam hidup kita adalah bahwa kita pasti akan mengalami transformasi besar secara rohani.

4. Membangun Komunitas Rohani

Kita diciptakan oleh Tuhan untuk saling melengkapi dengan orang lain. Kita gak bisa bertumbuh secara rohani sendirian. Karena itu kita butuh orang lain, khususnya orang-orang seiman lainnya, untuk membantu kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan.

Di dalam komunitas rohanilah kita bisa dibentuk, ditegur dengan kasih dan diajarkan tentang menjadi pribadi yang semakin dewasa dalam iman. Kita mungkin akan digeser oleh teman-teman di sekitar kita, tapi itulah seni menjadi pribadi yang semakin bertumbuh dalam Tuhan.

“Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.” (Amsal 27: 17)

Apakah kamu adalah orang yang membatasi pertumbuhan rohanimu hanya sebatas di gereja saja? Kamu bisa bergabung dengan komunitas Kristen yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Solusi Community Film and Media. Silahkan kunjungi laman Facebooknya di https://www.facebook.com/groups/solusifilmdanmedia/.

Tuhan Yesus Memberkati.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sastrapin 8 September 2020 - 04:21:18

menyembah

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Valentino Rumaseb 18 September 2020 - 21:07:46
Shalom, Salam sejahtera, salam kenal, saya Valent ... more..

Dosma Panjaitan 17 September 2020 - 16:23:12
Shalom bapak/ibu. Saya minta dukungan doa dari bap... more..

Rico Andhika 1 September 2020 - 22:45:30
Saya mohon bantuan doanya untuk diberikan jawaban ... more..

Edward Budi Setiawan 1 September 2020 - 12:24:55
Supaya Yesus, memberkati, mengurapi & menyertai se... more..

advertise with us


7182

advertise with us