Naomii Simbolon

Official Writer
755


Kesehatan mental dan pikiran sangatlah penting untuk kehidupan ini. Selain untuk membuat keputusan dengan tenang, juga menjaga hubungan sosial tetap sehat.

Tahu nggak sih kalau kesehatan mental ini jauh lebih penting dari pada kesehatan fisik, karena kesehatan mental sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan kamu. Yap, berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan kamu, apa pun itu.

Itulah sebabnya, kenapa kita harus menjaganya kesehatan mental kita. Dibawah ini ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental kita :

1. Perkatakan hal yang positif terhadap dirimu sendiri

Penelitian membuktikan bahwa pola pikir terhadap diri sendiri bisa memberikan efek yang kuat dalam kehidupan kita.

Dalam komunitas dan pergaulanmu, mungkin kamu kerap sekali mendengar seseorang mengatakan hal negatif. Mulai dari mengejek kemampuanmu, mengejek penampilanmu dan lain sebagainya. Itu sebabnya, lawanlah mereka dengan memperkatakan hal yang positif.

Kamu bisa membaca Alkitab dan mengutip janji-janji Allah atas hidupmu kemudian memperkatakannya. Saya sering memperkatakan hal positif atas diri saya di depan kaca.

Saya berdiri dan memandangi diri saya lalu berkata, " Oleh karena Naomi berharga dimata Tuhan dan mulia, dan Tuhan sangat mengasihi Naomi."

Itu adalah firman yang aku kutip dari Yesaya 43:4a, "Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkauā€¯

So, perkatakanlah hal positif karena itu akan membangunmu. Percayalah!

BACA JUGA : Tips Biar Kinerja Otak Kamu Tetap Aman dan Kamu Tetap Produktif. Wajib Tahu!

2. Bersyukurlah selalu, sebab itu firman Allah.

Mazmur 33:1-3, "Bersorak-sorailah, hai orang-orang benar, dalam TUHAN! Sebab memuji-muji itu layak bagi orang-orang jujur. Bersyukurlah kepada TUHAN dengan kecapi, bermazmurlah bagi-Nya dengan gambus sepuluh tali! Nyanyikanlah bagi-Nya nyanyian baru; petiklah kecapi baik-baik dengan sorak-sorai!"

Rasa syukur kita sangat berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan, kesehatan mental, dan rasa bahagia. Hal yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu hidup bersyukur adalah dengan membuat jurnal atau daftar yang patut kamu syukuri setiap harinya. Jangan membandingkan diri dengan orang lain ya, melainkan berlatihlah setiap hari untuk bersyukur supaya hidupmu terus damai dan berjalan dengan jalan Tuhan.

3. Fokuslah kepada satu hal, jangan maunya ini dan itu.

 

Memiliki mimpi sih nggak apa-apa, punya target apalagi, sangat bagus. Tapi jangan membuat target ini dan itu sehingga membuatmu nggak fokus.

Sebaiknya, fokuslah pada satu hal dan berilah perhatian untuk dirimu sendiri, rawatlah tubuhmu supaya kamu tetap sehat dan kembali fokus.

4. Pergilah olahraga, ini penting banget!

Nggak cuma buat kesehatan fisik kamu. Olahraga juga baik untuk kesehatan mental kamu lho.

Melakukan olahraga bisa melepaskan endorfin sehingga bisa menghilangkan stres dan meningkatkan suasana. Oleh karena itu, olahraga adalah penangkal kuat dari stres , kecemasan dan juga depresi.

Kalau memang nggak bisa ke gym, kamu bisa melakukan olahraga yang simpel seperti naik tangga dan berjalan kaki, kemudian lari sore di kompleks rumah. Ini bagus untuk meredam stres lho.

 

Jadi, sekali lagi jagalah kesehatan mental kamu agar tidak depresi dan stress.

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7250

Banner Mitra Juni Week 1-2