Lori Mora

Official Writer
1388


Hidup jadi orang Kristen gak semudah yang terlihat. Untuk menjadi serupa dengan Kristus, kita perlu melakukan beberapa langkah besar dan hal itulah yang jadi kekuatan kita dan yang akan mengubahkan hidup kita.

Langkah itu sendiri sepadan dengan perubahan yang kita buat dalam hidup kita sehingga kita bisa menerangi jalan dan hidup seperti yang Tuhan kehendaki.

Hidup sebagai orang Kristen, bukan hanya di hari Minggu dan kumpul bersama orang-orang seiman lainnya. Tapi kita juga harus bisa membawa hubungan kita dengan Tuhan untuk mempengaruhi hidup orang di luar gereja. Sehingga mereka bisa menjadi penasaran dengan Tuhan yang kita sembah dan berniat untuk mengenal pribadi-Nya.

Waktu kita bisa jadi terang di luar sana, maka akan lebih banyak orang mencari Tuhan. Karena itu tindakan kita sangat berpengaruh pada cara pandang orang lain atas kita.

"Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." (Matius 5: 14-16)

Di ayat ini kita disebut sebagai TERANG DUNIA, dimana terang kita bercahaya di depan orang lain.

Lalu bagaimana cara untuk menjadi terang bagi orang lain selain di gereja?

Ada 7 hal yang orang Kristen perlu lakukan, diantaranya:

1. Jadi pemimpin di komunitas-komunitas yang ada

Seseorang akan menghormatimu bukan karena kamu sukses atau karena jabatan yang kamu pegang. Tapi orang lain akan memperhatikanmu saat kamu menjalani hidupnya dengan benar.  

Orang-orang akan melihat sikap dan pandanganmu tentang kehidupan serta buah yang kamu hasilkan dari dalam dirimu. Sehingga dengan itu, mereka akan punya keinginan untuk mengenalmu lebih lagi. Saat hal ini terjadi, inilah waktunya untuk membuka diri terhadap orang lain dan bertindak sebagai pemimpin yang menghidupi firman Tuhan.

2. Ingat Tuhan membimbing dan mengamati kita

Kalau kita berusaha untuk menjadi lebih seperti Kristus dan ingat bahwa Allah membimbing kita dan memperhatikan kita, itu mengubah motif kita.

Ini bisa berdampak pada bagaimana kita bereaksi terhadap situasi tertentu. Sekali lagi, ini sangat penting karena bagaimana kita menggambarkan diri kita sendiri kepada orang lain harus secara langsung mencerminkan hubungan kita dengan Tuhan.

3. Saling membantu satu sama lain

Kita hidup dalam komunitas kecil, jadi saat ada orang yang suka rela atau saling membantu, maka orang lain akan memperhatikannya.

Hal ini bisa mempengaruhi orang lain untuk meniru kebiasaan baik ini. Dengan melakukan ini, kita bisa membuka pintu yang sama sekali baru bagi orang lain untuk diperkenalkan kepada Yesus hanya dengan secara sukarela bersama mereka.

Hal inilah yang diungkapkan berulang kali di dalam Alkitab, membantu orang lain adalah sesuatu yang sudah mengakar dalam diri kita. Waktu kamu membantu orang lain, kamu sudah jadi berkat bagi mereka dan bagi Tuhan.

4. Bagikan kesaksianmu kepada orang lain

Ini adalah salah satu cara paling pribadi untuk membagikan kasih Yesus. Ada banyak hidup orang lain berubah setelah mendengar kesaksian orang lain.

Membagikan injil adalah gaya hidup orang Kristen. Karena dengan kesaksian kita, kita bisa membagikan kasih Tuhan yang kita alami.

Karena itu, jangan ragu untuk membagikan apa yang kamu alami kepada orang lain.

5. Minta pimpinan Roh Kudus untuk menghadapi apapun

Hal ini penting karena dengan tuntunan Roh Kudus lah kita bisa melakukan hal-hal yang gak terduga.

Di tempat kerja, kita bisa saja menghadapi banyak masalah. Dan respon kita menunjukkan nilai siapa kita. Karena itu, saat terjadi sesuatu mintalah Roh Kudus untuk memimpinmu menghadapinya. Dengan bantuan Roh Kudus kita bisa bertindak sesuai dengan apa yang Tuhan mau, bukan dengan emosi kita sendiri.

Orang lain akan menghargai responmu dan menilai kalau kamu bisa jadi penengah masalah.


Baca Juga: Mengubah Tragedi Menjadi Berkat


6. Kuasai firman Tuhan

Orang Kristen gak cukup hanya mendengar khotbah yang menginspirasi setiap minggu. Tapi orang Kristen dipanggil untuk menghidupi firman itu dalam hidupnya.

Karena itulah penting untuk kita menguasai setiap bagian Alkitab. Sehingga kemanapun kita pergi, kita bisa menyampaikan firman Tuhan kepada siapapun yang kita temui.

7. Mengisi waktu luang untuk melakukan hal-hal yang memuliakan Tuhan

Tuhan mau kita hidup bahagia dan hidup sepenuhnya. Karena itulah di dalam Alkitab disampaikan bahwa ‘dalam segala hal lakukanlah seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.’

Mengembangkan talenta yang kita punya bahkan termasuk di dalamnya. Seperti contoh kalau kamu diberi talenta untuk bernyanyi, maka kembangkanlah talenta tersebut untuk menghibur orang lain dan juga memuliakan Tuhan. Kalau kamu punya talenta menulis, tulislah kisah yang menginspirasi, mengedukasi dan yang mengubahkan hidup orang lain.

Lakukanlah itu dengan senang hati dan alamilah pertumbuhanmu bersama dengan Tuhan dan juga hubungan yang lebih dekat dengan orang lain.

Tuhan sudah memberikan semua sumber daya yang kita butuhkan di tangan kita, jadi pakailah itu supaya orang lain bisa merasakan kasih Tuhan melalui hidup kita.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7253

Mitra Banner Maret Week 3