Ginjalmu Bukan Untuk Dijual Walau Harganya Bisa Miliaran, Dijaga Yuk Biar Tetap Sehat

Ginjalmu Bukan Untuk Dijual Walau Harganya Bisa Miliaran, Dijaga Yuk Biar Tetap Sehat

Puji Astuti Official Writer
1383

Setelah membaca sekilas tentang penyanyi Vidi Aldiano yang baru-baru ini menjalani operasi pengangkatan ginjal karena menderita kanker ginjal, jadi ingat betapa pentingnya menjaga organ tubuh kita, salah satunya ginjal kita.

Sering kita mendengar orang yang kesulitan keuangan atau butuh duit dan berujar ingin jual ginjalnya. Hal itupun beralasan, karena harga ginjal untuk transplantasi terbilang sangat mahal, yaitu mulai 70 juta hingga 2 miliar rupiah. Tapikan ngga segampangan itu juga ya, kita jual ginjal. Bayangkan jika kita sudah sakit ginjal, menderita loh.

Tahukah kamu bahwa saat ini di Indonesia jumlah penderita penyakit ginjal kronis meningkat pesat, yaitu sebesar 3,8 persen pada 2018 lalu. Pada tahun 2017 saja, BPJS Kesehatan mencatat ada 3,6 juta orang lebih yang menjalani sianalisis ginjal dengan total biaya 3,1 triliun rupiah.

Ya, pengobatan untuk penyakit ginjal ini terbilang sangat mahal dan bukan hanya butuh waktu lama, bahkan bisa-bisa harus menjalaninya seumur hidup.

Apa sih fungsi ginjal itu?

Walaupun ginjal adalah organ kecil, namun dia menerima 20% aliran darah dalam tubuh kita. Karena ginjal berfungsi untuk membersihkan darah dari sampah dan racun-racun. Setiap hari sekitar 189 liter cairan melewati ginjal, dan 187 liter kembali masuk ke tubuh, sedangkan sekitar 1-2 liter dibuang melalui urin/kencing.  

Fungsi ginjal akan semakin menurun bersamaan dengan bertambahnya usia. Untuk itu sangat penting untuk mengjaga kesehatan ginjal agar bisa tetap fit hingga usia lanjut.


Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami