Lori Mora

Official Writer
631


Sebuah penelitian menemukan kalau liburan keluarga sangat bermanfaat bagi kebahagiaan anak dan membangun ikatan yang lebih kuat antar anggota keluarga.

Pengalaman liburan bisa jadi kenangan indah bagi anak, khususnya jika liburan yang dijalani cukup asyik.

Karena itulah, seorang peneliti dari Universitas Toronto bernama Cindy Chan menyampaikan bahwa seseorang akan lebih dekat dengan kita jika kita menciptakan pengalaman menyenangkan bersamanya. Hal serupa berlaku untuk anak.

Mengalami liburan bersama gak hanya membuat kita lebih dekat dengan anak-anak, tapi juga membuat semua keluarga lebih bahagia.

Keluar dari rumah dan menikmati alam bebas akan membuat akan lebih pintar karena otak anak menjadi lebih berkembang melalui apa yang dilihat dan dialaminya.

Namun, orangtua gak harus terbang ke tempat-tempat wisata yang jauh untuk bisa menikmati pengalaman ini. Orangtua hanya perlu menciptakan perjalanan yang berkesan dan menyenangkan.

Nah, di musim liburan panjang inilah orangtua perlu mengatur rencana liburan yang bisa membuat anak bahagia. Gimana caranya? Yuk ikuti tips di bawah ini:

#1 Selalu utamakan kekompakan

Liburan bukan hanya tentang jalan-jalan. Tapi bagaimana semua anggota keluarga bisa lebih kompak satu sama lain akan jadi pengalaman yang menyenangkan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan pesta jamuan atau membuat kejutan sederhana untuk anak akan sangat melengkapi liburan.

#2 Banjiri masa liburan dengan makan

Makanan adalah bagian penting dari liburan. Pastikan untuk menyuguhkan beragam kue dan makanan lain di meja. Karena dengan ini, anak bisa lebih betah di rumah sambil menonton atau bersantai.

Atau orangtua bisa saja mengajak anak untuk kulineran di luar dan menikmati pengalaman memanjakan lidah dengan beragam makanan yang kalian temukan. Ini bisa jadi pengalaman mengasyikkan untuk anak dan seluruh keluarga.


Baca Juga:

Saat Keluarga Teratur ke Gereja, Dampak Besar Ini yang Akan Terjadi ke Anak

Dibalik Anak yang Sukses, Ada Orangtua yang Handal


#3 Tidak ada paksaan untuk melakukan apapun

Salah satu kesalahan orangtua yang membuat anak kesal dan marah adalah saat mereka dipaksa. Di hari liburan, apalagi kalau keluarga harus pulang kampung akan menjadi pengalaman dimana anak akan berada dalam kendali orangtua. Mereka bisa dipaksa untuk bertemu keluarga, dipaksa untuk hadir dalam pertemuan keluarga besar, dan sederet tindakan pemaksaan lainnya.

Jangan biarkan pemaksaan apapun membuat mood anak-anakmu rusak dan menghancurkan liburannya.

Ambillah hati anak-anakmu dengan cara melihat apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai. Dengan itu, liburan tidak diganggu dengan berbagai konflik yang gak harusnya terjadi.

#4 Libatkan anak dalam berbagai aktivitas

Sebagai keluarga, libatkan anak dalam berbagai aktivitas. Misalnya, saat hendak mempersiapkan Natalan, libatkan anak untuk mempersiapkan jamuan makan dan dekorasi rumah.

Saat mereka diberikan tanggung jawab untuk mengerjakan sesuatu, maka mereka akan merasa dianggap dan masa-masa liburan akan dipenuhi dengan kesibukan yang bermanfaat.

Jadi, apa rencana kamu di liburan ini? Yuk ciptakan masa-masa indah bareng anak-anakmu di liburan ini ya.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7254

Banner Mitra Juni Week 1-2