Saat Keraguan Mencoba Mengguncangkan Imanmu, Hadapi Dengan Cara Ini!
Sumber: Pexels.com

Single / 17 December 2019

Kalangan Sendiri

Saat Keraguan Mencoba Mengguncangkan Imanmu, Hadapi Dengan Cara Ini!

Puji Astuti Official Writer
4615

Bibit keraguan itu kecil, kadang berbentuk pertanyaan sederhana seperti, “Apakah Tuhan mendengarkan doaku?”  Lalu berkembang menjadi, apakah Tuhan peduli? Apa gunanya berdoa kalau tidak dijawab juga, dan akhirnya berujung pada pertanyaan, “apakah benar Tuhan itu ada?”

Benih keraguan bisa muncul dalam berbagai bentuk, bukan hanya pertanyaan, tapi bisa juga rasa iri kepada seseorang yang tak kenal Tuhan tapi karirnya bagus, keluarganya bahagia, sedangkan kamu yang percaya Yesus, karirmu begitu-begitu saja, dan masih jomblo sampai sekarang.

Keraguan bisa berbahaya, jika dibiarkan akan menjadi seperti rumput liar yang akhirnya menguasai seluruh pikiranmu dan menghancurkan imanmu, bahkan bisa membawamu meninggalkan Tuhan yang telah menebus kehidupanmu.

Lalu, bagaimana caranya menghadapi keraguan ketika hal itu muncul?

Satu hal yang perlu kamu tahu adalah bahwa kamu tidak sendirian, ada banyak orang dan hampir semua orang Kristen pernah bergumul dengan keraguan dan ketidakpercayaan kepada Tuhan. Bahkan murid-murid Yesus pun pernah mengalami hal ini, iman mereka digoncang saat Yesus berhadapan dengan salib. Namun mereka menemukan kekuatan kembali, saat mereka tetap bersekutu dan berdoa bersama.

 Kata iman dalam Bahasa Yunani adalah “pistis”, dan turunan katany adalah “peitho” yang artinya adalah persuasi. Artinya iman bukanlah percaya yang membabi buta, sesuatu yang kita dengar dari orangtua atau pendeta dan kita ikuti begitu saja. Tetapi, iman adalah keyakinan yang kuat atau teguh berdasarkan bukti yang kuat.

Iman adalah sebuah perjalanan

Untuk itu, iman adalah sebuah perjalanan percarian pribadi seseorang, karenanya Rasul Paulus berkata, “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” (Roma 10:17)

Bahkan dalam Ibrani 11:1 ia menuliskan, “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”

Jadi untuk memiliki iman yang kuat, kamu butuh pengenalan akan Tuhan. Kamu harus bertumbuh dalam Firman Tuhan yang adalah surat cinta Tuhan pada kita. Tanpa firman-Nya, maka  iman itu tidak akan bertumbuh. 

Baca juga : 

Mengapa Mereka Meninggalkan Imannya?

Pendeta Meninggalkan Iman

Iman butuh pembuktian

Seperti yang ditulis dalam Ibrani 11:1 di atas, iman adalah bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Pembuktian ini hanya bisa kamu terima saat kamu memiliki pengalaman pribadi bersama Tuhan.

Sebagai contoh adalah Petrus, dalamMatius 14:25-33 ia mengalami  pembuktian iman itu saat ia taat ketika Yesus memerintahkannya berjalan di atas air, namun keraguannya menggoyangkan imannya itu. Namun Tuhan Yesus tidak membiarkannya tenggelam,Yesus langsung memegang tangan Petrus dan membawanya kembali ke perahu.

Hal yang sama juga berlaku untuk kamu. Dia tidak akan meninggalkanmu sendiri menghadapi berbagai cobaan hidup ini. Kamu mungkin tidak diminta berjalan di atas air, namun mungkin hal lain, seperti mempercayai Yesus untuk masa depanmu, atau taat padanya saat Ia memintamu untuk hidup dalam kebenaran-Nya. Dia memegang tanganmu dan memampukan kamu untuk bisa sampai di tujuan dengan selamat.

Tuhan hanya butuh iman yang sebesar biji sesawi

Para rasul pernah berseru kepada Yesus untuk menambahkan iman kepada mereka  saat Yesus mengajarkan untuk mengampuni (Lukas 17:1-6). Namun Yesus berkata, bahwa Tuhan hanya meminta iman yang sebesar biji sesawi saja.

Ya, Tuhan tidak memintamu memiliki iman yang besar, tapi iman yang kecil saja Tuhan sanggup memakainya menjadi pemicu untukmu bisa memindahkan gunung.

Jadi, jika hari ini kamu menghadapi gunung keraguan, kekuatiran, ketakutan atau masalah yang lain, ingatlah bahwa Tuhan telah menabur iman dalam hatimu dan iman yang kecil itu akan menyanggupkanmu menjadi pemenang.

Teruslah berpegang pada Tuhan, Dia yang akan memampukan kamu hingga kamu mencapai garis akhir pertandingan hidupmu.

 Baca juga : 

Viral, Meninggalkan Iman. Pendeta Ini Mengaku Tidak Terkejut Karena Alasan Ini!

Viral Meninggalkan Imannya, Worship Leader Hillsong Ini Klarifikasi Kebenarannya!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami