Surat Dari Tuhan Untuk Kamu yang Sudah Lama Tak ke Gereja

Surat Dari Tuhan Untuk Kamu yang Sudah Lama Tak ke Gereja

Lori Official Writer
453

“Saya mengasihi Yesus, tetapi saya tidak pergi ke gereja”

“Saya orang Kristen, tapi saya tidak harus pergi ke gereja untuk mengasihi Yesus.”

Jelas kita memang tidak perlu melakukan apapun untuk Tuhan, karena keselamatan kita juga tidak didasarkan pada usaha maupun jumlah kehadiran kita di gereja.

Tetapi saat kita sudah memberikan hidup kita untuk Tuhan, secara alami kita mau belajar lebih banyak soal Dia. Untuk jadi bagian dari tubuh Kristus, kita dipanggil untuk menghidupi iman yang aktif.

Saat kita benar-benar bertobat, berserah diri dan memilih untuk mengikut Yesus, kita diberi hati yang baru (2 Korintus 5: 17). Kita diberi kesempatan baru untuk membuat pilihan sehari-hari untuk meninggalkan kehidupan yang lama dan hidup dalam kebenaran.

“Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.” (1 Yohanes 2: 6)

Tentu saja ada banyak alasan yang membuat seseorang mundur dari gereja. Beberapa di antaranya adalah kecewa dengan perlakuan pemimpin dan juga pelayan gereja, pemimpin tidak menjadi teladan, kesombongan serta kemunafikan yang lainnya. 

Tapi faktor-faktor ini seharusnya tidak mempengaruhi kita menjauhi Tuhan yang suci, sempurna dan penuh kasih.

Gereja pada dasarnya bukan bicara soal bangunan atau serangkaian program acara. Tapi gereja harusnya sebuah persekutuan atau ikatan keluarga, yang tujuannya sama-sama mencari Tuhan, melayani dan membagikan kebenaran kepada orang lain.

 

Baca Juga: Gerejanya Masih Jalan-jalan? Ini Lho Tujuan Tertanam di Satu Gereja Lokal

 

Kita melihat di hampir isi Alkitab, Kristus sendiri adalah bagian dari gereja, dan bahkan murid-murid-Nya juga.

“Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10: 24-25)

Di antara sekian banyak faktor yang menyebabkan banyak orang mundur dari gereja, apa yang sebenarnya Tuhan harapkan untuk kita lakukan? 

Kita tidak diminta untuk mundur dari gereja atau bahkan tetap menghadiri ibadah dan duduk di bagian belakang sembari mengkritisi pemimpin atau pelayan. Sebaliknya Tuhan mau kita tetap aktif melayani dan terlibat serta terus menunjukkan kasih yang nyata bagi semua orang. Kita harus tetap memandang kepada Tuhan dan teladan-Nya.

Yesus adalah kepala dari gereja. Melalui gereja, Yesus ingin menyampaikan harapan bagi dunia dan menjadi jembatan untuk memuridkan bangsa-bangsa. 

“Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” (Matius 16: 18)

Jadi jika Anda mengaku mengenal dan mengasihi Tuhan, tapi tidak ingin menjadi bagian dari gereja-Nya mungkin Anda perlu memeriksa kembali hubungan Anda dengan Dia. Karena saat kita benar-benar hidup di dalam kasih-Nya, kita tidak lagi mudah terpengaruh dengan apa yang terjadi pada pemimpin atau pelayan gereja. Tetapi kita akan tetap berdiri teguh menghidupi kebenaran firman Tuhan sekalipun orang percaya lainnya tidak lagi menunjukkan teladan imannya.

Jadi, apakah Anda mau kembali bertemu dengan Tuhan dan bersekutu kembali dengan orang-orang percaya lainnya tanpa menghakimi dosa-dosa mereka? Tuhan rindu Anda kembali dan menjadi anggota gereja-Nya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami