Naomii Simbolon

Official Writer
573


Kecanggihan teknologi jaman sekarang berhasil mempermudah kita untuk menjalankan pekerjaan dan berkarya. Kemudahan itu yang nggak sengaja membuat kita menjadi kurang olahraga dan cenderung duduk manis di depan komputer selama berjam-jam. Setiap hari pasti begitu.

Sehabis kerja keras duduk di depan komputer, kita pun pulang sudah malam dan menggunakan mobil, motor ataupun bus dan menikmati macetnya perjalanan. Sesampai di rumah, badan kita sudah lelah dan akhirnya tidur. Begitupun setiap hari dan selama bertahun-tahun.

Asal kamu tahu ya bahwa menurut Sophia Hage, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga bahwa kurangnya bergerak akan membuat kita cepat mati.

"Berdasarkan data WHO penyebab keempat terbesar angka kematian di dunia adalah physical inactivity atau kurang bergerak,” ucapnya, dikutip cari CNNIndonesia.

Kurangnya beraktivitas ini, atau duduk terlalu lama ini ternyata menyimpan banyak sekali resiko. Teruntuk kamu yang kerja di depan komputer dan selalu duduk sepanjang hari, kamu harus tahu nih beberapa bahaya dari duduk terlalu lama :

1. Menyerang bagian kepala

Duduk terlalu lama dan selama berjam-jam akan menimbulkan pembentukan darah beku. Nah, ketika darah tersebut menggumpal dan mencapai otak maka kemungkinan bisa mengakibatkan stroke pada tubuh kamu.

2. Tidak baik untuk perut kamu

Tentunya kelamaan duduk itu bisa meningkatkan obesitas lho. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa risiko kanker usus itu bisa terjadi karena kelamaan duduk. Hal itu karena enzim pembakar lemak nggak bekejra dengan baik ketika kamu duduk terlalu lama.

3.  Berbahaya bagi kesehatan jantung kamu lho

Tentu saja, kurangnya beraktivitas atau kurangnya berolahraga ditambah gaya hidup  nggak sehat akan membuat kita mengalami risiko kardiovaskular atau penyakit jantung.

4 . Merusak paru-paru kamu

Nggak menyangka kan? Tentu saja nggak hanya bahaya bagi jantung tapi juga kepada paru-paru kamu. Duh, kamu harus hati-hati banget deh.

BACA JUGA : Jangan Anggap Sepele, Stres Berlebihan Bisa Bikin Kamu Sakit Kepala Berkepanjangan!

5. Menyerang lengan dan kaki kamu

Duduk terlalu lama  pun akan meminimalkan tekanan darah tinggi. Hal itu karena lengan kamu ikut aktif secara bersamaan. Tapi malah akan menyerang kaki kamu. Kamu akan merasakan keram karena adanya penumpukan cairan di kaki.

6. Bikin leher tegang

Dengan posisi leher serta kepala yang selalu menatap ke depan layar komputer dan cairan yang terkumpul pada kaki kemungkinan dapat berpindah ke leher sehingga bisa menyebabkan sleep anea.

Jadi, itulah 6 hal yang terjadi jika kamu duduk terlalu lama di depan komputer.

Sekali dua jam, berdirilah. Setidaknya ambil air putih atau jalan turun tangga untuk pergerakan tubuh biar 6 hal diatas nggak terjadi.

 

Sumber : Jawabancom


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7253

Banner Mitra Juni Week 1-2