Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
1025


Kita pasti tahu bahwa Abraham adalah bapa leluhur bangsa Israel. Tapi tahukah kamu ada satu kota yang identik dengan sosok Abraham? Ya, kota itu adalah Hebron. Kota Hebron identik dengan sosok Abraham karena disitulah dia dan makam keluarganya berada. Yuk simak pemaparan JC Channel tentang kota ini.

Mengenal kota  Hebron

Kota Hebron dalam bahasa Arab disebut sebagai Al-Khalil. Kota ini disebut Hefron dalam bahasa standar Ibrani, sedang  Hebron adalah penyebutan oleh  bahasa Ibrani-Tiberias. Kota ini berada di wilayah Yudea Selatan di tepi barat. 

Kota Hebron didiami oleh sekitar 120 ribu orang palestina dan 600an orang pemukim Israel, dengan sekitar 7000 orang Yahudi tinggal di dekat kota Kiryat Arba yang merupakan tetangga kota Hebron.

Kota Hebron yang terletak 30 km dari Yerusalem ini terkenal karena anggurnya, batu kapur, bengkel-bengkel keramik dan pabrik gelas tiup. Selain itu di kota ini juga ada pabrik susu yang cukup besar, yaitu Al-Junaidi.

Salah satu yang khas di kota lama Hebron adalah jalan-jalan yang sempit dan berkelok-kelok, rumah-rumah batu beratap datar dan pasar-pasar atau bazar lamanya. Di kota ini juga terdapat Universitas Hebron dan Universitas Politeknik Palestina.

Kota Hebron kuno dan asal-usulnya

Menurut catatan sejarah kota ini sudah ada sejak 5500 tahun lalu, dan didiami oleh suku-suku Kan’aniyin atau suku Kanaan.  Suku ini adalah salah satu suku moyoritas yang menduduki wilayah Palestina di jaman dulu.

Sebelumnya, Kota Hebron bernama Kota Arba, karena pendiri kota ini adalah suku-suku Arba yang merupakan kelompok minoritas di kota tersebut. Namun nama itu berubah menjadi Hebra atau Hebron saat orang-orang Israel mendiami wilayah itu.

Namun orang-orang Arab menyebut wilayah itu sebagai Al Khalil yang diambil dari julukan kepada Nabi Ibrahim yaitu Bapak para nabi-nabi. Pada masa kekuasaan Salahuddin Al-Ayyubi yang merebut kota itu dari kekuasaan wilayah tersebut dari bangsa-bangsa Eropa pada masa perang salib, sebutan kota itu dikembalikan menjadi Al Khalil. Hingga kini orang Palestina dan orang Arab menyebut kota ini sebagai Al Khalil sedangkan orang Yahudi tetap menyebutnya sebagai Hebron.

Arti kata Hebron sendiri berasal dari kata Ibrani yang artinya adalah dipersatukan, digabungkan atau dipertautkan. Akar kata Hebron sendiri berasal dari kata Heber.

Baca juga :

Yuk Berpelesir ke Kota Tua Hebron, Warisan Dunia yang Disucikan Orang Israel Ini…

Bersiaplah Seperti Kaleb! Arahkanlah Pandanganmu ke Hebron, Kepada Janji Allah

Gua Makhpela, makam Abraham dan  keluarganya

Situs terkenal yang berada di Hebron adalah gua Makhpela, yang merupakan makam Abraham dan keluarganya. Gua ini dalam Bahasa Ibrani disebut sebagai  Me’arat Hamachpelah, sedangkan dalam Bahasa Arab disebut Al-Haram Al-Ibrahim, atau tempat suci Abraham.

Situs ini menjadi tempat suci bagi tiga agama Abrahamik, yaitu Yudaisme, Islam dan Kristen. Menurut kitab Kejadian, Abraham pernah tinggal di dekat kota ini, yaitu Mamre.  Pada masa Abraham saat itu, orang yang tinggal di kota Hebron adalah orang-orang  Het. Disanalah Abraham membeli gua Makhpela  yang terletak di sebelah timur Mamre dari Efron bin Zohar untuk menguburkan isterinya, Sarah (Kejadian 23).

Selanjutnya Gua Makhpela menjadi makam keluarga Abraham, dan disanalah dikuburkan Abraham, Sarah, Yakub dan Lea, juga anak-anak Yakub, kecuali Yusuf. Makam ini terletak di Haram Al-Khalil. Tembok-tembok bangunan ini ada sejak jaman Herodes. Karena alasan ini, kota Hebron adalah salah satu dari empat kota paling suci dalam Yudaisme, bersama-sama dengan Yerusalem, Tiberias dan Tzfat.

Ditempat ini telah dibangun sinagoga, gereja dan masjid. Aula Ishak kini telah menjadi  Masjid Ibrahimi, sedangkan Aula Abraham dan Aula Yakub berfungsi sebagai sinagoga.

Hebron, kota yang berada di sebelah barat daya Yerusalem ini adalah daerah pegunungan yang direbut oleh Kaleb (Yosua 14:12) dan merupakan tempat Daud naik tahta (2 Samuel 2:4). Disana ia memerintah selama 7,5 tahun hingga akhirnya menguasai Yerusalem.

Fakta unik lain dari kota ini adalah Hebron merupakan daerah yang diselidiki oleh 12 orang pengintai, yang diantaranya adalah Yosua dan Kaleb (Bilangan 13:22-33). Waktu itu, daerah ini masih didiami oleh orang-orang Enak.

Setelah Israel  memasuki Kanaan, Hoham raja wilayah Hebron bergabung dengan koalisi anti Gibeon yang dipimpin oleh Adoni-Zedek, raja Yerusalem yang kemudian ditewaskan oleh Yosua.  Hebron sendiri merupakan milik pusaka keluarga Kaleb, seperti yang ia minta kepada Yosua (Yosua 15:6-15).

Kota Hebron masa kini

Setelah pembebasan Hebron pada tahun 1967, seorang rabi Yahudi yang menjadi kepala pertahanan Israel, Slomogoren menjadi orang Yahudi pertama yang memasuki Gua Makhpela sejak orang Yahudi tidakdiizinkan masuk ke tempat itu.

Sejak itu orang Yahudi terus mempertahankan haknya untuk melakukan ritual keagamaannya di Gua Makhpela. Sekarang tercatat lebih dari 300 ribu orang mengunjungi gua tersebut setiap tahunnya.

Struktur bangunan tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu Ohel Avaram, Ohel Yitzhak, dan Ohel Ya’akov. Saat ini orang Yahudi dibatasi untuk memasuki  ruangan Ohel Yitzhak, mereka hanya diperbolehkan memasuki ruangan terbesar di bangunan tersebut hanya 10 hari dalam satu tahun.

Sedangkan bangunan kuburannya sendiri hanya bisa menampung 10-15 orang yang duduk bersila, disana orang-orang dari agama Yahudi, Kristen dan Islam hanya dipisahkan dengan tali. Hampir setiap saat, tiga penganut agama samawi ini berkumpul dalam ruangan kuburan itu dan berdoa untuk bapak para nabi-nabi tersebut dengan cara mereka masing-masing.

Menarik ya, ternyata jika menelusuri tentang fakta-fakta Alkitab yang masih bisa kita temui hingga saat ini. Untuk itu pastikan kamu subscribe JC Channel ya. Yuk kunjungi channel kami dengan KLIK DISINI

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

pengiran lang 21 February 2020 - 19:48:28

Menjaga untuk tetap hidup kudus

0 Answer

Itin N 21 February 2020 - 02:41:08

Cara berhenti dari kecanduan judi

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Februari 2020 (2)