Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
988


Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat meminta gereja untuk mendukung program pemerintah daerah agar masyarakat membudidayakan pohon kelor dan menjadikan daun kelor menjadi sumber makanan atau sayuran utama. 

"Jadi kalau ada yang mau menikah. Para perempuannya harus makan kelor. Kalau mereka tidak makan kelor maka mereka tidak dapat restu dari pihak gereja," demikian pinta Viktor kepada gereja-gereja di NTT. 

Tujuannya adalah untuk menurunkan tingkat kurang gizi dan stunting (kekerdilan) dan merubah pola pikir masyarakat NTT bahwa daun kelor adalah sayuran kelas dua, dimana mereka sering berkata bahwa kalau sudah tidak punya uang baru makan daun kelor. 

"Kalau kita mengkonsumsi kelor secara rutin maka sesungguhnya kita tidak perlu lagi minum susu. Kelor di atas dari susu. Kelor harus kita propagandakan terus di NTT," demikian pernyataan Viktor saat berbicara di Rumah Jabatan Bupati Malaka di Haitimuk, Minggu (09/02/2020) malam, seperti yang dirilis oleh Kompas.com.

Ia juga menyebut bahwa pohon kelor atau marungga sebagai tanaman ajaib, dan melihat bahwa wilayah Malaka adalah tempat terbaik untuk budi daya tanaman tersebut. Karena selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, kelor juga memiliki nilai ekonomis yang bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Viktor mengungkapkan bahwa jika masyarakat bisa menanam 100 pohon kelor, maka mereka bisa menyekolahkan anak hingga jenjang S2. Hal ini karena NTT mentargetkan untuk mengekspor produk jadi dari daun kelor ke luar negeri, yang menurut pemerintah NTT pada pertengahan 2019 lalu sudah ada permintaan dari Jepang.

Selain itu daun kelor juga bisa diolah menjadi berbagai produk, mulai dari makanan, teh, hingga produk kecantikan. Semoga niat baik Gubernur NTT ini mendapat dukungan dari semua pihak, sehingga NTT tak lagi dikenal sebagai daerah tertinggal, namun menjadi daerah yang makmur, dimana pemerintah, gereja dan masyarakat bergandeng tangan untuk mewujudkan hal tersebut. 

Baca juga:
Sumber : Kompas.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ogem Ogem 30 March 2020 - 12:52:32

teknik pergerakan kamera seperti ini di kenal deng.. more..

0 Answer

Syarif Hidayatulloh 30 March 2020 - 10:16:05

apa yg dimaksud dengan sosial distancing

0 Answer

Dhifa Qonita07 29 March 2020 - 12:57:33

Suku bangsa amerika berdasarkan fisiknya

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Week 3