Claudia Jessica

Official Writer
469


Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan kematian Asraf Sinclair yang terbilang mendadak. Bagaimana tidak, seperti yang media katakana bahwa pola hidup Asraf adalah pola hidup yang sehat namun beliau meninggal karena serangan jantung Selasa (18/2/2020) lalu.

Selain itu seorang teman penulis juga telah berpulang ke rumah Bapa dengan kasus yang sama yaitu, serangan jantung. Persis seperti Asraf, beliau juga tidak memiliki gejala penyakit apapun.

Lalu, sebenarnya bagaimana serangan jantung itu? Apakah mungkin kita juga sempat mengalaminya? Nyeri dada yang mendadak, dada terasa seperti diremas, adalah hal yang klasik.

Baca juga: Terjadi Tiba-tiba, 3 Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan Saat Alami Serangan Jantung

Seorang ahli jantung Venu Menon, MD mengatakan, bukan itu yang sebenarnya dialami oleh kebanyakan pasien serangan jantung.

"Sebagian kecil pasien memiliki gejala klasik itu," kata Dr. Menon. "Banyak orang lain memiliki gejala yang lebih halus dan dapat dikacaukan dengan kondisi lain." Ada gejala lain yang tidak pernah kita curigai. Menurut Dr. Menon, pasien paling sering melaporkan:

Nyeri dada seperti mulas. Sangat umum bagi serangan jantung untuk merasa seperti refluks asam.

Sesak napas. Beberapa serangan jantung tidak menyebabkan rasa sakit sama sekali. Ini “serangan jantung diam” yang paling umum ditemukan pada orang dengan diabetes orang dewasa yang lebih tua dan mereka yang telah memiliki bedah bypass.

Kelelahan yang luar biasa. Gejala ini paling umum ditemui pada pasien usia lanjut dan dapat salah didiagnosis sebagai penyakit mirip flu.

Mual dan berkeringat. Sementara gejala-gejala ini dapat datang dengan nyeri dada yang berat, mereka juga dapat terjadi dengan sendirinya, terutama pada wanita. Gejala-gejala ini biasanya menyertai serangan jantung ke dinding inferior (bawah) jantung.

Baca juga: Gak Pengen Jantungnya Sakit? Rajin Minum Jus Buah Yuk!

Kapan kita harus waspada?

Gejala muncul secara tiba-tiba dan bertahan selama lebih dari lima hingga 10 menit.

Sesak napas dan ketidaknyamanan dada terjadi saat sedang istirahat.

Mengalami gejala dan merupakan orang dewasa paruh baya atau lebih tua dan memiliki riwayat merokok, diabetes atau memiliki riwayat keluarga yang kuat dengan penyakit jantung. Meskipun wanita premenopause biasanya terlindungi dari serangan jantung, wanita yang lebih muda yang merokok, memiliki diabetes atau memiliki disfungsi ovarium juga rentan.

Ini akan memerlukan evaluasi klinis bersama dengan tes darah dan elektrokardiogram (EKG) untuk mendiagnosis secara pasti serangan jantung, kata Dr. Menon.

JANGAN MENGEMUDI KE UGD

Jika kamu mungkin mengalami gejala serangan jantung, hubungi 119 untuk ambulans segera membawamu ke rumah sakit. Jangan menyetir sendiri atau minta teman mengantarmu ke ruang gawat darurat.

“Sekitar satu dari 300 orang yang mengalami gejala serangan jantung akhirnya mengembangkan aritmia yang mengancam jiwa dalam perjalanan ke rumah sakit,” kata Dr. Menon. "Jika kamu berada di ambulans, tim medis darurat akan menghubungkanmu dengan EKG dan akan dapat memulai perawatan segera."

Baca juga: Ario Pamungkas: Saat Anakku Divonis Alami Kebocoran Jantung, Mujizat Tuhan Sungguh Nyata!

Apa serangan jantung tidak merasa seperti:

Tidak semua nyeri dada adalah gejala serangan jantung. Nyeri tidak mungkin terkait dengan jantung saat:

Sesaat, hanya berlangsung selama beberapa detik.

Terasa seperti sensasi menusuk.

Berada di area dada kamu yang kecil dan terlokalisasi dengan baik.

Dapat direproduksi saat kamu menekan dadamu atau menggerakkan lenganmu.

Radiasi di bawah perut dan ke kakimu.

Cara terbaik melindungi diri dari serangan jantung adalah makan makanan yang sehat, melakukan aktivitas aerobik yang teratus, menghindari rokok baik sebagai perokok aktif ataupun pasif, mengelola diabet (jika punya), lakukan pemeriksaan rutin, mengendalikan kadar kolesterol.

Jika kamu mendapati perubahan tiba-tiba dalam kemampuanmu untuk melakukan aktivitas fisik, segeralah pergi ke dokter. Jagalan bait sucimu.

Baca juga: 5 Pencegahan Serangan Jantung di Usia Muda. Ingat Hidupmu Itu Berharga

Sumber : health.clevelandclinic.org


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7269

Banner Mitra April Week 2