Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
383


Tahukah kamu bahwa pasangan suami isteri yang sering berdoa bersama dan saling mendoakan, memiliki hubungan yang semakin kuat dan harmonis? Betul, hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian ilmiah loh.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Journal of Family Psychology menunjukkan bahwa berdoa bagi pasangan menghasilkan pasangan suami isteri mengalami perubahan positif dalam hal lebih mudah saling mengampuni.

“Kami menyimpulkan bahwa berdoa syafaat membuat kita menerapka niat tersebut,” jelas Dr. Francis Fincham, Direktur Florida State University Family Institute.

“Jadi jika kamu ingin hal positif untuk pasanganmu, kamu kemungkinan besar akan bertindak secara konsisten hal yang akan memunculkan hal positif tersebut, daripada ketika kamu tidak berdoa,”  demikian tambahnya.

Bahkan saat mengalami konflik, berdoa akan membantu pasangan suami-isteri untuk menyadari bahwa diri mereka yang penuh dosa sudah diampuni oleh Tuhan, untuk itu mereka lebih mudah mengampuni pasangan. Selain sikap pengampunan, menurut Focusonthefamily.com berdoa juga meningkatkan keintiman seksual, kebahagiaan dalam hubungan, kepercayaan dan kesatuan .

Mengapa doa berperan penting bagi kebahagiaan pernikahan?

Peneliti menyatakan bahwa saat berdoa, pasangan Kristen mengalami daya tarik satu sama lain saat mereka bersekutu bersama Tuhan. Kedekatan dengan Tuhan, hubungan pasangan juga semakin dekat.

Baca juga :
Doa Bersama Besar Kuasanya, Inilah 10 Manfaat Rajin Berdoa Bareng Keluarga (Bagian 1)
Doa Bersama Besar Kuasanya, Inilah 10 Manfaat Rajin Berdoa Bareng Keluarga (Bagian 2)
Bangun Kebiasaan Keluarga Ilahi, Mulai Berdoa Bersama Pasangan dengan 3 Contoh Doa ini!

Ada tiga jenis situasi doa dimana pasangan suami isteri berdoa Bersama, yang akan memberikan dampak yang unik dan berbeda.

1# Doa pencegahan. Jenis doa ini adalah saat suami dan isteri berdoa setiap hari dengan membawa masalah-masalah yang mungkin muncul dalam kehidupan mereka, baik keluarga, hubungan maupun pekerjaan mereka. Mereka meminta Tuhan campur tangan sebelum hal itu terjadi, hal itu membuat pasangan tersebut bisa mengantisipasi masalah tersebut, sebelum masalah menjadi semakin serius.

2#Doa untuk mengatasi masalah. Jenis doa ini dilakukan saat ditengah masalah, dimana suami dan isteri setuju bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk tidak saling menyerang dan bersatu untuk berdoa bersama demi menyelesaikan masalah. Tindakan ini bisa meredakan emosi dan juga membawa kepada pemulihan hubungan.

3# Doa pemulihan. Biasanya jenis doa ini saat hubungan dengan pasangan sudah mencapai kondisi kritis. Pasangan saling intropeksi dan mengakui kesalahan dan kontribusinya terhadap masalah yang terjadi. Doa akan membawa mereka untuk saling mengampuni dan juga membuka pintu hati untuk kasih Tuhan memulihkan hati mereka yang terluka.

Ternyata doa sangat bermanfaat bagi hubungan pernikahan ya. Untuk itu pastikan bahwa setiap hari kalian sebagai suami isteri selalu berdoa Bersama ya. Berikut ada beberapa ide yang bisa kalian lakukan bersama saat berdoa:

- Bicarakan  bersama pokok-pokok doa apa saja yang akan didoakan.

- Berpegangan tangan saat berdoa Bersama.

- Berdoa dengan doa Bapa Kami (Matius 6:9-13). Doa yang diajarkan Yesus ini memiliki makna yang sangat dalam.

- Berdoalah untuk orang-orang yang kalian kasihi, anak-anak, keluarga bahkan keluarga yang belum mengenal Tuhan.

- Pilihlah beberapa ayat emas dan perkatakan ayat-ayat tersebut sebagai doa iman atas kehidupan kalian.

Baca juga : 

Berdoa Bersama, Menjaga Kudusnya Pernikahan Anda

Sebagai Istri Pendeta, Si Cantik Amanda Zevannya Beberkan Kebiasaan Doa Bersama Bayinya!

Kalian bisa kreatif dalam mengisi waktu-waktu doa bersama tersebut. Waktunya pun bisa fleksibel, pagi setelah bangun tidur, atau bisa sewaktu malam hari sepulang kerja. Yang terpenting adalah kesepakatan bahwa setiap hari kalian berdua sebagai suami-isteri harus memiliki waktu doa bersama, walau mungkin hanya bisa 10-15 menit saja.

Ada sloga yang berkata bahwa “doa adalah nafas hidup orang percaya.” Jadi jika kita menjadikan doa sebagai budaya dalam keluarga kita, maka kehidupan keluarga kita akan penuh dengan atmosfer kasih, karena Tuhan yang kita sembah adalah pribadi yang penuh kasih.

Doa akan membawa hadirat Tuhan hadir dalam kehidupan kita pribadi dan juga keluarga kita. Jadi, jangan anggap remeh waktu-waktu doa bersama ya.

Kamu diberkati dengan artikel di atas? Yuk, bersama Jawaban.com memberkati lebih banyak orang dengan mendonasi Rp.100.000.- saja. KLIK DISINI UNTUK DONASI.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us