Dari Kanker Sampai Jantung, Ini 5 Penyakit Mematikan yang Banyak Renggut Nyawa

Dari Kanker Sampai Jantung, Ini 5 Penyakit Mematikan yang Banyak Renggut Nyawa

Lori Official Writer
608

Virus Covid-19 realitanya menjadi penyakit yang menyebabkan kematian yang sangat tinggi di berbagai belahan negara. Namun selain virus yang satu ini, terdapat beberapa penyakit yang tak kalah mematikan dan telah merenggut banyak nyawa. 

Berdasarkan data pendukung dari WHO dan juga himpunan dari berbagai sumber kesehatan, Jawaban.com merangkum 5 penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian, diantaranya:

1. Kanker

Pada tahun 2018, WHO mencatat bahwa sekitar 9.6 juta orang di dunia meninggal dunia akibat kanker. 

 

Baca Juga: Didiagnosa Kanker Limfoma, Ari Lasso: Ini Ujian yang Tuhan Pasti Tahu Gue Bisa Lalui

 

Mengerikannya, kanker bahkan tidak mengenal usia. Hal ini terbukti dari data yang temukan bahwa sekitar 300.000 penyidap kanker merupakan anak berusia 0-19 tahun. 

Kanker prostat, sebagaimana dikabarkan baru-baru ini diidap oleh mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono merupakan kanker yang sangat berbahaya. Sementara bagi kaum perempuan, kanker payudara menjadi penyakit yang paling umum dialami menyusul kanker ovarium dan serviks.

Selain itu, terdapat juga kanker usus, paru-paru, hati, leukimia, limfoma dan esophageal. Dimana masing-masing kanker memiliki risiko kematian yang sangat tinggi dan kemungkinan sembuh yang bisa diusahakan dengan beragam program perawatan. Bahkan semakin awal kanker terdeteksi di dalam tubuh, maka kemungkinan untuk sembuh pun akan jauh lebih tinggi.

2. Serangan Jantung

Jantung merupakan organ yang berperan penting dalam proses memompa darah. 

Namun WHO mengkategorikan penyakit jantung sebagai penyakit yang menyebabkan banyak kematian secara global menilik dari data bahwa sekitar 17.9 juta orang meninggal dunia akibat penyakit jantung.

Adapun penyakit jantung ini bisa meliputi jantung koroner, serebrovaskuler, jantung rematik dan sebagainya. 

 

Baca Juga: 10 Penyakit Langka Ini Muncul di Berbagai Negara, Benarkah Pertanda Kiamat? (Bagian 1)

 

Penyebab utama penyakit jantung adalah pola makan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, merokok, minum alkogol, olahraga berlebihan dan kurang tidur.

Untuk mencegah meningkatkan kasus kematian akibat serangan jantung, badan kesehatan menyarankan kepada masyarakat (khususnya mereka yang rentan dengan gangguan jantung) untuk menghindari pola hidup tidak baik seperti rokok, alkohol, stress dan makan-makanan yang tinggi koleksterol dan lemak.

3. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat secara efektif menggunakan insulin atau hormon pengatur kadar gula darah di dalam tubuh. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami