Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
613


Henry Allen Ironside, seorang pengajar Alkitab dan seorang pendeta asal Amerika menceritakan pengalamannya di sebuah restoran. 

Waktu itu dia sedang memesan makanan. Dan akan menikmati makanannya, seorang pria berjalan ke mejanya dan berkata, “Apakah kamu keberatan jika aku duduk denganmu?” Dia merasa tidak keberatan dan mempersilahkan pria itu duduk semeja dengannya. 

Seperti kebiasaannya, Ironside biasanya dia akan lebih dulu berdoa dengan menundukkan kepalanya dan mengucap syukur atas makanan yang tersedia. Dan ketika dia mulai mengangkat kepalanya, pria itu berkata, “Apakah kamu sakit kepala?”

“Tidak..tidak…tidak..,” jawab Ironside.

Pria itu lalu berkata, “Lalu, adakah yang salah dengan makananmu?”

Dia kembali menjawab, “Oh..Tidak.”

Pria itu lalu penasaran kenapa dia harus menundukkan kepalanya. Dan Ironside menjawab kalau dia hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tuhan. Sebuah kebiasaan yang dia lakukan sebelum makan.

Pria itu lalu menjawab, “Oh..baiklah. Aku tidak pernah mengucapkan terima kasih seperti itu. Aku mendapatkan uang dari hasil keringatku, dan aku tak perlu berterima kasih kepada siapapun sebelum aku makan.” 

Ironside lalu menjawab, “Ya, kalau begitu kamu seperti anjing ku. Itulah yang dia lakukan!”

Pengalaman Ironside soal pria itu menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak pernah mengucap syukur atau berterima kasih kepada Tuhan sama seperti seekor binatang yang tidak punya akal pikiran. Tindakan ini jelas sangat berbeda dengan identitas kita sebagai ciptaan Tuhan. 

Kita harus menyadari bahwa kita adalah pribadi yang bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Kita gak bisa hidup mengandalkan kemampuan kita sendiri. Kita bergantung pada kasih karunia Tuhan. Karena itulah kita perlu mengucap syukur atas pemberian-Nya.

“Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!” (Mazmur 96: 8)

Mengucap syukur atau berterima kasih kepada Tuhan sudah seharusnya kita lakukan setiap hari. Baik itu dalam hal sederhana seperti yang dilakukan oleh Ironside atau juga dalam hal besar dalam berbagai keadaan.

Tuhan gak menunggu kita bersyukur saat kita mendapatkan promosi, dapat rejeki atau baru diberikan promosi jabatan. Tapi bahkan dalam kondisi yang paling buruk sekalipun, Tuhan mau melihat kita menjadi orang-orang yang tetap bersyukur. 

“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” (1 Tesalonika 5: 18)

Karena bersyukur juga bisa berarti menyerahkan seluruh hidup kita dengan rendah hati di bawah kendalinya Tuhan.

Karena di tengah penderitaan, hati yang penuh ucapan syukur lebih dari sekadar menyampaikan ‘Terima Kasih’. Tapi juga percaya kalau Tuhan selalu baik dan kasih-Nya gak pernah berubah, gak pernah gagal dan Dia mau melakukan yang terbaik dalam hidup kita melalui masa-masa sulit.

Ada manfaat yang bisa kita alami ketika bisa bersyukur di dalam berbagai keadaan:

1. Bersyukur membangun hubungan

Saat kita mampu mengucap syukur dalam segala keadaan, maka kita akan mengalami hubungan yang lebih dalam dengan orang lain dan juga dengan Tuhan.

2. Bersyukur membuat kita mengalami kasih Tuhan

Tuhan gak pernah suka dengan para pengeluh. Dia suka dengan orang-orang yang rendah hati dan mau dibentuk melalui berbagai keadaan.

Jadi, saat kita memilih bersyukur di tengah masa sulit, saat itulah Tuhan akan menyatakan kasih-Nya yang sejati atas hidup kita.

3. Memampukan kita untuk mengalami pertolongan Tuhan

Bersyukur membuat Tuhan dengan terbuka membantu kita untuk mengatasi berbagai persoalan dalam hidup. Kalau di dalam Alkitab kita tahu bahwa tugas seorang malaikat adalah melayani Tuhan. Tapi Tuhan kita yang besar akan sangat mau turun tangan menolong kita saat kita mau mengakui kuasa dan kedaulatan-Nya terjadi dalam hidup kita.

Keadaan di sekitar kita cenderung bisa mencuri damai sejahtera dan sukacita kita. Sehingga saat keduanya hilang, kita pun akan sulit untuk menyampaikan ucapan syukur. Tapi saat kita berpegang teguh di dalam Tuhan dan memilih untuk fokus pada Yesus, kita tidak akan pernah bisa dipengaruhi lagi oleh keadaan. Dalam kondisi inilah kita akan bisa mengucap syukur kepada Tuhan atas segala hal yang kita hadapi.

“Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.” (2 Petrus 1: 3)

Sebelum mengakhiri tahun ini, hampir semua dari kita pasti punya waktu khusus untuk merayakan pergantian tahun yang beragam. Salah satunya adalah bagaimana kita mengucap syukur atas segala hal yang Tuhan sudah lakukan atas hidup kita selama setahun ini. Walaupun itu adalah langkah yang baik, tapi jangan hanya berfokus mengucap syukur untuk hal-hal baik yang kita sudah dapatkan. Tapi bersyukurlah juga untuk hal-hal yang tidak baik, yang sulit dan yang kurang menyenangkan selama setahun ini. Karena semua yang kita alami pasti akan mendatangkan kebaikan bagi semua orang yang percaya kepada Tuhan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra Desember week 2


7265

Banner Mitra Desember week 2