Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1967


Kalau hubungan dalam keluarga bisa dibangun lewat komunikasi yang baik dan sehat. Hal serupa juga berlaku dalam hubungan antara kita dan Tuhan.

Ada banyak orang tua yang tanpa sadar hanya melafalkan doa makan keluarga secara sederhana atau doa penghantar tidur ke anak-anak mereka. Tapi apakah orang tua gemar berdoa dan melibatkan semua anggota keluarga di dalamnya? Apakah orang tua sungguh-sungguh punya kerinduan untuk membawa semua anggota keluarga semakin dekat dengan Tuhan? Atau apakah orang tua rindu terjadi terobosan lewat doa keluarga?

Baca Juga : Sudah 5 Bulan Sakit Keras, Doa Keluarganya Bikin Anak Ini Sembuh Total

Kita tanpa sadar mungkin menomorduakan doa dari semua aktivitas keseharian kita. Berdoa ya hanya sekedarnya saja dan acuh tak acuh dengan bagaimana anak atau pasangan juga terlibat dalam doa setiap hari.

Kalau saja kita tahu betapa pentingnya doa itu, kita mungkin akan menyesal karena sudah melewatkan setiap hari tanpa adanya kesatuan dalam doa bersama keluarga.

“Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!” (Roma 12: 12)

Inilah 10 manfaat rajin berdoa bareng keluarga:

1. Membuat keluarga lebih bersyukur kepada Tuhan

Dalam bahasa Inggris ada singkatan yang disebut ACTS (adoration, confession, thanksgiving, supplication). Kita bisa menyebutnya dengan ‘penyembahan, pengakuan (dosa), ucapan syukur dan permohonan’. sIni adalah unsur-unsur dalam sebuah ibadah doa. Tapi doa bisa saja mencakup pada pujian dan ucapan syukur atas berkat yang sudah kita terima. Dengan mengikuti pola doa semacam ini, semua anggota keluarga akan bisa lebih fokus untuk mengingat segala hal-hal yang baik dan patut disyukuri dalam hidup.

Mengucap syukur membantu kita untuk menyadari betapa Tuhan sudah memberkati kita. Mengucap syukur lewat doa bisa membuat kita lebih bahagia, bersukacita dan menyadari bahwa Tuhan itu nyata, berkuasa dan penuh kasih.

2. Doa bisa membawa semua anggota keluarga mengalami pertumbuhan rohani

Saling berbagi tentang masalah, kendala dan juga kebutuhan untuk didoakan bisa membangun percakapan yang sehat dan intim antar sesama keluarga. Saat satu sama lain saling mengetahui keadaan masing-masing dan mendoakannya kepada Tuhan, di sanalah terjadi kesepakatan yang luar biasa. Ambillah sejenak waktu sesudah doa untuk menanyakan apakah Tuhan mengingatkan salah satu anggota keluarga tentang sebuah ayat atau firman Tuhan. Saat hal itu dilakukan setiap hari, baik suami, istri dan anak akan terus bertumbuh dalam keintiman dengan roh Tuhan.

3. Doa membangun ikatan yang kuat antara keluarga dan Tuhan

Kebiasaan berdoa bersama keluarga akan membangun ikatan yang kuat antara setiap anggota keluarga dengan Tuhan. Saat kita berdoa, kita percaya kalau Tuhan pasti mendengar doa kita. Itu sebabnya, semakin sering kita berdoa, semakin kuat ikatan keluarga dengan hadirat Tuhan.

4. Doa bersama keluarga bermanfaat untuk kesehatan

Sebuah studi menemukan bahwa doa bisa menurunkan tingkat depresi dan mengilhami seseorang untuk menjadi lebih murah hati. Semakin rendah tingkat stres yang dialami anggota keluarga jadi pertanda kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup.

Selain itu, doa juga diyakini bisa menolong seseorang yang mengalami serangan jantung jadi lebih kuat. Itu sebabnya doa diklaim bisa jadi salah satu obat dari umur panjang. Karena itulah, semakin sering sebuah keluarga berdoa semakin baik pula kesehatan semua anggota keluarga. Manfaat doa yang satu ini pasti akan mendorongmu untuk berdoa bukan?

5. Doa mengubah seseorang jadi mudah mengampuni

Kita mengenal Tuhan sebagai pribadi yang murah hati dan hal itu mengingatkan kita kalau kita adalah manusia yang tidak sempurna. Kemurahan Tuhanlah yang membuat kita menyadari kalau kemarahan dan kepahitan bukanlah bagian dari pribadi Tuhan sendiri. Karena itulah, saling mendoakan satu sama lain bisa membuat kita jadi pribadi yang lebih murah hati dan mudah mengampuni orang lain.

Pastinya masih ada banyak manfaat rajin berdoa bersama keluarga. Untuk manfaat selanjutnya bisa dibaca di artikel berikutnya ya. Semoga artikel ini bisa menginspirasi setiap orang tua dan juga anak untuk memupuk kebiasaan berdoa bersama di rumah, kapan pun itu.

Sumber : Crosswalk.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us