Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
314


Jadi orangtua bukanlah hal yang mudah memang. Tapi jadi suatu kebanggaan ketika orangtua melihat anak sukses di masa dewasanya. Dan untuk membentuk anak jadi pribadi sukses, orangtua hanya perlu melakukan beberapa hal selama proses pengasuhan.

Dalam sebuah film dokumentari berjudul ‘Inside Bill’s Brain’ dijelaskan kalau kesuksesan pendiri Microsoft Bill Gates ternyata gak terlepas dari pola asuh orangtuanya. Otaknya yang cerdas, tindakan dan bahkan kedermawanannya bahkan diwariskan dari ibunya. Meski dalam film ini, di masa remaja Bill Gates banyak mengalami konflik dengan sang ibu. Tapi dengan caranya pula sang ibu berhasil membentuk seorang Gates menjadi pribadi yang sukses.

Sama seperti Bill Gates, semua orangtua bisa menghasilkan anak sepetri sosok Gates hanya dengan menerapkan pola asuh yang tepat.

Dan secara umum ada 5 kebiasaan orangtua yang bisa membentuk anak menjadi pribadi yang sukses.

1. Habiskan waktu lebih banyak dengan anak

Menurut para ahli dan psikologi anak, menghabiskan waktu lebih lama bersama anak setiap hari sangat bermanfaat dalam membangun kesehatan mentalnya.

Berdasarkan hasil penelitian, anak yang menghabiskan waktu bersama dengan orangtua akan lebih terbuka dalam kehidupan sosialnya. Walaupun sangat disarankan untuk menghabiskan waktu lebih banyak melakukan hal-hal menarik di luar ruang, tapi hanya dengan melakukan langsung dengan anak pun bisa membantu membangun keterbukaannya dengan orang lain.

2. Membangun hubungan yang baik dengan anak

Salah satu kunci dari kesuksesan seorang anak bisa muncul dari hubungan yang terjalin baik dengan orangtuanya.

Sebuah riset di New York menemukan bahwa remaja mendapat cinta dan perlakuan hangat dari orangtua hampir tidak pernah mengalami masalah dalam hubungan, baik kekerasan maupun ancaman.

Mendapat pola asuh yang baik dari orangtua akan membentuk anak jadi pribadi yang lebih berempati, lebih terbuka dan dewasa dalam karakter. Bagi anak orangtua adalah teladan terbaik.

3. Memastikan pola tidur anak dengan baik

Pola tidur yang baik bukan hanya berguna untuk kesehatan. Tapi hal ini juga bisa membentuk anak yang sukses di kemudian hari jika orangtua membiasakannya sejak anak masih kecil.

Dengan mendapatkan kualitas tidur yang baik, anak dipastikan akan mampu melakukan banyak hal dengan baik, termasuk belajar. Jadi gak heran kalau anak sukses karena sejak kecil dia sudah dibiasakan mengatur waktunya dengan baik.

Baca Juga:

Saat Keluarga Teratur ke Gereja, Dampak Besar Ini yang Akan Terjadi ke Anak

Di Usia Inilah Waktu yang Tepat Anak Mudah Hafalkan Ayat Alkitab

4. Menghindari penggunaan gadget

Supaya anak sukses di masa depannya, orangtua handal akan membatasi penggunaan gadget. Penting bagi orangtua untuk mengawasi apa yang anak tonton, baca maupun amati. Faktanya, sebuah studi yang dilakukan oleh Academy of Pediatrics menemukan kalau anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar akan mengalami penurunan kemampuan otak dibanding dengan anak yang menghabiskan lebih sedikit waktu bermain gadget.

Intinya, orangtua yang handal gak akan membiarkan anaknya menghabiskan banyak waktu bermain gadget.

5. Anak gak pernah terlibat dalam berbagai bentuk kekerasan

Gak ada yang membenarkan tindakan kekerasan dalam bentuk apapun. Apalagi kalau hal ini dialami oleh anak-anak.

Karena itulah orangtua akan memastikan anaknya untuk terhindar dari berbagai tindakan ini. Karena orangtua menyadari bahwa dampak dari kekerasan bisa merusak masa depan anak, seperti terganggunya masalah kognitif, kesehatan mental, emosi dan juga pertumbuhannya secara fisik.

Anak yang sukses dihasilkan dari pola asuh yang baik. Karena itulah orangtua harus memastikan anak-anaknya mendapatkan pola pengasuhan yang terbaik.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

Banner Mitra Desember week 2