Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
238


Apa yang kamu pikirkan pertama sekali ketika bicara soal nangka? Pasti nggak jauh dari manis dan kenyal. Buahnya yang berwarna kuning sangat terkenal dengan rasanya yang manis, aromanya yang khas juga teksturnya sangat spesial. Jadi, nggak heran kalau nangka adalah buah yang banyak disukai oleh orang.

Tapi tahu nggak sih kamu kalau nangka nggak cuma buahnya doang lho yang bisa di makan, tapi bijinya juga aman dikomsumsi bahkan bisa diolah mnejadi beragam camilan. Dan soal gizinya, nggak usah ditanya lagi deh karena dari hasil beberapa penelitian membuktikan bahwa biji nangka itu memiliki kandungan gizi yang menyehatkan tubuh.

Penasaran kan? Simak disini yuk!

1.  Biji nangka bisa dijadikan camilan lho, kamu baru tahu kan?

Sejujurnya, aku baru tahu tentang ini setelah membaca beberapa artikel. Luar biasa, selain buahnya ternyata biji nangka juga bisa diolah menjadi camilan yang enak banget.

Biji nangka biasanya akan diolah dengan cara yang sederhana, seperti direbus, atau digoreng dengan sedikit tambahan bumbu.

Caranya, kamu rebus nangka, kemudian kupas kulitnya dan tumbuk nangka tersebut dicampur dengan bawang putih. Kemudian, campur dengan tepung terigu, kuning telur, mentega dan garam. Aduk bahan tersebut dengan rata  dan bentuk sesuka kamu dan goreng deh sampai matang. Beres kan?

2.  Biji nangka mengandung banyak vitamin lho

Dilansir dari Boldsky, ternyata biji nangka kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, C dan D, kalsium, seng dan fosfor.

Dalam 100 gram biji nangka mengandung 185 kalori, 7 gram protein, 38 gram karbohidrat dan 1.5 serat. Sementara itu, lemaknya pun kurang dari 1 gram. Nggak cuma itu, beragam mineral juga bisa kamu peroleh dengan menyantap biji nangka ini.

Jadi, rebus dan tinggal makan deh. Kamu juga bisa bakar seperti singkong bakar pada umumnya.

BACA JUGA : 

                            Selain Buat Kesehatan, Inilah Manfaat Lain Dari Kantong Teh Bekas Biar Nggak Mubazir!

                            Lagi Flu? Campuran Teh Ini Cocok Banget Buat Mengobatinya!

3. Teruntuk kamu yang sedang dalam pembentukan badan, biji nangka adalah pilihan makanan yang tepat.

Tahu nggak, kalau biji nangka sangat berkhasiat untuk membantu membentuk massa otot dan mempercepat kerja metabolisme dalam tubuh kamu. Kandungan kalsium dan potasium yang dimiliki biji nangka ini dipercaya bisa menjaga tulang dan menghindarkan kamu dari penyakit tulang. Jadi memang cocok banget untuk membantu dalam pembentukan otot kamu.

Nggak cuma itu lho, serat yang ada dalam biji nangka ini juga secara efektif menyehatkan saluran pencernaan kamu, dan menghambat risiko penyakit pencernaan seperti diare ataupun ambeien.

4. Teruntuk kamu yang anemia, biji nangka cocok banget buat kamu

Buat kamu yang belum tahu, biji nangka memiliki zat antimikroba dan seng yang berguna untuk mencegah kontaminasi bakteri dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kalau kamu komsumsunya rutin satu atau dua kali seminggu, maka akan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh kamu sehingga bisa membantumu terhindar dari penyakit darah lainnya.

Cocok banget buat kamu yang sibuk kesana-sini, biar nggak mudah capek gitu lho.

Nah, itulah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui mengenai biji nangka. Jadi jangan segala sesuatu itu di buang ya. Beberapa hal yang dianggap sepele gitu ternyata bisa buat kesehatan lho.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7262

advertise with us