Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
393


gampang ya. Meskipun kurang nyaman, masalah dalam pernikahan bisa timbul hanya karena uang, itu sebabnya suami dan isteri harus membicarakan hal ini dengan baik dan secara terbuka.

Mungkin maksud kamu ingin hidup berhemat, tapi pasanganmu malah menganggapmu sangat pelit atau enggak, pasangan kamu merupakan orang yang boros, padahal penghasilannya nggak menentu atau tidak seberapa. 

Apakah situasi tersebut sedang kamu alami?  Nah, supaya tidak makan hati cobalah untuk membicarakannya bersama.

Ketika membicarakan keuangan, kadang pandangan setiap pasangan itu sangatlah berbeda. Mungkin kamu cenderung suka menabung demi berjaga-jaga dan untuk masa depan yang cerah dan lebih baik sementara pasangan kamu tipikal yang tidak terlalu pusing dan lebih ingin menikmati hidup karena merasa bahwa berkat bisa di hasilkan dan Tuhan akan menjamin kehidupan masa depan kamu.

Nah, sekali lagi. Jika kamu mengalami hal seperti ini, cobalah untuk saling bertukar pikiran dengan pasangan kamu.  Komunikasikanlah perbedaan kalian :

1. Selalu percaya dengan niat baik pasangan kamu

Ini adalah hal yang wajib banget kamu ingat dan pahami bahwa jangan pernah menghakimi pasangan kamu, jangan pernah berpikiran yang tidak baik mengenai niatnya melainkan carilah sisi positifnya.

Jika dia berhemat dan memiliki aturan belanja, jangan menyebutnya pelit. Mungkin dia ingin berhemat demi masa depan lebih baik dan kamu harus memhami itu.

Sebaliknya, jika dia ingin entertainment sekali seminggu dan  ingin menikmati hidup, maka bicarakanlah kembali. Kamu mungkin bisa memberinya pilihan dan mengajaknya menonton bersama di rumah dan nggak usah di bioskop, sambil menikmati kue buatan kamu.

Komunikasikanlah, itu penting sekali. Jangan membatasi pikiranmu untuk kreatif dan positif. Berpikir negatif dan penuh amarah tidak akan menyelesaikan apapun. Justru kalian akan ricuh.

2. Dengarkan pasangan kamu

Sangat penting untuk mendengar pasangan kita. Tapi sebelum itu, pastikan untuk berpikir baik tentang dia karena percuma saja kamu mendengarkannya, jika kamu tidak berpikir baik tentang apa yang dia bicarakan maka apa yang kamu dengar akan seperti angin lalu.

Setelah kita mendengarkannya, mulailah bertanya dengan lemah lembut, misalnya, "Kenapa menurutmu harus membeli itu sekarang?". " Kenapa kamu kekeh untuk tidak membelinya sekarang?". kemudian "Kamu kok mikirnya kayak gitu, apa alasannya?"

Ketika mereka mencoba mejelaskan, maka dengarkanlah dengan seksama. Pastikan persepsi yang kita tangkap itu sama dengan yang dimaksud oleh pasangan kita.

BACA JUGA : 

4 Pertanyaan Yang Kadang Disepelekan Ketika Menulis Resolusi Setiap Tahun. Pantesan… 

Biar Nggak Terdengar Ngomel, Yuk Komunikasikan Keinginan Pada Pasangan Lewat 4 Jurus Ini

3. Jelaskan cara berpikirmu

Sebagian besar pertengkaran dalam pernikahan terjadi karena kita memiliki persepsi yang salah dengan pasangan kita dan merasa bahwa cara berpikir kita lah yang salam,

Nah sebaiknya, bicaralah kepada pasangan kamu dan sampaikan apa yang kamu pikirkan tentang ini dan itu. Jika kamu salah berpikir tentang dia, kemudian kamu tidak menjelaskan cara berpikirmu, maka yang terjadi adalah kesalahpahaman.

4. Berdoalah untuk suami, keuangan dan hatimu.

Setelah melakukan 3 hal diatas, cobalah membawanya bersama-sama ke dalam doa. Mintalah pengertian dari Tuhan, izinkanlah kasihNya yang lemah lembut menghiasi kalian dan pernikahan kalian, mintalah kerendahan hati untuk kalian berdua supaya ketika berdiskusi bukan bertengkar.

Serahkanlah semuanya kepada Tuhan dan biarkan Dia mengkontrol keuangan kalian dan izinkan Dia menyatakan maksudNya.

Sebagai manusia, tentu saja kita nggak bisa lepas dari uang.  Apakah masalah keuangan bisa menghancurkan pernikahan kita atau justru memperkokoh, semuanya tergantung kita. Mau menerima pandangan pasangan kita dan mensyukurinya juga keputusan kita.

Intinya adalah semua keputusan kita dan pasangan. Komunikasikanlah dan jadilah rendah hati dan sepakat.

BACA JUGA : 

Selain Komunikasi, Cara Ini Terbukti Selamatkan Pernikahan dari Kehancuran Loh!

Komunikasi Jadi Syarat Langgengnya Hubungan, Pastikan Kamu Punya 3 Hal Ini

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Alexander Edwardson 27 January 2020 - 08:33:26

Paus fransiskus kecam upah

0 Answer

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer

Evi 26 January 2020 - 06:57:18

Saya minta doa, akan operasi benjolan tiroid mingg.. more..

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Banner mitra januari 4


7267

Banner solusi talks