Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
617


Tewasnya legenda basket Kobe Bryant dan putrinya Gianna Bryant atau yang sering dipanggil Gigi dalam kecelakaan helicopter pada Minggu, 26 Januari 2020 lalu viral dan menjadi trending topik dunia, karena kejadian tragis tersebut sangat tidak terduga.

Berbagai potret kenangan ayah dan anak yang terlihat sangat dekat itu tersebar melalui berbagai social media. Kita dapat melihat bagaimana Gigi mengidolakan sang ayah dan bahkan mempengaruhi pilihannya berkarir walau masih di usia remaja dan kecintaannya kepada dunia basket. Ya, Gigi mengikuti jejak sang ayah ingin menjadi pebasket professional.

Gigi diberi julukan oleh Kobe sebagai “Mambacita” mengikuti julukannya yang ia berikan kepada dirinya sendiri,”Black Mamba.” Sejak kecil Gigi selalu mendampingi sang ayah saat dalam pertandingan, bahkan hingga Kobe pensiun, keduanya sering terlihat menonton pertandingan basket bersama.

Kecintaan orangtua pada karirnya dapat mempengaruhi anaknya

Dari kisah Kobe dan Gigi di atas, kecintaan orangtua terhadap karir atau pekerjaannya bisa mempengaruhi pilihan karir anak ke depannya. Apakah kamu juga mengalami hal serupa?

Siapa sih yang memberi pengaruh terbesar saat kamu memilih jurusan kuliah dan membangun karirmu? Apakah seperti Gigi yang sangat dipengaruhi sang ayah, atau mungkin kamu lebih dekat dengan ibumu?

Hal itu ngga salah kok, yang terpenting adalah seperti Kobe dan Gigi, kamu melakukannya karena kamu mencintai apa yang kamu lakukan. Bukan hanya untuk  mewujudkan  impian atau keinginan orangtuamu ya.

Ini caranya orangtua mempengaruhi karir anak

Berdasarkan survei dan analisa yang dilakukan New York Times, anak bukan hanya mewarisi nilai-nilai yang diyakini oleh orangtuanya saja, namun diyakini juga akan mewarisi karir dan mengikuti jejak orangtuanya  baik itu profesi atau mungkin bidang yang digelutinya akan serupa atau memiliki hubungan.

Beberapa karir yang sering diwarisi oleh anak seperti pengacara, polisi, petugas militer, koki dan dokter. Anak laki-laki biasanya akan menjadi ilmuwan, jika sang ibu adalah ilmuwan, demikian kutipan yang dirilis oleh Theladders.com. Sedangkan anak perempuan, biasanya suka mengikuti jejak sang ayah dalam karir atau bidang yang digelutinya.

Menurut penelitian The Times, anak mengikuti karir orangtuanya karena kedekatan di rumah. Mereka belajar bagaimana pekerjaan orangtuanya ketika sang orangtua pulang kerja dan mendiskusikan apa yang terjadi dan dikerjakannya dengan seisi rumah.

Atau biasanya orangtua akan dengan bangga sesekali mengajak buah hatinya berkunjung ke tempat kerjanya, dan menunjukkan apa yang ia kerjakan, siapa rekan-rekan kerjanya. Kecintaaan orangtua pada pekerjaannya itulah yang akan menular dan mempengaruhi  anak.

Sekarang, coba cek deh apakah karirmu sekarang adalah sesuatu yang kamu warisi dari orangtuamu? Mungkin itu kecintaan pada bidang karirmu, atau hobimu, mungkin juga nilai-nilai yang mereka perjuangkan.

Apa yang ingin kamu wariskan?

Pandangan, nilai-nilai dan kecintaan kepada hal apa sih yang ingin kamu wariskan nanti kepada anak-anakmu? Nah, ini pertanyaan yang paling penting. Sebab kehidupan kita pasti berdampak, minimal pada orang-orang yang paling dekat dengan kita, yaitu pasanganmu dan anak-anakmu.

Semoga mereka melihat bagaimana kamu berjalan bersama Tuhan dalam menjalani karirmu, dan bagaimana kamu mengandalkan Tuhan dan hidup dalam kebenaran ya. Sebab selain karirmu, imanmu lah yang akan menjadi teladan paling penting yang dibutuhkan anak-anakmu nanti.

Selamat berkarya dan terus menjadi dampak ya JCers, God Bless You..!

Baca juga :

Tewas Kecelakaan Helikopter, Kobe Bryant Dikenang Sebagai Family Man dan Ayah Penyayang

Dibantu Pendeta, Kobe Bryant Berhasil Lewati Pencobaan Dalam Hidupnya

Kobe Bryant, Pemain Termuda Yang Meraih Poin 25 Ribu

15 Ayat Tentang Kematian Yang Orang Kristen Harus Tahu

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

C N Kaunang 29 February 2020 - 10:29:37

anak menentang

0 Answer

Blante Reynaldy Sirait 29 February 2020 - 00:05:48

Kemalasan

0 Answer

Abram is 28 February 2020 - 19:37:25

Makanan

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7268

Banner Mitra Februari 2020 (3)