5 Pencegahan Serangan Jantung di Usia Muda. Ingat Hidupmu Itu Berharga

Health / 13 December 2017

Kalangan Sendiri

5 Pencegahan Serangan Jantung di Usia Muda. Ingat Hidupmu Itu Berharga

Naomii Simbolon Official Writer
3031

Jantung merupakan fungsi organ yang paling penting bagi tubuh kita. Hal ini karena jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, jika jantung bermasalah, akibatnya akan sangat fatal. Bayangkan saja, jika jantung yang bertugas menyalurkan darah ke seluruh tubuh tiba-tiba saja terganggu. Darah nggak bisa menyebar dengan semestinya dan ini akan mengakibatkan kematian bagi si penderita.

Itu sebabnya, sebagai manusia kita perlu menjaga organ tubuh yang satu ini dengan sangat baik supaya terus terlindungi.

Bagaimana caranya? Berikut sejumlah tips buat kamu:

1.    Lakukanlah gerakan aktif


Yap! Cobalah untuk latihan fisik secara rutin, misalnya: menggunakan tangga daripada lift, turun dari bus dan berhenti beberapa meter sebelum sampai tujuan kamu dan sisanya kamu bisa berjalan.

Olahraga atau lari pagi-pagi dan lain sebagainya. 30 menit aktivitas dalam sehari dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

2. Berhenti merokok dan lindungilah dirimu dari tembakau


Sebagai anak Tuhan, tentu merokok bukanlah hal yang baik. Namun nggak sedikit orang sekarang bahkan orang Kristen memutuskan untuk merokok dengan alasan candu dan susah untuk lepas.

Nah, kalau kamu mengasihi tubuhmu dan jantungmu, sebaiknya berhentilah merokok sejak sekarang.

Merokok bisa menyebabkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Itu sebabnya, hindarilah lingkungan yang penuh asap, seperti paparan asap rokok.

3.   Menjaga berat badan tapi bukan berarti diet parah


Menjaga berat badan dan membatasi asupan garam akan membantu kamu untuk mengontrol  tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tapi perlu kamu ingat, menjaga berat badan bukan berarti diet dan jarang makan, justru komsumsilah makanan yang sehat yang bikin berat badan kamu tetap ideal dan bugar.

4.  Mengkontrol tekanan darah


Usahakan supaya tekanan darah kamu dapat terkonrol dengan rutin melakukan mengecekan ke dokter atau alat cek tekanan darah dirumah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko nomor satu untuk stroke dan faktor utama bagi sebagian penyakit jantung. Dan paling parah adalah, jika kadar gula dan darah kamu tinggi, ini akan menjadi risiko yang paling besar untuk kamu terkena stroke.

Jadi sebaiknya terus kontrol tekanan darah kamu dan segera komsumsi makanan yang sehat supaya normal kembali.

5.  Makan makanan yang sehat


Makan banyak buah dan sayuran segar, dan berbagai produk gandum, daging tanpa lemak, ikan, kacang polong dan makanan rendah lemak jenuh lainnya akan bikin kamu semakin sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

Sebaiknya waspadalah terhadap makanan olahan, yang seringkali mengandung kadar garam yang tinggi. Dan paling penting, banyak minum air.

BACA JUGA: Serba Salah, Ternyata Sering Olahraga Bikin Masalah

Demikian 5 tips supaya kamu bisa terhindar dari kematian akibat penyakit jantung. Teruslah rawat dan lindungi jantungmu sejak sekarang. Semoga artikel ini menginspirasi.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami