Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
263


Pernah gak parents bertanya apa sih gunanya harus bawa anak ke gereja?

Apa sih dampaknya kalau parents membiasakan anak ke gereja setiap minggu?

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita harus tahu kalau di masa ini ada banyak anak muda yang memilih untuk meninggalkan gereja. Alasannya pun terdengar cukup klasik, yak arena gereja dianggap gak relevan sama dunia mereka.

Bayangkan, kalau anak remajamu sama sekali gak mau pergi ke gereja karena dia merasa gereja itu membosankan. Atau dia mulai ngerasa asing sama lingkungan gereja karena orangtuanya sendiri jarang pergi ke gereja.

Ya, salah satu alasan anak-anak muda meninggalkan gereja adalah karena orangtuanya sendiri bahkan gak mengajarkan anak-anak mereka kalau ibadah itu penting. Bukan hanya ibadah sekali seminggu ke gereja. Tapi mengajarkan anak kebiasaan berdoa dan membaca firman Tuhan juga penting.

Apakah orangtua justru lebih memilih menghabiskan waktu liburan atau ke mall di hari minggu daripada ke gereja? Saat orangtua gak memprioritaskan gereja di hari Minggu, saat itulah anak akan mulai terbiasa memandang kalau gereja dan Tuhan itu gak penting.

Meskipun pergi ke gereja gak menjamin keselamatan atau mengubah anak jadi lebih baik. Tapi seenggaknya, memprioritaskan hari Minggu sebagai hari khusus untuk Tuhan akan membuat anak tahu kalau Tuhan itu penting.

Salah satu alasan kenapa anak lari dari Tuhan sebagian besar disebabkan karena orangtuanya sendiri gak menunjukkan hasrat dan kecintaannya ke Tuhan.

Apakah sebagai ayah, kamu justru lebih memilih untuk menonton sepakbola, bermain golf, memancing, berenang atau liburan di hari minggu? Atau kamu memilih untuk meninggalkan kesenangan dunia sepanjang hari itu dan membawa anak dan istrimu ke gereja?

Untuk membawa anak hidup dalam Tuhan sebenarnya hal yang sederhana. Setiap orangtua Kristen hanya perlu menunjukkan teladan hidupnya, bagaimana cintanya kepada Tuhan, bagaimana caranya bertindak yang didasarkan pada firman Tuhan dan bagaimana perannya sebagai orangtua terhadap anak. Memperkatakan firman Tuhan dan menghidupinya dalam kehidupan sehari-hari akan secara langsung menular kepada anak. Percayalah!

Baca Juga:

Ini Tujuan Orangtua Lakukan Penyerahan Bayi di Gereja-gereja Karismatik

Di Usia Inilah Waktu yang Tepat Anak Mudah Hafalkan Ayat Alkitab

Orangtua adalah kunci bagaimana sebuah keluarga hidup dalam Tuhan atau gak. Jika prioritasnya adalah Tuhan, maka keluarga akan hidup dengan terlibat aktif dalam beragam hal yang berkaitan dengan pelayanan. Tapi kalau ternyata orangtua memilih prioritas yang lain, seperti kerja, maka keluarga akan menganggap kerja adalah hal yang penting dibandingkan dengan hal lainnya. Anak-anak meniru kebiasaan orangtua dan mereka belajar dari hal itu.

Sebagai orangtua Kristen yang ingin melihat anak-anakmu bertumbuh di dalam Tuhan, mungkin butuh menjawab beberapa pertanyaan ini.

1. Apakah kamu memprioritaskan gereja dibanding hal lainnya?

2. Apakah kamu sudah memprioritaskan mezbah keluarga?

3. Apakah kamu sudah mendorong anak-anakmu masuk sekolah minggu atau ibadah Youth?

4. Apakah kamu dan pasanganmu sudah memberikan teladan iman untuk anak-anakmu?

5. Apakah kamu mau mendorong anak-anakmu mengasihi Tuhan lewat ibadahnya?

Jangan biarkan anak-anak kita melupakan prioritasnya dalam hidup. Tuhan harus menduduki posisi pertama dalam hidupnya.

“Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” (Yosua 24: 15)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7262

advertise with us