Lori Mora

Official Writer
834


Patung Yesus ‘Christ The Redeemer’ yang menjulang di puncak gunung Corcovado Rio de Janeiro, Brazil, dikenal sebagai patung Yesus yang paling ikonik di dunia.

Tapi ternyata patung Yesus berukuran besar di dunia juga ada di Polandia. Namanya Cristo Redentor yang menempati urutan kedua patung tertinggi Yesus di dunia. Bahkan Guiness Book of World Records sendiri mengklaimnya sebagai patung Yesus tertinggi di dunia.

Cristo Redentor sendiri dibangun pada tahun 2010 atas permintaan seorang pendeta bernama Sylwester Zawadzki. Biaya pembangunan patung ini sendiri didanai dari sumbangan dari komunitas Katolik setempat dan para kontributor asing yang menetap di Kanada.

Butuh waktu lima tahun untuk menyelesaikan patung yang dibuat dari bahan batu dan fiberglass ini.  Untuk tingginya sendiri mencapai 33 meter atau 108 kaki.

Sementara para pengerjanya yang terlibat dalam pembuatan desain dan konstruksi seberat 440 ton ini direkrut dari kota Swiebodzin dan sekitarnya. Desain utamanya diselesaikan oleh Miroslaw Kazimierz Patecki, sementara Marian Wybraniec mengurus perancangan fondasi patung.


Seperti halnya dengan patung Christ The Redeemer, posisi Yesus juga tampak sedang merenggangkan tangannya. Hal ini dibuat sebagai simbol uluran tangan Tuhan atas seluruh umat manusia. Bedanya adalah patung ini dilengkapi dengan mahkota di kepala Yesus yang terbuat dari lapisan warna emas setinggi 6 kaki.

“Ini adalah puncak dari pekerjaan hidupku sebagai seorang pendeta. Aku merasa terilhami untuk memenuhi kehendak Yesus, dan hari ini aku berterima kasih pada Tuhan karena mengijinkan aku untuk memenuhi kehendakNya,” ucap Pendeta Sylwester Zawadzki.

Sejak pembangunan patung ini, Cristo Redentor berubah jadi tempat wisata bagi kota Swiebodzin. Setelah peresmiannya pada, sebanyak 15.000 pengunjung Kristen memadati tempat ini untuk mengabadikan momen bersejarah tersebut.


Baca Juga :Patung Kristus Penebus Brasil Jalani Renovasi Wajah


Kontroversi antena di mahkota Yesus


Sayangnya, pada tahun 2018, muncul kontroversi terkait pemasangan antenna WiFi uamh sengaja dipasang di bagian mahkota patung Yesus. Antena tersebut bertujuan untuk membantu tersedianya jaringan internet untuk kota setempat.

Bocornya berita ini membuat para wartawan memburu gereja Katolik sebagai penanggung jawabnya dan badang keagamaan yang mengawasi patung tersebut. Pada akhirnya terkuak bahwa pemasangan antena dibuat atas permintaan paroki, dimana gereja mengaku butuh jaringan untuk sistem pengawasan video dan pemasangan itu sudah disepakati.

Meski tujuannya baik, namun beragam pandangan terus bermunculan antara pro dan kontra. Sampai akhirnya, Uskup setempat memerintahkan untuk memindahkan antena pada 9 mei 2018.

Sejauh ini, patung Cristo Redentor sudah jadi tempat ziarah baru bagi umat Kristen Polandia dan ramai dikunjungi.

Untuk mencapai lokasi patung ini, pengunjung bisa mencapainya dengan menaiki mobil atau kereta api dari kota Berlin, Jerman, yang jaraknya hanya 114 mil.

Sumber : Aleteia.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Week 2