Doa Bersama Besar Kuasanya, Inilah 10 Manfaat Rajin Berdoa Bareng Keluarga (Bagian 2)
Sumber: theinnovativemama.com

Parenting / 13 April 2018

Kalangan Sendiri

Doa Bersama Besar Kuasanya, Inilah 10 Manfaat Rajin Berdoa Bareng Keluarga (Bagian 2)

Lori Official Writer
6109

Di artikel sebelumnya dijelaskan tentang beberapa manfaat doa keluarga, diantaranya bisa membuat keluarga lebih bersyukur, bisa menumbuhkan kerohanian anggota keluarga, membangun ikatan sesama keluarga, menumbuhkan sikap mudah mengampuni dan juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan.

Baca juga :
Doa Bersama Besar Kuasanya, Inilah 10 Manfaat Rajin Berdoa Bareng Keluarga (Bagian 1)

Nah, selain manfaat-manfaat luar biasa tersebut ternyata rajin berdoa bareng keluarga berguna untuk beberapa hal ini loh.

6. Bisa menyatukan perbedaan

Saat sebuah keluarga berkumpul dan berdoa, mereka dipersatukan dalam satu iman. Tuhan lebih penting daripada perbedaan yang kita miliki, entah itu berbeda dalam pandangan politik, opini, nilai, dan juga kesukaan. Lewat doa kita diingatkan bahwa Tuhan menciptakan kita sesuai dengan kepribadian kita. Jadi tak ada alasan untuk membenci yang lain karena dia berbeda.

Doa juga membuat keluarga untuk tak menghakimi sesama, sebaliknya justru harus lebih memahaminya.

7. Doa mengajarkan anak untuk lebih dulu mencari Tuhan

Doa adalah alat pengasuhan yang begitu alamiah. Ulangan 6: 6-7 berkata supaya kita merenungkan kata-kata Tuhan di dalam hati kita dan membagikannya kepada anak-anak kita. Saat mereka mengalami iman melalui doa, anak akan terdorong untuk mencari Tuhan setiap waktu. Anak-anak mengerti kalau Tuhan ingin jadi bagian dari hidup mereka. Jadi ajarlah anak untuk berdoa baik sebelum ke sekolah, saat masalah datang atau saat sedang dalam sukacita. Hal ini akan membuat Tuhan hadir dalam setiap aspek kehidupan anak.

8. Doa menjadikan hidup berfokus pada iman kepada Tuhan

Berdoa bareng keluarga melibatkan komitmen waktu dan iman satu sama lain. Saat keluarga menjadwalkan waktu tertentu sebagai waktu berdoa, hal ini akan menumbuhkan iman yang kuat di tengah keluarga.

Baca juga : 

Sudah 5 Bulan Sakit Keras, Doa Keluarganya Bikin Anak Ini Sembuh Total

Wow.. Doa Bersama Pasangan Ternyata Membuat Semakin Harmonis Hubungan Suami-Isteri Loh!

9. Doa memampukan keluarga mengadopsi cara pandang Tuhan

Mengutaman Tuhan sebagai yang pertama dari sepanjang waktu yang ada, membaca Alkitab sembari berdoa dan menanti-nanti pekerjaan Tuhan akan membuat sebuah keluarga bertumbuh dalam cara pandangnya akan Tuhan. Keluarga akan melihat setiap hal yang terjadi lewat perspektif kekekalan dan alkitabiah.

10. Doa keluarga akan jadi warisan kekal

Saat keluarga memuji Tuhan atas doa yang terjawab, keluarga akan terus melakukan kebiasaan ini. Anak-anak akan mengalami bagaimana Tuhan memberkati keluarga mereka saat mereka menghormati Dia.

Melalui doa, kita terbuka intervensi Allah untuk membentuk karakter kita dan membantu kita jadi lebih seperti Kristus. Hal inilah yang jadi warisan kekal yang akan terus berlanjut kepada keturunan berikutnya.

Membangun kebiasaan doa kepada anak adalah tugas yang harus dilakukan orang tua. Karena dengan itu, anak di masa dewasanya tidak akan tersesat dari imannya dan terjerumus dalam pergaulan dunia yang buruk. 

Baca juga : 

Berdoa Bersama, Menjaga Kudusnya Pernikahan Anda

Sebagai Istri Pendeta, Si Cantik Amanda Zevannya Beberkan Kebiasaan Doa Bersama Bayinya!

Sumber : Crosswalk.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami