Anak Terlanjur Kecanduan YouTube? Catat Daftar Channel YouTube Yang Aman Untuk Anak
Sumber: Jawaban.com

Parenting / 30 June 2023

Kalangan Sendiri

Anak Terlanjur Kecanduan YouTube? Catat Daftar Channel YouTube Yang Aman Untuk Anak

Claudia Jessica Official Writer
4450

Sahabat, sekarang ini udah gak asing lagi bukan kalau kita mendapati anak kecil yang lagi nonton YouTube? Hal seperti ini kita temukan dimana-mana. Namun, hal ini sendiri dapat kita ibaratkan menjadi pisau bermata dua karena di dalamnya terdapat banyak hal positif namun juga banyak hal negatif.

Sampai saat ini, YouTube sendiri merupakan salah satu situs yang paling popular dikunjungi anak-anak. Kendati demikian, kita tidak bisa begitu saja menutup mata dengan kehadiran konten yang belum layak untuk si kecil.

Karenanya, penting bagi kita memilah tontonan untuk si kecil agar sesuai dengan usianya dan nilai-nilai yang positif baginya. Selain sebagai hiburan, YouTube juga bisa menjadi sarana pembelajaran si kecil lho.

 

Baca juga: Dokter Ini Peringatkan Orangtua Soal Video Youtube yang Selipkan Tips Bunuh Diri ke Anak

 

Nah supaya Sahabat gak bingung, Jawaban.com sudah pilah nih channel yang cocok ditonton untuk si kecil.

1.      Kok Bisa

Ketika si kecil mulai memasuki fase banyak bertanya, channel ini cocok banget nih! Konten yang dimuat didalamnya banyak sekali jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan anak.

Selain itu vidio disini juga sangat friendly dengan anak-anak karena animasinya yang mudah dipahami.

2.      5 Minutes Crafts Kids

5 Minutes Crafts Kids sangat cocok untuk melatih kreativitas anak-anak. Di dalamnya mengandung konten seperti membuat kreasi barang-barang baru dari barang-barang bekas. Ada juga menggambar dengan menggunakan media yang selama ini mungkin nyaris tidak terpikirkan.

Channel ini juga menyajikan kreasi DIY (Do It Yourself) yang mudah dilakukan di rumah dengan durasi yang singkat!

 

Baca juga: Rewel Karena Kecanduan Youtube, Detox Anak Lewat 3 Cara Ini

 

3.      Makemegenius

Makemegenius menyediakan sejumlah konten tentang sains yang dikemas dengan menyenangkan. Vidionya juga dikemas dengan sebuah animasi sehingga menarik dan mudah dipahami bagi anak-anak.

Salah satu kontennya berisi tentang ‘Why & how to brush your teeth?’

4.      Pinkfong! Kid’s Songs and Stories

Ini adalah channel yang sempat viral beberapa waktu lalu karena lagu ‘Baby Shark’ nya. Tidak hanya anak kecil saja yang menyanyikan lagu ini bahkan banyak orang dewasa pun ikut kecanduan lagu ini.

Selain itu masih banyak lagi berbahasa Inggris dengan animasi berwarna yang menarik perhatian anak-anak. Tidak hanya lagunya menyenangkan, anak juga bisa ikut menari karenanya. Ya, bisa dihitung sebagai olah raga ya.

 

Baca juga: 4 Channel YouTube Ini, Bantu Para Orangtua Didik Anak Semakin Pintar!

 

5.      National Geographic Kids

Kalau channel ini dibuat khusus untuk anak-anak dari National Geographic. National Geographic Kids menyajikan konten tentang ilmu pengetahuan tentang alam semesta dan juga flora dan fauna. Gambar yang disajikan pun penuh dengan warna dan dibuat agar anak-anak mudah mencerna informasi yang terkandung di dalamnya.

6.      Superbook Indonesia

Nahhh, channel yang satu ini merupakan channel rohani yang mengisahkan cerita-cerita yang ada di dalam Alkitab. Bersama dengan Joy, Christ dan Gizmo kita akan dibawa kembali ke masa lalu dimana masa para nabi masih hidup.

Superbook sendiri mengadaptasi kisah di Alkitab dan menjadikannya sebagai tayangan animasi yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

 

Baca juga: Lewat Sebuah Video, Cewek Youtuber Kristen Ini Blak-blakan Sebut Mabuk Itu Dosa

 

Gak cukup dengan subscribe channel itu saja Sahabat, kamu juga setidaknya perlu mendapingi anak-anak ketika mereka menoton. Tujuannya adalah untuk membantu si kecil memahami konten yang di dalamnya dan juga untuk menghindari konten-konten yang tidak diinginkan.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami